13 Cara Mengatasi Hp ngehang atau Lag Dengan Mudah Beserta Penyebabnya





Penyebab dan Cara Mengatasi HP Yang Sering Hang atau Lag

Cara Mengatasi Hp ngehang – Smartphone memang sering mengalami hang ataupun lag ketika kamu sedang menjalankan sebuah aplikasi atau sedang bermain game. Namun, apakah anda tahu apa saja penyebab smartphone kamu ngelag? Apakah kamu juga tahu bagaimana cara mengatasi smartphone kamu yang macet tersebut? Jika kamu masih belum tahu, simak ulasan tentang HP ngehang dibawah ini. Baik cara mengatasinya atau penyebab HP ngehang sendiri.

Penyebab HP Atau Smarthphone Hang Atau Lag

Ada banyak penyebab kenapa ponsel kamu bisa sampai nge lag. Dengan mengetahui beberapa penyebab dibawah ini, kamu bisa menghindari agar ponsel tidak sampai lemot atau justru bisa nge lag. Usahakan untuk tidak melakukan beberapa hal dibawah ini yang menjadi penyebab smartphone kamu hang.

1. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Terinstall

Walaupun smartphone kamu punya kapasitas memori internal ataupun eksternal yang cukup besar, namun tidak berarti jika kamu bisa seenaknya menginstall banyak aplikasi. Itu karena semakin banyak kamu install aplikasi, maka semakin lemot juga ponsel kamu. Karena banyak melakukan install bisa memberatkan RAM dan juga memberatkan kapasitas memori ponsel kamu juga. Apalagi bila aplikasi tersebut suka berjalan pada background layar. Ini akan lebih menguras kapasitas RAM pada ponsel kamu. Jadi, bila kamu ingin hp kamu tidak nge hang, jangan terlalu banyak menginstal aplikasi yang tidak penting pada ponsel kamu.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan

Bila ada banyak aplikasi berjalan, dan kapasitas RAM pada ponsel kamu penuh, tentu akan membuat ponsel kamu sering mengalami LAG atau hang. Disebabkan karena RAM pada ponsel kamu tidak bisa member ruang bagi system android sendiri.

3. Kapasitas Memori RAM Penuh

Penyebab lainnya ialah kapasitas RAM yang penuh. Penyebab kapasitas RAM pada ponsel kamu penuh ialah banyak aplikasi dibuka ataupun banyak aplikasi yang berjalan pada belakang layar smartphone kamu meskipun aplikasi itu tidak digunakan.

4. Penumpukan Cache Yang Berlebihan

Cache atau file sampah akan selalu diproduksi terus ketika kamu membuka atau menjalankan aplikasi tertentu. Jadi, jangan biarkan cache ataupun file sampah tersebut menumpuk di memori internal kamu. oleh karena itu, kamu harus membersihkannya karena bila tidak dibersihkan maka file sampah yang telah menumpuk tersebut bisa membuat hp ataupun smartphone kamu hang, lag, serta tiba tiba menjadi sangat lemot.

5. Sistem Terserang Virus

Jika system android atau aplikasi pada ponsel kamu terserang virus, maka bisa membuat performa ponsel kamu menjadi sangat buruk. Dengan begitu, ponselakan menjadi hang.

Baca Juga :   [1 LANGKAH] Cara Paling Mudah Download Lagu SMULE Menjadi Mp3 di Android

6. Root Yang Kurang Sempurna

Proses root yang gagal atau masih kurang sempurna juga bisa membuat sistem android kerap mengalami error atau hang. Bahkan hal tersebut juga bisa membuat ponsel android kamu mati total. Solusi yang bisa kamu lakukan ialah menginstall OS android baru atau bila masih bisa hidup anda bisa melakukan factory riset.

7. Penggunaan Wallpaper Animasi Dan Tema

Ternyata penggunaan tema pada ponsel juga memerlukan ruang penyimpanan yang banyak. Sehingga kapasitas RAM pada ponsel kamu akan berkurang dan bisa membuat ponsel kamu lemot. Bahkan bisa ngelag. Jika pemakaian tema tersebut tidak kamu imbangi dengan pemakaian aplikasi lainnya, maka android anda bisa sangat berat digunakan.

8. Cara Mengatasi Hp Atau Smarthphone Hang Atau Lag

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah nge lag pada ponsel kamu. Beberapa cara dibawah ini bisa kamu pilih untuk membuat ponsel kembali hidup dan tidak ngelag lagi.

