2 Cara “Paling Mudah” Backup dan Restore Data iPhone “100 WORK”





Cara Backup dan Restore Data iPhone “100 WORK”

Cara backup iphone – ada banyak alasan kenapa seseorang ingin melakukan backup iphone. Mulai dari ingin menjual iphone, lalu ingin memformat ulang perangkat iPhone yang membuat semua data terhapus atau lainnya. Untuk itu, back up dengan iTunes ataupun iCloud merupakan cara paling tepat yang bisa dilakukan untuk anda yang ingin agar dokumen lama tetap tersimpan pada iPhone. Berikut ini beberapa cara backup iphone yang bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Backup iPhone

Anda bisa memilih salah satu cara untuk backup berikut ini supaya saat iphone dengan mendadak mengalami eror atau lupa password, data anda bisa tetap aman.

Via iCloud

Cara pertama bisa dilakukan ialah dengan icloud. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari apple yang bisa digunakan untuk menyimpan dokumen secara online. Cara kerja aplikasi ini hampir sama dengan Google Drive maupun Dropbox di smartphone Android.
Untuk melakukannya, anda bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini.
– Langkah pertama pastikan jika iPhone Anda terkoneksi dengan internet. Lebih baik jika menggunakan Wi-Fi
– Namun bila iphone tersebut menggunakan system operasi iOS 8, maka caranya adalah masuk pada ‘Pengaturan’, kemudian pilih ‘iCloud’, tap ‘Cadangan’. Tapi, jika Anda memakai iPhone dengan system operasi iOS 7, anda bisa masuk pada ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘iCloud’, terakhir ‘Penyimpanan & Cadangan’
– Setelah itu, aktifkan Cadangan iCloud dengan cara mengarahkan slide ke samping perintah ‘Cadangan iCloud’ tunggu sampai warnanya hijau.
– Setelah itu, tekan opsi ‘Cadangkan Sekarang’. Sampai pada langkah ini, usahakan agar iPhone tetap terkoneksi Wi-Fi sampai proses back up nya selesai.
– Untuk mengetahui seluruh data telah di back up secara benar, maka anda bisa masuk pada ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘iCloud’, dan pilih ‘Penyimpanan’. Maka back up yang telah dilakukan tadi akan terlihat disertai dengan waktu serta ukuran file nya.

Baca Juga :   Cara Cepat Screenshot iPhone dan iPad "100% WORK"

Via iTunes

Cara yang kedua adalah dengan iTunes. Aplikasi iTunes berguna untuk memutar ataupun membeli lagu. Tapi aplikasi ini juga dapat digunakan dalam mengelola data pada iPhone, iPod, dan iPad. Anda pun juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan back up dapat dari iphone. Caranya adalah seperti dibawah ini.
– Langkah pertama bukalah aplikasi iTunes yang terdapat pada komputer Anda lalu sambungkan iPhone pada komputer dengan kabel data.
– Setelah itu, klik ‘File’, dan pilih opsi ‘Perangkat’, lalu klik ‘Cadangkan’
– Tunggulah sampai back up yang dilakukan selesai
Untuk melihat semua data yang telah anda back up tadi, maka anda bisa masuk pada menu ‘Preferensi’ pada iTunes lalu lakukan klik ‘Perangkat’. Dari sini akan muncul nama perangkat yang berhasil anda back up baru saja.

Cara Restore iPhone

Nah, setelah tahu bagaimana back up data, maka anda harus tahu bagaimana cara restore iPhone. Fungsi restore tersebut ialah untuk mengembalikan data anda yang telah di back up. Anda bisa melakukan cara tersebut dengan langkah dibawah ini.

iCloud

Restore dari iCloud bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun asal koneksi internet anda stabil. Anda bisa mengikuti langkahnya dibawah ini.
– Langkah pertama pastikan iphone telah wifi
– Lalu masuk pada menu ‘iCloud’ serta pilih perintah ‘Pulihkan dari Cadangan iCloud’ dalam bahasa inggrisnya ‘Restore from iCloud Backup’.
– Pilihlah back up data sesuai tanggal dan juga waktu Anda saat melakukan back up data iPhone
– Selanjutnya, anda harus masukkan rincian akun Anda agar bisa mengakses iCloud
– Tunggulah beberapa saat, hingga seluruh data yang telah di back up sebelumnya kembali pada iphone baru anda. Jangan sampai koneksi internet anda terputus karena proses ini memerlukan koneksi internet yang stabil.

Baca Juga :   10 Aplikasi Edit FotoTerbaik & Terpopuler di iPhone "GRATIS"

iTunes

Namun anda pun bisa melakukan restore tanpa membutuhkan jaringan internet. Caranya dengan menggunakan itunes ini. Akan tetapi, anda harus melakukan back up sebelumnya di komputer yang nantinya digunakan dalam melakukan restore. Untuk melakukannya, anda bisa mengikuti langkah langkah dibawah ini.
– Langkah pertama sambungkan iPhone ke komputer tempat dimana dokumen anda di back up sebelumnya
– Setelah itu, bukalah iTunes pada computer. Akan tetapi anda harus menggunakan iTunes versi terbaru. Jika ternyata belum, maka anda bisa klik notifikasi pembaruan. Biasanya notifikasi ini muncul saat Anda membuka iTunes.
– Lalu klik ‘File’, dan pilih ‘Perangkat’. Selanjutnya klik perintah ‘Pulihkan dari Cadangan’.
– Pilihlah back up data sesuai tanggal dan waktu saat melakukan back up data
– Lalu Klik ‘Pulihkan’ ataupun ‘Restore’. Anda harus tunggu sampai prosesnya selesai. Agar prosesnya bisa berhasil, iphone harus tetap terhubung dengan computer.

Itulah cara back up iphone yang bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba.

 



2 Cara “Paling Mudah” Backup dan Restore Data iPhone “100 WORK”
Rate this post