5 Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu Termudah “100% Work”

5 Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu Termudah “100% Work”
Rate this post

Cara Cek HP Samsung Yang Asli “100% WORK”

Cek keaslian Samsung – beredarnya smartphone merk Samsung supercopy, rekondisi, KW dan replika memang sangat meresahkan masyarakat yang ingin memiliki smartphone Samsung. Karena banyak yang menjual smartphone palsu tersebut di gerai-gerai ponsel atau di toko-toko online. Sangat sulit membedakan antara smartphone Samsung yang asli dengan yang palsu. Oleh karena itu, anda membutuhkan cara cek keaslian Samsung sebelum membelinya.

Cara Cek HP Samsung Asli

Sebagai pembeli, pastinya anda harus jeli dalam membedakan mana smartphone yang asli dan mana yang palsu. Untuk mengetahui keasliannya, anda bisa lihat cara cek keaslian Samsung dibawah ini.

Tampilan Luar

Salah satu cirri smartphone Samsung yang palsu adalah letak tombol menunya tampak tak seimbang. Beda dengan ponsel Samsung yang asli tombol menu ada tepat di tengah. Layar ponsel Samsung yang asli juga tampak kontras. Sementara layar Samsung yang palsu tak sepenuhnya meregang keluar, dengan begitu tampak meninggalkan celah agak lebar antar layar dengan tepi smartphone.

Kode Khusus

Terdapat beberapa kode untuk mengecek keaslian smartphone Samsung. Kode yang pertama adalah kode IMEI. Caranya dengan masukkan kode *#06# di smartphone Anda, dengan begitu, nomor IMEI ponsel tersebut akan muncul pada layar. Langsung cocokan dengan nomor IMEI pada dusbook ataupun situs khusus guna mengidentifikasi keaslian IMEI ponsel anda.
Lalu cek versi firmware ponsel Anda menggunakan kode *#1234#. Bila smartphone Samsung yang anda punya bisa membaca perintah kode-kode yang sudah Anda masukkan, maka bisa dipastikan jika smartphone Anda adalah Samsung asli.

Samsung Kies

Selanjutnya adalah mengecek dengan menggunakan Samsung kies. Yang dimaksud Samsung Kies ialah software resmi milik Samsung untuk menghubungkan ponsel Samsung anda dengan komputer.
Untuk itu, anda harus menginstal terlebih dahulu Samsung kies pada computer anda. Lalu anda bisa menghubungkannya dengan kabel data. Jika Samsung kies dapat terdeteksi serta terkoneksi pada smartphone Anda, itu artinya ponsel Samsung anda asli. Tapi sebaliknya, jika Samsung kies tak dapat membaca ponsel tersebut berarti HP Samsung tersebut palsu.

Kecepatan Internet dan Hang

Anda juga bisa memantau kecepatan internetnya jika ingin mengecek keaslian Samsung anda. Samsung palsu umumnya memiliki kecepatan internet yang sangat lambat saat menjalankan beberapa aplikasi maupun browsing di internet. Namun kecepatan internet yang lambat juga bisa diakibatkan adanya provider yang digunakan.
Untuk membedakannya ialah dengan cara mematikan koneksi internet kemudian alihkan pada jarinag Wi-Fi. Biasanya kecepatan jaringan Wi-Fi lebih cepat dibandingkan internet dari provider. Sehingga, bila sudah anda alihkan pada jaringan Wi-Fi ponsel anda tetap lambat, kemungkinan smartphone Samsung Anda palsu. Sementara itu, Samsung palsu pun gampang sekali hang ketika menjalankan aplikasi bersamaan disebabkan kapasitas RAM yang lebih kecil dari umumnya.

Membandingkan Spesifikasi

Anda juga bisa melihat spesifikasi Samsung yang anda miliki untuk melihat keasliannya. Contohnya saja ponsel Samsung Galaxy S4 memiliki kapasitas penyimpanan internal sampai 16 GB. Tapi ternyata saat menginstall aplikasi baru, maka muncul pemberitahuan jika kapasitas penyimpanan tak mencukupi.
Selain itu, anda juga bisa mengcek melalui resolusi kamera smartphone Samsung. Bandingkan resolusinya apakah sudah setinggi resminya lalu apakah gambarnya juga sudah sejernih Samsung tipe lainnya.

Cek IMEI Samsung

Seperti sebelumnya, IMEI merupakan kode paling tepat dalam mengidentifikasi Samsung anda. Untuk mengeceknya, Anda bisa mengecek IMEI pada situs database IMEI melalui internet. Kunjungi situs resmi imei.info melalui komputer Anda. Kemudian masukkan nomor IMEI smartphone Samsung anda pada kolom yang ada pada situs tersebut.

Setelah beberapa saat, situs tadi akan memunculkan spesifikasi ponsel Anda. Bila yang anda miliki adalah Samsung Galaxy S6, kemudian pada situs tersebut menampilkan juga spesifikasi dari Samsung Galaxy S6, itu artinya ponsel Anda asli. Namun bila spesifikasi yang muncul tidak sesuai pada ponsel, itu artinya ponsel tersebut palsu.
Itulah beberapa cara cek keaslian Samsung yang bisa anda lakukan jika anda akan membeli smartphone Samsung baru. Selamat mencoba.

Shares