11 Cara Menghidupkan Hp Android Jika Tombol Power Rusak, Ternyata Mudah Gan!





Cara Menyalakan Hp Android Jika Tombol Power Rusak

Cara Menyalakan Hp Android Jika Tombol Power Rusak – tombol power pada ponsel memang sangat penting. Apalagi untuk smartphone android, tombol ini bisa berfungsi untuk menghidupkan, mematikan, dan membuka kunci layar ponsel. Namun apa yang harus kamu lakukan jika ternyata tombol power ponsel android kamu rusak? Pasti kamu bingung mencari tahu bagaimana Cara Menyalakan Hp Android Jika Tombol Power Rusak.

Kerusakan tersebut biasanya terjadi karena ponsel sudah lama digunakan. Bahkan bisa juga karena kamu terlalu keras menekan tombol power tersebut. Karena posisi kamu menekan yang salah juga bisa membuat tombol power rusak. Sehingga, kerusakan tersebut akan membuat kamu semakin sulit mematikan ponsel ataupun menghidupkannya.

Jika hal ini sampai terjadi, kamu harus melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.

1. Menggunakan Tombol Volume

Jika ponsel android kamu tidak bisa menyala karena tombol power yang rusak, kamu bisa menggunakan alternative berupa tombol volume. Akan tetapi, hal ini harus dengan bantuan dari aplikasi Volume Unlock_Power_Button_Fix.

Cara melakukannya ialah:

  1. Langkah pertama download terlebih dahulu aplikasi Volume Unlock Power_Button_Fix.
  2. Kemudian masuklah pada Settings > kemudian Security > dan Device administrators.
    MENGGUNAKAN TOMBOL VOLUME
  3. Setelah itu, pilih saja Volume Unlock, kemudian langsung klik Activate.
    MENGGUNAKAN TOMBOL VOLUME
  4. Selanjutnya aktifkan fitur volume. Caranya dengan Enable Volume to_Power. Namun selain bisa digunakan pada auto on, dapat juga digunakan untuk mengunci layar pada ponsel android kamu.
    MENGGUNAKAN TOMBOL VOLUME

2. Dengan Menggunakan Volume Unlock

  1. Langkah pertama kamu harus Download & install terlebih dahulu aplikasi Volume Unlock.
  2. Setelah itu, bukalah aplikasi tersebut kemudian pilih menu, lanjutkan dengan tekan Start On Boot.
    Dengan Menggunakan Volume Unlock

3. Dengan Cara di Charge

  1. Langkah pertama, charge dulu ponsel kamu. Jadi, secara otomatis ponsel akan menyala dan mengindikasikan sedang di charge.
  2. Selanjutnya tekan pada tombol volume down dengan berulang-ulang ketika di layar charge.
  3. Selanjutnya akan tampil layar baru yang bertulisanseperti factory reset, atau reboot now dab serta lainnya.
  4. Setelah itu, pilih saja Reboot Now, sehingga ponsel akan langsung merestart kemudian menyala kembali.

4. Lepas dan pasang Baterai

  1. Langkah pertama charge smartphone kamu, kemudian tunggulah sampai ada pemberitahuan pengisian.
  2. Setelah itu, cabutlah baterai kemudian langsung pasang kembali baterai ponsel dengan cepat.
  3. Dengan begitu, ponsel kamu akan blank hitam & akan reboot pada menu utamanya.
Baca Juga :   [100% WORK] Cara Flash Xiaomi Mi4c Bootloop Via Fastboot/MiFlash

Selain dengan cara diatas, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi masalah tombol power.

5. Menggunakan Benda Lain

Kamu bisa menggunakan Tusuk Gigi ataupun Jarum.

Kebanyakan masalah pada tombol power yang tak berfungsi tidak karena rusak. Melainkan dikarenakan tombol kecil yang ada didalam ponsel hilang. Bila hal ini sampai terjadi, maka kamu bisa memakai benda lain untuk menekannya. Misalnya dengan menggunakan tusuk gigi maupun jarum yang digunakan untuk menekan benjolan di tombol power tersebut. Cara ini akan sangat efektif dan berhasil jika tombol power pada ponsel kamu tidak rusak.

6. Sambungkan ke PC

Cara selanjutnya ini, tidak selalu bisa digunakan untuk semua tipe ponsel. Namun kamu juga bisa mencobanya siapa tahu berhasil. Caranya ialah dengan menghubungkan ponsel pada PC menggunakan kabel USB terlebih dahulu. Bila daya baterai pada ponsel kamu nol, biarkan dulu sampai baterai terisi sedikit. Setelah bateraikamu terisi, dan bisa dihidupkan, maka ponsel akan nyala dengan sendirinya.