9. Hapus Aplikasi & Game Yang Tidak Digunakan

Cara yang pertama bisa kamu lakukan agar ponsel kamu tidak lagi ngehang ialah dengan menghapus aplikasi maupun game yang jarang digunakan. Hal ini bertujuan agar memori internal dan juga eksternal hp kamu mempunyai banyak ruang yang kosong. Sehingga ponsel kamu tidak akan terasa berat atau bahkan bisa nge hang.

Untuk menghapus aplikasi maupun game yang sudah tidak diperlukan lagi, yang perlu kamu lakukan ialah dengan masuk pada Pengaturan> kemudian pilih Aplikasi> dan pilih Semua. Selanjutnya kamu harus memilih salah satu game atau aplikasi yang mau kamu hapus. Sedangkan untuk menghapus game atau aplikasi, tinggal tab copot pemasangan.

10. Bersihkan Penumpukan Cache Android

Cara lainnya ialah dengan menghapus seluruh cache yang sudah menumpuk pada android kamu. aplikasi yang bisa kamu gunakan ialah aplikasi cleaner misalnya Clean Master ataupun yang lainnya.

11. Scan Dengan Anti Virus

Kamu juga bisa melakukan scanning untuk mengatasi masalah nge lag pada ponsel android kamu. Caranya dengan menggunakan aplikasi antivirus. Hal itu karena biasanya ponsel yang lemot atau nge hang karena ada virus telah melekat.

12. Gunakan Wallpaper Biasa Saja

Agar tidak membuat ponsel kamu lemot, kamu bisa menggunakan tema yang biasa saja. Sehingga kamu bisa menghapus tema yang tidak digunakan supaya tidak memakan RAM yang besar. Tema yang bisa kamu pilih bisa termasuk tema yang bukan animasi. Namun untuk kapasitas RAM 1 GB tentu tidak ada masalah dengan tema tersebut. Sementara untuk ponsel yang memiliki kapasitas RAM dibawah 1 GB, sebaiknya tidak memasang tema.

Baca Juga :   [2X TAP] Cara Paling Simpel Root Hp Smartfreen E860

13. Meng- Update OS Android

Jika system android milik kamu eror, maupun banyak mengalami kerusakan, solusinya ialah dengan melakukan update.

Lakukan Factory Riset

Bila cara diatas sudah kamu lakukan namun tidak ada satupun yang bisa membuat ponsel kamu hidup kembali, maka cara terakhir ialah dengan facrory riset. Ataupun dengan cara  mengembalikan hp dalam kondisi awal pabrik. Namun sebelum kamu melakukan cara ini, sebaiknya lakukan backup seluruh data didalam SD cart ataupun komputer kamu. dengan begitu, data dapat dikembalikan dan tidak hilang. Untuk melakukan cara factory riset ini, kamu tinggal masuk pada menu pengaturan > kemudian buat cadangan dan stel ulang> lalu pilih kembali kesetelan pabrik & tab stel ulang_telepon.

Atasilah masalah ngelag yang terjadi pada smartphone kamu. Jika masalah ini dibiarkan saja, maka akan membuat kerusakan yang sangat parah. Bahkan bisa membuat kinerja ponsel bisa menjadi kurang maksimal dan bisa berakibat mati total. Ponsel yang mengalami Hang secara sering dapat membuat ponsel rusak dan mati total. Selain diatas, kamu juga bisa menghindari masalah hang dengan melakukan beberapa cara dibawah ini.

Jangan Jalankan Banyak Aplikasi Dalam Satu Waktu

Jika kamu ingin ponsel yang tidak lemot, maka jangan sekali kali kamu gunakan aplikasi yang banyak dengan bersamaan. Karena hal ini bisa membuat kinerja ponsel menjadi lebih berat sehingga resiko mengalami hang lebih besar. Untuk itu, gunakan aplikasi secara bergantian untuk mengatasi smartphone kamu yang ngehang.

Jangan Menginstall Aplikasi Di Memori Internal Smartphone

Banyak pengguna smartphone yang kurang perhatian dengan masalah ini. Ketika menginstal aplikasi sering kali tidak memilih memori yang harus digunakannya. Untuk itu, jangan menggunakan memori internal karena hanya punya kapasitas terbatas. Dengan begitu, bila ditambah aplikasi lagi pasti membutuhkan ruang lebih besar dan membuat perangkat kewalahan dan akibatnya HP ngehang.

Baca Juga :



13 Cara Mengatasi Hp ngehang atau Lag Dengan Mudah Beserta Penyebabnya
Rate this post