2 Cara Upgrade dan Instal Windows 10 di PC/Laptop “100% WORK”





Cara install laptop – windows 10 termasuk sistem operasi baru yang diluncurkan Microsoft yang banyak di sukai oleh pengguna. Sistem operasi ini termasuk system operasi yang terbaik karena bisa mengkombinasikan fitur Windows 7 sekaligus Windows 8 dengan sempurna. Bagi pengguna baru tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan windows 10 ini, karena cara menggunakannya sama dengan windows 7. Bukan hanya itu saja, anda pun akan memperoleh tampilan seperti pada Windows 8 umumnya.

Cara Instal Windows 10 di PC dan Laptop

Untuk itu, berikut ini cara install laptop Windows 10. Ada dua versi cara yang bisa dilakukan yakni upgrade Windows 7 ataupun 8.1 dan cara fresh install system operasi Windows 10.

1. Cara Upgrade Dari Windows 7 dan 8.1

Cara paling mudah menginstall windows 10 ialah melakukan upgrade yang semula Windows 7 maupun 8.1. Sesungguhnya Microsoft menawarkan Windows 10 gratis untuk pengguna sistem operasi itu, asalkan produk yang dipakai yang orisinil atau asli.

Cara melakukan upgrade seperti biasanya anda harus mengunduh file instalasi dari Windows 10. Pengnduhannya secara otomatis dapat dilakukan dengan reservasi Windows 10 ataupun mengunduhnya lewat Windows Update.
Anda juga bisa mengunduhnya secara manual lewat Media Creation Tool dan tersedia oleh Microsoft. Cara melakukannya bisa dilihat langkah langkahnya dibawah ini.

Sesudah seluruh file instalasinya berhasil diunduh, kamu akan diberi tahu bila Windows 10 telah siap diinstal. Setelah itu, klik perintah “Start the upgrade now” guna memulai proses instalasinya. Biasanya proses tersebut memakan waktu selama 60 menit.

Sesudah instalasinya selesai, maka kamu pun bisa langsung menggunakan system operasi Windows 10. Seluruh aplikasi dan data pribadi juga tersimpan pada tempat asalnya serta tak akan dihapus ketika proses instalasi berlangsung.

Baca Juga :   4 Game Memancing Ikan Terbaik dan Paling Seru

2. Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk / DVD

Bila anda tak mau menjalankan upgrade pada Windows 7 ataupun 8.1, Anda bisa melakukan fresh install menggunakan flashdisk ataupun DVD. Namun anda harus mendownload lebih dulu file instalasinya dengan langkah langkah dibawah ini.

Jika file instalasi telah berhasil anda unduh, maka anda bisa melakukan burn file ISO tersebut kedalam kaset DVD bila mau menginstal via optical drive. Tapi jika Anda mengunduhnya di dalam flashdisk, Anda tak perlu melakukan langkah ini.

Kemudian atur bios supaya melakukan booting dengan USB ataupun optical drive tergantung opsi yang dipilih. Lakukan booting untuk mulai proses instalasi dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

a. Atur Bahasa, Waktu, Dan Keyboard.

Di jendela pertama akan tampil pengaturan beberapa hal. Pertama ialah mengatur bahasa apa yang akan digunakan. Pada system operasi Windows 10 telah tersedia puluhan bahasa. Sehingga anda bisa memilihnya salah satu misalnya bahasa Inggris, bahasa Perancis, maupun lainnya.

Setelah bahasa sudah anda pilih, maka pilih juga format waktu maupun format penulisan dari mata uang yang digunakan pada Windows 10. Berikutnya pilih jenis keyboardnya, apakah standar US ataupun keyboard khusus contohnya Arab serta Jerman.

Jika semuanya telah diatur, maka klik tombol Next. Dengan begitu, jendela berikutnya akan ditampilkan tombol besar yang tertulis “Instal now” yang ada di tengah-tengahnya layar. Anda harus klik tombol tersebut guna memulai proses instalasinya.

b. Tentukan Tipe Instalasi

Berikutnya, pilih 2 tipe instalasi pada Windows 10. Tipe pertama ialah “upgrade”. Pada proses tersebut terjadilah proses penyimpanan data oleh sistem operasi sebelumnya. Sementara yang kedua ialah “custom” yang bakal menghapus seluruh data dari system operasi sebelumnya.

Untuk melakukan fresh instal, berarti anda harus memilih opsi kedua. Ketika anda memilih opsi kedua, maka Windows 10 yang telah terinstal benar-benar baru dengan begitu, Anda terbebas dari berbagai masalah yang terdapat pada sistem operasi yang sebelumnya.

c. Buat Partisi

Anda juga harus memilih partisi yang mau digunakan sebagai lokasi instalasi dari Windows 10. Bila anda belum mempersiapkan partisi, Anda harus membuat partisi baru ataupun memformat partisi yang ada sebelumnya.
Jika anda ingin melakukan penginstallan windows 10, maka usahakan agar ada ruang yang kosong pada hard disk yang berasnya 16 GB bagi versi 32 bit sementara 20 GB bagi versi 64 bit. Namun sangat disarankan agar anda menyiapkan ruang lebih besar lagi daripada kebutuhan minimal tadi supaya bisa menyimpan banyak aplikasi kedalamnya.

Baca Juga :   5 Cara Download Aplikasi Berbayar Android Secara Gratis "100% WORK"

Bila dalam hard disk yang akan digunakan sebelumnya sudah terdapat data ataupun file, maka anda harus berhati-hati untuk mengatur partisi tersebut supaya partisi yang isinya data tersebut tak terhapus. Jika pembuatan partisi usai dilakukan, maka bisa klik perintah next.

d. Install Dan Lakukan Pengaturan

Berikutnya proses instalasi pada Windows 10 bisa segera dimulai. Biasanya proses ini memakan waktu sekitar 60 menit atau sesuai dengan spesifikasi komputer Anda. dalam proses ini, maka computer anda akan terus melakukan restart hingga beberapa kali.

Sesudah instalasinya selesai, maka Anda muncul Settings ataupun pengaturan. Cara mengatur berbagai jenis setingan itu, klik perintah “Customize”. Bila tidak ingin mengatur pengaturan apapun, lakukan klik perintah “Use express settings”.

Kemudian anda bisa langsung sign in pada akun Microsoft. Bila anda sudah punya, langsung saja masukkan alamat email dan password pada kolom yang sudah disediakan. Bila masih belum punya, klik perintah “create a new account” lalu buatlah akun Microsoft baru. Bila semua pengaturan selesai, klik perintah next dalam setiap halaman hingga prosesnya selesai.

e. Windows 10 Siap Digunakan

Jika pengaturannya selesai, laptop akan berungkali melakukan restart guna menyelesaikan proses instalasinya. Dan terakhir laptop akan masuk pada sistem operasi Windows 10 serta desktop yang tampil akan lebih menarik khas dari Windows 10.

Nah, itulah pembahasan tentang cara install laptop ke windows 10. Semoga bermanfaat.



2 Cara Upgrade dan Instal Windows 10 di PC/Laptop “100% WORK”
Rate this post