7. Sambungkan ke Power Bank

Cara selanjutnya hampir sama dengan cara sebelumnya. Kamu tinggal menyambungkan ponsel dengan power bank dan tunggu sampai baterai ponsel terisi dengan cukup. Biarkan juga power bank nya dalam keadaan terpsang. Kemudian cabutlah baterai dan masukkan lagi. Bila cara ini sukses, maka ponsel kamu akan langsung menyala.

8. Gunakan Tombol Lain yang Ada di Perangkat

Tombol Volume dan Tombol Home

Pada cara ini, pastikan jika baterai kamu masih dalam keadaan banyak. Kemudian tahanlah kedua tombol yakni volume atas dengan bawah kemudian hubungkan smartphone pada PC. Sambil kamu menekan tombol volume nya, tahanlah tombol home. Bila langkah ini sukses, langsung muncul perintah pada layar. Dengan begitu, pakailah tombol volum sebagai cara menavigasi sejumlah pilihan menu. Kemudian pilihlah restart ataupun turn on jika ingin menghidupkan ponsel kamu.

9. Tombol Volume Saja

Namun bila pada ponsel kamu tidak ada tombol home, kamu masih bisa menggunakan tombol volume saja untuk menghidupakan perangkat. Caranya hampir sama dengan langkah sebelumnya. Kamu juga harus menyiapkan baterai ponsel kamu dengan cukup.

Setelah itu, tahan tombol volume pada ponsel dibagian bawah. Setelah itu hubungkan dengan PC menggunkan kabel USB. Tahanlah tombol volume tersebut hingga tampilmenu booting. Selanjutnya pilih start. Nah, setelah kamu teka start, maka perangkat kamu akan langsung menyala.

Baca Juga :   [2 PILIHAN] Cara Hard Reset Cross A28 dan Evercoss A28b Paling Mudah

10. Khusus Perangkat Samsung (Tidak semua)

Khusus Perangkat Samsung

Cara ini tidak selalu bisa digunakan untuk ponsel Samsung. Namun ponsel Samsung yang bisa digunakan ialah Samsung S3 mini dan lainnya. Untuk melakukannya ialah hubungkan terlebih dahulu ponsel dengan PC dengan kabel USB. Tunggulah sampai baterai ponsel kamu terisi meskipun sedikit. Kemudian kamu bisa langsung cabut kabel penghubungnya sehingga ponsel bisa menyala dengan sendiri.

11. Menggunakan ADB

Bootloader/Fastboot Mode

Apabila beberapa cara diatas tidak berfungsi, maka kamu bisa menggunakan langkah selanjutnya dengan booting perangkat dengan ADB tools. Langkah pertama, ialah install terlebih dahulu aplikasi ADB melalui computer kamu. Setelah kamu usai menginstal ADB & alat Fastboot, hubungkan langsung ponsel pada Bootloader.

Kemudian tekanlah tombol volume bagian atas ataupun bawah (masing masing produsen ponsel memiliki cara yang bervariasi). Kemudian sambungkan ponsel dengan PC. Akan tetapi, beberapa ponsel dengan tipe tertentu juga punya cara yang tidak sama. Kamu bisa lihat caranya berikut ini:

Untuk Perangkat Nexus & Pixel: kamu bisa tekan & tahan volume bagian bawah dengan ponsel dalam keadaan terhubung pada PC. Saat layar splash Google tampil, maka lepaskan seluruh tombol yang kamu tekan tadi.

Untuk Perangkat LG: Kamu bisa melakukan dengan menekan terus pada tombol volume sampai logo LG tampil dengan keadaan ponsel yang sudah terhubung pada PC. Kemudian lepaskan, dan lakukan lagi bila hal ini tidak berhasil.

Untuk Perangkat Motorola: kamu bisa langsung tekan & tahan tombol volume bagian bawah dengan ponsel yang telah terhubung pada PC.

Setelah kamu melakukan cara-cara yang disesuaikan dengan tipe ponsel di atas, begitu ponsel kamu masuk pada mode bootloader, langsung jalankan “Fastboot Continue” pada ADB (ponsel masih dalam keadaan terhubung pada PC). Nah, proses tersebut selesai.

Itulah beberapa Cara Menyalakan Hp Android Jika Tombol Power Rusak. Kamu bisa memilih salah satu cara atau beberapa cara sampai berhasil. Pilih juga cara dengan tipe ponsel yang sama. Selamat mencoba.

Baca Juga :



11 Cara Menghidupkan Hp Android Jika Tombol Power Rusak, Ternyata Mudah Gan!
2 (40%) 1 vote