3 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Secara Total “Tanpa Anti Virus”





Cara menghilangkan virus shortcut – saat ini ada banyak virus yang bisa menyerang perangkat computer anda salah satunya adalah virus shortcut. Kenapa virus ini disebut dengan nama virus shortcut? Alasannya ialah karena kebiasaannya membuat shortcut palsu pada komputer ataupun flashdisk yang telah terinfeksi. Dengan begitu, cara menghilangkan virus shortcut menjadi lebih unik dikarenakan virus tersebut cukup jahil.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Laptop, Komputer, dan Flashdisk

Kejahilan virus ini ialah menyembunyikan seluruh file yang ada pada flashdisk maupun hard disk lalu menggantinya menjadi shortcut palsu. Hal inilah yang membuat pemilik flashdisk merasa takut dan menganggap jika file tersebut terhapus sehingga mereka pun secara spontan memformat flashdisk yang terkena virus jahil ini.

Meskipun sebenarnya file yang dimaksud Cuma disembunyikan saja, dan anda pun bisa menyelamatkannya secara mudah. Sebelum tahu bagaimana cara menghilangkan virus jahil ini, ketahui dulu apa saja ciri-ciri akibat terserang virus shortcut.

Ciri-Ciri Komputer Yang Terinfeksi Virus Shortcut

Sesungguhnya virus shortcut Cuma bisa menyerang laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows XP. Umumnya virus ini didapat dari penggunaan flashdisk yang dicolokkan pada kompuetr warnet, kemudian dari tempat fotokopian ataupun printing, serta dari tempat umum lainnya. Inilah gejala-gejala yang ditimbulkan oleh virus shortcut tersebut:

  • Virus shotcut bisa membuat file induk database.mdb pada folder MyDocuments dan file autorun.inf pada setiap drive & folder di computer kamu.
  • Virus tersebut juga membuat file thumb.db (bukannya thumbs.db) dan membuat file microsoft.ink serta file-file berekstensi .ink lain pada setiap folder maupun drive.
  • Selanjutnya virus tersebut juga bisa membuat suatu proses wscript.exe berjalan pada sistem komputer Anda. Sementara proses ini juga bisa dicek dengan Task Manager.
Baca Juga :   Cara Pesan dan Memanfaatkan Pelayanan Pada Aplikasi Gojek

Beberapa gejala tersebut Cuma bisa terjadi dikomputer yang menggunakan system operasi Windows XP. Namun untuk computer dengan operasi Windows 7 maupun Windows 8, maka virus tersebut Cuma menginfeksi flash disk saja sehingga tak akan menginfeksi drive ataupun folder-folder di komputer.

Cara Menghapus Virus Shortcut

Cara menghapus virus shortcut dapat dilakukan menggunakan 2 cara yaitu otomatis dengan cara manual. Untuk cara otomatis, anda bisa menggunakan antivirus. Jadi, pastikan dulu jika antivirus tersebut adalah antivirus terbaik sekarang ini.

Cara yang kedua adalah cara manual. Untuk cara manual, ada perbedaan antara cara menghapus virus shortcut bersistem Windows XP dengan Windows 7. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika virus shortcut bukan hanya akan menginfeksi flashdisk saja, tapi juga menginfeksi semua sistem yang ada di Windows XP. Jadi, cara pertama berikut ini mampu membasmi virus shortcut dengan keseluruhan. Dibawah ini langkah-langkahnya:

  • Matikan dulu fitur system restore.
  • Kemudian matikan juga hubungan jaringan internet sementara waktu.
  • Lalu bukalah Windows Task Manager, selanjutnya pindah tab Processes dan cari proses “wscript.exe” di User, bukannya di System. Pilihlah proses tersebut lalu klik perintah “End Process” guna mematikannya.
  • Lanjut dengan membuka Run kemudian tulis “msconfig”. Di bagian tab Startup, cari startup item camforg, dan hilangkan tanda ceklisnya.
  • Tekan Win+F, tulislah kata kunci “wscript”, kemudian cari. Sesudah pencariannya muncul, hapus seluruh file “wscript” tersebut.
  • Hapuslah seluruh file shortcut pada flash disk dengan ekstensi .lnk, .exe, serta .scr.

Sementara untuk komputer dengan system operasinya Windows 7 dengan Windows 8, bisa dilakukan dengan cara menghapus seluruh file shortcut pada flash disk. Karena virus shortcut cuma menginfeksi flash disk serta tak menginfeksi sistemnya.

Baca Juga :   10 Smartwatch Murah Berkualitas Terpopuler 2018

Cara Mengembalikan File yang Disembunyikan

Sesudah tahu cara mudah menghilangkan virus shortcut, sekarang kita mengembalikan berbagai jenis file serta data yang disembunyikan. Antivirus tertentu sebenarnya bisa mengembalikan file tersebut secara langsung saat proses pembersihan, tapi ada juga yang masih melewatkannya.

Meskipun begitu, anda pun bisa mengembalikan file yang telah hilang dengan mudah. Dibawah ini langkah-langkahnya:

  • Bukalah Command Prompt (CMD).
  • Lalu ketik drive letter pada flashdisk kita, misalnya “G:” kemudian klik enter.
  • Ketikan “attrib -s -h -r /s /d” lalu klik enter.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai, dan tutup CMD.
  • Selesai.

Sekarang seluruh data dan juga file yang ada didalam flashdisk telah kembali seperti semula. Bagi pengguna Windows XP, restart dulu komputer Anda guna menyelesaikan pembersihan yang dilakukan.

Sedangkan cara menghapus virus shortcut lainnya, Anda pun bisa mencoba aplikasi dari Virus Shortcut Removal.
Itulah beberapa cara menghilangkan virus shortcuth yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.



3 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Secara Total “Tanpa Anti Virus”
5 (100%) 1 vote