8 Cara Mengembalikan Data yang Terformat di Flashdisk/Hardisk/Drive “100% Ampuh”





Cara Mengembalikan Data Yang Terformat di Hardisk dan Flashdisk

Cara mengembalikan data yang terformat – banyak kasus yang dialami oleh pengguna android ataupun pengguna laptop yang sering dialami. Salah satunya ialah data hilang atau tidak sengaja terformat. Padahal data tersebut adalah data penting yang sudah disimpan dengan baik. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa factor. Misalnya flashdisk yang tak sengata terformat, tak sengaja terformat permanent, Drive terformat, bahkan juga drive partisi yang telah terhapus. Untuk itu, kamu bisa mencari tahu bagaimana Cara mengembalikan data yang terformat untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini beberapa cara untuk mengembalikan data terformat karena Drive partisi terhapus.

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Pada Drive Partisi/Flashdisk/Hardisk

1. EaseUS Data_Recovery_Wizard

Kamu bisa mengembalikan data yang telah terformat ataupun hilang tersebut dengan menggunakan software berupa EaseUS Data Recovery_Wizard. Langkah langkahnya sebagai berikut ini:

  1. Langkah pertama buka software EaseUS Data_Recovery_Wizard,
  2. Bila kamu masih belum memilikinya, download dan install terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, jika kamu telah membuka software tersebut, kemudian anda akan diminta memilih file ekstensi yang akan kamu scan.
  4. Bila kamu sudah memilikinya, lagsung klik Next.
    Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus di Flashdisk
  5. Kemudian pilih data drive yang mau di scan datanya.
  6. Setelah drive yang mau di scan telah dipilih, lalu klik Scan.
    Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus di Flashdisk
  7. Waktu berjalan proses scanning tergantung dengan kapasitas yang ada,
  8. Bila kapasitas tersebut besar, tentu proses scanning juga berjalan agak lama.
  9. Sehingga pastikan jika kondisi power kamu tetap on. (jika kamu menggunkan laptop, maka baterai harus selalu siap).
  10. Bila proses scanning sudah selesai, kamu bisa lihat folder yang didalamnya berisi berkas berkas yang pernah ada dalam drive tersebut baik file-file yang lama ataupun yang baru.
  11. Bila data yang terhapus telah kamu temukan, langsung cek dengan preview.
  12. Bila data tersebut yang kamu maksud, maka beri tanda centang, pada file yang kamu maksud lalu klik tombol Recover di pojok kanan bawah
  13. Dengan begitu, proses recovery dapat berjalan & tunggu sampai prosesnya selesai.
    Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus di Flashdisk

SSD mempunyai mekanisme yang berbeda, jadi, saat kamu mengaktifkan TRIM, akan membuat file yang terhapus tak bisa dikembalikan lagi. Namun pada HDD yang tang sengaja terformat, sebaiknya lepas HDD kemudian pasang di komputer lain. Jadi, janganlah menginstall recovery toolnya pada HDD yang sama.

Kamu harus lakukan data Recovery dengan cepat, usahakan sesudah terhapus cepat ambil tindakan. Karena tak semua file bisa diselamatnya, biasanya ada file yang mungkin rusak.

Baca Juga :   Cara Mengembalikan Data Terformat di Flashdisk Dengan Mudah

Jika kamu mengalami kehilangan data penting di flashdisk atau hardisk computer, jangan dulu panik. Karena bisa jadi file file tersebut dapat dikembalikan lagi dengan bantuan software gratis. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengembalikan data terhapus dengan mudah yang bisa digunakan pada media penyimpanan misalnya hardisk eksternal, MMC SD Card, USB flashdisk, atau lainnya. Untuk itu, beberapa aplikasi berikut ini mungkin akan membantu masalah yang kamu alami sekarang ini.

2. SoftPerfect File Recovery

Pada software ini, adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan data hilang yang sangat ampuh di USB flashdisk, SD Card, dan hardisk dll. Namun tidak berlaku untuk keping CD dan juga DVD karena tidak rewritable. Bisa kamu install dalam sistem operasi 32-bit & 64-bit. Sementara Windows yang bisa digunakan juga bermacam macam seperti windows 7, Vista, Server 2008 & 2003, XP, 2000, 98, NT, ME, dan 95.

