5 Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook dan Tablet PC “Jangan Keliru”





Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook, Tablet PC

Perbedaan laptop dan notebook –saat ini laptop bukan lagi menjadi barang asing, sebab kita dapat dengan mudah melihatnya diberbagai tempat. Istilah laptop pada awalnya merupakan semua jenis PC portabel. Namun semakin berkembangnya jaman, semakin banyak pula jenis laptop dan memiliki istilah baru. Sehingga tak jarang kita bingung mengenai perbedaan laptop dan notebook, ultrabook, netbook, dan lainnya. Akan tetapi berbagai istilah perangkat tersebut memiliki karakter dan perbedaan tersendiri, baik komponen maupun ukurannya. Nah, berikut ini akan kita ulas berbagai istilah tersebut agar anda tidak kebingungan membedakannya. Perlu anda ingat, karena teknologi terus berevolusi maka mungkin saja definisi dari berbagai istilah tersebut akan berbeda.

1. Notebook

Menurut banyak orang, notebook merupakan perangkat pengganti PC yang sempurna. Karena komponen dekstop PC hampir semua berada didalamnya, sehingga notebok digadang-gadang sebagai generasi pertama laptop. Umumnya notebook dibekali CD/DVD/Blu-Ray Drive dan touchpad pengganti mouse. Selain itu, ada juga VGA, HDMI, port USB, perangkat fungsional seperti WiFi, Bluetooth dan card reader. Notebook juga dilengkapi baterai yang sangat membantu dalam pemakaiannya.
Untuk membedakan notebook dengan perangkt lainnya yaitu dari ukuran, notebook berukuran 12-18 inci. CD/DVD/Blu-Ray Drive yang tersedia menjadi kunci utama dalam membedakan notebook dengan perangkat lain.

2. Netbook

Perangkat yang disebut sebgai laptop mini ini memiliki ukuran yang kecil yaitu, 9 incihingga 12 inci. Netbook menjadi sangat populer semenjak muncul seri Asus eeePC. Kebanyakan netbook saat ini berukuran 11.6 inci.Netbook memiliki spesifikasi di bawah notebook, seperti kartu grafis, prosessor, tidak dilengkapi CD/DVD/Blu-Ray Drive, dan lainnya. Selain itu harga dari netbook juga cukup murah, di Indonesia sendiri netbook dijual berkisar 2 – 4 juta rupiah.
Dengan harga yang lebih murah dan ukuran kecil menjadi keunggulan tersendiri dari netbook, karena netbook lebih cocok digunakan pelajar ataupun mahasiswa. Sayangnya netbook tidak cocok digunakan untuk bermain game atau aplikasi grafis, pasalnya netbook tidak dapat menjalankannya dengan lancar. Namun, jika digunakan untuk brrowsing, menonton video, ataupun mengetik tugas, netbook sangat cocok.

Baca Juga :   10 Game untuk Anak SD Terbaik di Smartphone Android

3. Ultrabook

Keluarga baru dari laptop ini pada awalnya diperkenalkan oleh Intel, namun sekarang sudah digunakan oleh semua manufaktur. Pada dasarnya ultrabook merupakan perpaduan notebook dan netbook. Ukuran yang kecil yaitu 11-15 inci, tidak dilengkapi CD/DVD/Blu-Ray Drive. Namun memiliki spesifikasi lebih tinggi dibanding notebook, ciri khas dalam ultrabook adalah penggunaan SSD (Solid State Drives). SSD yaitu hard disk yang lebih baik dibandingkan hard disk cakram biasa. Akan tetapi ada juga ultrabook yang tidak dilengkapi SSD, hanya hard disk standart.
Bodi yang ramping dan ringan, mudah dibawa kemana saja menjadi ciri-ciri ultrabook. Selain itu layar ultrabook biasanya sudah touchscreen. Namun karena berbagai kelebihan tersebut, harga yang ditawarkan juga lumayan mahal. Ultrabook yang populer yaitu Asus Zenbook dan Macbook Air.

4. Chromebook

Layaknya ultrabook, chromebook memiliki ukuran sekitar 11 – 15 inci. Selain itu, harga chromebook saat ini sangat murah, namun spesifikasi yang dimiliki sangat minimalis dibandingkan denga notebook ataupun netbook. Sistem operasi yang digunakan adalah ChromeOSbuatan Google berbasis web. Meskipun hanya berbasis web dan spesifikasi yang pas-pasan, chromebook dapat berjalan dengan lancar.
Chromebook dibandrol dengan harga sekitar 2 – 3 jutaan, sehingga chromebook sangat cocok digunakan untuk pelajar ataupun pemula. Keunggulan dari chromebook yaitu dapat digunakan untuk mengakses internet dan digunakan untuk berbagai macam aplikasi office.

5. Tablet PC

Seri yang biasanya disebut sebagai tablet hybrid dan laptop hybrid adalah tablet PC. Kenapa perangkat tablet PC ini sering disebut hybrid? Karena perangkat ini dapat dirubah menjadi laptop ataupun tablet dalam sekejap. Perubahan tersebut dapat dilakukan dengan cara digeser, diputar, ataupun lainnya. Tablet PC biasanya menggunakan sistem operasi OS mobile seperti iOS, Windows RT ataupun Android. Spesifikasi didalamnya juga lebih condong pada perangkat tablet, oleh karena itu banyak orang yang menyebut layaknya tablet diberi keyboard.

Baca Juga :   Cara Paling Cepat Menghapus Foto Di Facebook Beserta Albumnya

Dengan bentuk yang ramping minimalis dan kecil, perangkat tablet PC ini sangat cocok jika digunakan oleh orang kantoran, ataupun jurnalis. Karena tablet PC dapat digunakan untuk mengetik di berbagai tempat, bahkan di perjalanan. Namun sayangnya, tablet PC memiliki harga yang cukup mahal. Sehingga kebanyakan orang memilih untuk membeli tablet dan keyboard eksternal yang lebih murah. Ataupun membeli laptop sekalian, sebab laptop dirasa lebih efisien karena spesifikasi yang lengkap.

Nah, berikut tadi adalah berbagai definisi dan juga perbedaan laptop dan notebook, netbook, chromebook, ultrabook, serta tablet PC. Setelah mengetahui berbagai macam perbedaan di atas, sekarang anda tidak perlu bingung lagi untuk membedakannya. Selain itu, anda semakin mengetahui dan dapat memilih perangkat yang cocok dalam menunjang kebutuhan sehari-hari.



5 Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook, Chromebook dan Tablet PC “Jangan Keliru”
Rate this post