5 Cara Mudah Merawat Laptop Agar Tetap Baik Performanya

5 Cara Mudah Merawat Laptop Agar Tetap Baik Performanya
Rate this post

5 Cara Mudah Merawat Laptop Agar Tetap Baik Performanya

Cara merawat laptop – saat ini memang banyak pengguna laptop yang belum tahu tenang cara merawat laptop dengan baik. Perawatan ini sangat penting mengingat laptop adalah perangkat yang sangat penting hampir sama kedudukannya dengan smartphone. Apalagi jika anda bekerja dengan perangkat tersebut. Pasti tidak akan lepas dari laptop. Jadi, anda harus tahu cara merawat laptop supaya laptop yang anda gunakan tetap terawat dengan baik.

1. Gunakan Laptop Secara Hati-Hati

Perangkat laptop memang salah satu perangkat yang gampang rusak jika jatuh, atau kena benturan keras. Walaupun bagian bagian laptop dapat diganti jika sewaktu waktu rusak, tapi bila hard disk yang rusak data anda bisa hilang dan tak dapat diganti. Komponen lain yang sangat ringkih ialah monitor.
Bila yang terjadi kerusakan di bagian monitornya, maka anda akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak dalam mengganti atau memperbaikinya. Jadi anda harus hati hati saat menggunakan laptop agar tidak terbentur, jatuh maupun tersiram cairan.

2. Bersihkan Laptop Secara Teratur

Bersihkan komponen laptop secara teratur. Bagian yang harus anda bersihkan ialah dibagian kipas dan fan. Dikarenakan bagian tersebut adalah tempat debu dan kotoran yang menumpuk. Bila debunya terlalu banyak, bisa jadi kipas tak akan berfungsi sehingga laptop anda gampang panas bahkan kerap mati dengan tiba tiba.
Selanjutnya adalah membersihkan fan laptop. Meskipun cukup sulit, anda harus melakukannya. Anda bisa meminta pihak servis laptop untuk melakukannya. Tak hanya itu saja, keyboard, monitor, atau bagian lain juga perlu dibersihkan dengan teratur supaya tidak gampang rusak.

3. Pilih Sistem Operasi Yang Cocok

Masalah yang kerap dihadapi oleh pengguna laptop adalah kinerjanya yang sangat lambat. Bukan hanya karena faktor usia hardware, masalah ini terjadi karena user memasang sistem operasi pada laptop yang kurang cocok. Sehingga membuatnya sangat lambat bekerja. Misalnya laptop tua yang berkapasitas RAM 512 MB, tak akan cocok menjalankan system operasi Windows 7 atau Windows 8.

Jadi, bila spesifikasi laptop anda pas pasan, anda bisa memilih system operasi Windows XP karena lebih ringan dibandingkan dengan Windows terbaru. Tapi bila ingin solusi lainnya, anda bisa memilih distro Linux yang hampir sama debgan Windows XP.

4. Lakukan update software dan sistem operasi

Kemudian anda juga harus memperbarui aplikasi dan juga sistem operasi pada laptop tersebut. Hal ini sangat penting dengan tujuan meminimalisir berbagai kendala pada performanya dan keamanan yang bisa membahayakan laptop.

5. Upgrade hardware laptop

Kebanyakan orang mengganti bagian dari perangkat keras termasuk hal yang tidak mungkin. Tapi ini bisa dilakukan secara mudah karena saat ini banyak sekali komponen laptop beredar dipasaran. Jadi, anda bisa mengganti RAM, monitor, hard disk, atau lainnya jika mengalami kerusakan.
Bila laptop anda mengalami kerusakan pada bagian tertentu, alangkah baiknya anda ganti komponen tersebut agar masa pakainya lebih lama.

Itulah beberapa cara merawat laptop yang bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba.

Shares