3. Pandora Recovery

Selanjutnya ialah software atau aplikasi yang juga bisa digunakan untuk mengembalikan file yang telah terhapus. Tampilan dari software ini juga sangat user friendly karena dilengkapi oleh panduan lengkap tentang cara memakai Pandora Recovery bagi para pemula. Pandora Recovery telah mendukung instalasi untuk Windows 7, XP, Vista, Server 2003, & 2000.

4. Recuva

Kamu juga bisa menggunakan software satu ini yang sangat bagus untuk mengembalikan file yang tak sengaja terhapus permanen ataupun yang terformat sangat lama juga bisa dikembalikan lagi. Sedangkan media yang bisa dikembalikan datanya seperti flashdisk, hardisk, SD Card, eksternal hardisk, dan kepingan BD/DVD/CD. Bahkan software ini juga tersedia dalam versi portable.

5. Puran File Recovery

Jenis aplikasi selanjutnya ialah recovery data yang bisa digunakan untuk menganalisis setiap jenis file yang telah terhapus dalam drive kamu. bahkan aplikasi ini juga mempunyai fitur mengembalikan partisi disk kamu yang telah hilang. Aplikasi ini telah mendukung sistem operasi Vista, Windows 8, 7, dan juga XP.

6. Glary Undelete

Meskipun tampilan sofftware satu ini sangat sederhana, namun fungsinya masih sangat bagus untuk mengembalikan file yang telah hilang. Silahkan coba dulu setiap fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini.

7. Disk Drill Disk Drill

Software pengembali data satu ini juga sangat ampuh digunakan. Disk Drill juga bisa mengembalikan data yang telah hilang pada hardisk, ipods, flash disk, atau perangkat storage lainnya. Bahkan dengan software Disk Drill ini, kamu juga bisa mengembalikan data yang ukurannya melebihi 500MB.

Baca Juga :   [MUDAH] Tutorial Lengkap Cara Root Dan Pasang CWM advan S5E

Sementara keunikan yang ada pada aplikasi ini ialah kamu bisa melakukan pause ketika sedang mengembalikan data yang selanjutnya bisa resume kembali. Aplikasi ini juga bisa menyortir data yang mau dikembalikan sesuai dengan ukuran dan juga berdasarkan tanggalnya. Jika kamu tertarik dengan aplikasi ini, kamu bisa menginstall aplikasi Disk Drill melalui Windows 7, 8, 10, Vista, & XP. Aplikasi Disk Drill juga bisa digunakan untuk Mac OS X.

8. Remo Recover

Aplikasi selanjutnya untuk mengembalikan data yang telah hilang ialah dengan aplikasi Remo Recover. Dalam aplikasi ini, kamu akan disuguhkan beberapa versi dan fitur yang berbeda. Bila ada fitur yang masih belum tersedia pada versi yang kamu miliki, maka aplikasi ini hanya akan memberi preview terhadap fitur tersebut.

Sehingga kamu bisa melakukan pencarian sederhana/ pencarian lebih mendetail. Namun kamu harus menunggu sampai proses pencarian tersebut selesai bila ingin melihat berkas apa saja yang sudah ditemukan. Proses pencarian yang telah dilakukan Remo Recover sangat cepat dibanding dengan aplikasi lainnya. Namun sayangnya kecepatan tersebut bisa membuat program ini kurang tepat untuk mendeteksi file. Misalnya ada beberapa berkas yang keliru dideteksi formatnya yang cukup merepotkan kamu untuk mengganti ekstensinya dengan manual.

Jadi, dengan beberapa jenis aplikasi atau software diatas, kamu bisa mengembalikan data flashdisk yang tidak sengaja terhapus. Cara mengembalikan data yang terformat diatas bisa kamu jadikan solusi untuk mengembalikan file hilang pada penyimpanan Flashdisk. Karena sebagai salah satu media penyimpanan paling praktis, pastinya kamu tidak terlepas dengan kehidupan sehari-hari. Karena flashdisk akan membantu kamu untuk menyimpan data dan memindahkannya pada komputer lainnya secara mudah. Namun sayangnya, flashdisk rawan sekali dengan yang namanya virus atau masalah lainnya hal ini menjadikan kamu harus memformatnya.

Baca Juga :



8 Cara Mengembalikan Data yang Terformat di Flashdisk/Hardisk/Drive “100% Ampuh”
Rate this post