10 Cara Mencegah Serta Menghapus Virus dan Malware di Android





Penghapus virus – virus dan juga malware bukan hanya bisa menyerang PC atau laptop saja. Bagi para pengguna android perlu hati hati dengan masalah satu ini.

Cara Menghapus Virus di HP Android

Oleh karena itu, anda harus tahu bagaimana cara menghindari agar tidak terserang virus maupun malware. Agar virus tidak menyerang perangkat anda, maka anda perlu mempunyai penghapus virus.

Cara Mencegah Serta Menghapus Virus dan Malware di HP Android

Jika anda ingin menghapus virus maupun malware, maka anda harus menginstall aplikasi anti virus maupun anti malware di perangkat anda. Anda harus memilih aplikasi antivirus terpercaya untuk menghapus virus pada smartphone anda. Untuk itu, anda bisa memilih beberapa antivirus dibawah ini.

1. 360 Security

Antivirus gratis yang pertama adalah 360 Security. Anda bisa mengunduhnya di play store untuk membersihkan virus-virus di HP Anda. Selain bisa menghapus virus, aplikasi ini juga bisa mencegah munculnya virus serta melakukan scanning. Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini, silahkan saja ikuti langkahnya dibawah ini.

  • Download dan Install terlebih dahulu aplikasi 360 Security.
  • Kemudian masuk pada aplikasi 360 Security.
  • Nah, setelah masuk, anda akan menemukan 3 menu utama diantaranya Boost, Clean, serta Antivirus.
  • Untuk mencegah serta membersihkan virusnya, klik saja menu “Antivirus”.
  • Lalu klik “Scan” guna melakukan pemindaian virus
  • Dengan begitu, aplikasi 360 Security secara otomatis melakukan proses scanning.
  • Kemudian klik saja “Repair All”.
  • Sekarang, hp tersebut sudah selesai di bersihkan dari virus

Ternyata aplikasi 360 Security bukan hanya bisa mencegah ataupun membersihkan virus saja. Tetapi juga bisa melakukan boost sehingga performa hp anda lebih baik.

2. AVG AntiVirus

Antivirus yang berikutnya adalah AVG AntiVirus. Aplikasi ini tak hanya aplikasi Antivirus untuk PC atau Laptop saja. Tetapi bisa juga digunakan sebagai aplikasi Antivirus pada HP Android anda. Download secara gratis aplikasi ini dan nikmati fitur fiturnya. Cara menggunakan aplikasi AVG AntiVirus juga sangat mudah, inilah caranya:

  • Langkah pertama install dan download dulu aplikasi AVG AntiVirus
  • Setelah berhasil melakukan instalasi, langsung saja klik “Scan”
  • Kemudian tunggulah sampai proses scanningnya selesai
  • Selanjutnya AVG AntiVirus akan menampilkan pemberitahuan bila ada masalah, maka anda klik saja “Resolve” guna mengatasi permasalahan (Virus) itu.
  • Selesai. Sekarang HP anda aman dari virus yang baru saja menyerangnya.
Baca Juga :   10 Permainan Dokter Gigi Terbaik untuk Smartphone Android

3. Avast Mobile Security

Aplikasi antivirus lainnya ialah Avast Mobile Security untuk AntiVirus HP Android terbaik. Dengan antivirus ini, anda bisa mencegah sekaligus melindungi smartphone dari virus yang menyerang. Cara menggunakan antivirus Avast Mobile Security hampir sama dengan antivirus lainnya yakni dengan langkah dibawah ini:

  • Terlebih dahulu download dan Install antivirus Avast Mobile Security
  • Lalu pilih Avast Security Basic bila anda mau menggunakan aplikasi secara gratis
  • Kemudian langsung saja klik “Scan”
  • Sekarang, tunggu sampai prosesnya selesai.

Smartphone anda sekarang sudah terbebas dari virus.

4. Clean Master

Inilah aplikasi antivirus paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Selain melindungi hp dari virus, aplikasi ini juga bisa mencegah maupun membersihkan virus pada HP Android anda. Caranya tak beda jauh dengan antivirus lainnya dengan langkah dibawah ini:

  • Lebih dahulu download dan Install antivirus Clean Master
  • Lalu buka aplikasinya dengan cara klik “Start”
  • Selanjutnya, akan disuguhkan 4 menu utama diantaranya junk files, CPU cooler, phone boost, dan antivirus. Sehingga anda bisa memilih klik “AntiVirus”.
  • Dengan begitu, antivirus Clean Master secara otomatis dapat melakukan pemindaian di HP serta langsung diperbaiki oleh antivirus Clean Master.

Mudah sekali bukan? Anda pun bisa memilih aplikasi ini untuk melindungi smartphone anda.

5. Security Master

Antivirus Security Master juga sebuah aplikasi Antivirus terbaik gratis dari PlayStore. Aplikasi ini mampu menjaga ponsel dari virus yang bandel. Anda pun bisa menggunakannya secara mudah dengan langkah-langkah dibawah ini:

  • Terlebih dahulu download dan Install Security Master
  • Sesudah anda berhasil mendownloadnya, masuk saja ke dalam aplikasinya
  • Lalu klik “Scan”
  • Tunggu beberapa saat agar aplikasi ini memindai HP kamu
  • Kemudian klik “Resolve all” guna membersihkan seluruh permasalahan dan juga virus yang ada

Nah, ponsel anda sekarang sudah aman dari virus sehingga bisa digunakan dengan baik.

Ciri-Ciri HP Yang Terserang Virus dan Malware Android

Ada ciri ciri khusus saat virus dan malware menyerang smartphone android. Bila anda jeli ketika menggunakan perangkat tersebut, pastinya akan mudah sekali merasakannya. Untuk itu, ketahui dulu beberapa ciri berikut ini jika perangkat anda terserang virus.

  • Pemakaian data internet yang berlebihan.
    Umumnya malware dibuat dengan tujuan mencuri data milik korbannya. Contohnya daftar kontak, kemudian nomor kartu kredit, atau lainnya. Sesudah berhasil mencurinya, selanjutnya malware akan mengirimkan data yang dicuri tadi lewat internet sehingga otomatis data internet Anda bisa cepat habis.
  • Performa menjadi lambat
    Disebabkan aktivitas yang banyak dilakukan malware, tentunya mengakibatkan kinerja perangkat android semakin melambat.
  • Baterai cepat habis.
    Hal tersebut juga mengakibatkan daya baterai cepat habis. Jika anda sudah menggunakan penghemat baterai namun tetap saja boros, bisa jadi malware menjadi penyebab utamanya.
  • Sering terputus ketika sedang menelepon
    Ciri berikutnya adalah seringnya panggilan telepon yang dilakukan putus meskipun dengan kondisi sinyal jaringan yang bagus. Hal ini bisa jadi diakibatkan oleh malware.
Baca Juga :   2 Cara "Paling Mudah" Backup dan Restore Data iPhone “100 WORK”

Cara Mencegah Virus dan Malware Android

Salah satu cara supaya perangkat Android aman dari munculnya virus ialah dengan tak mengunduh aplikasi apapun, tak menghubungkannya ke laptop atau perangkat lain, serta tidak digunakan melakukan browsing internet. Namun ini tidak akan mungkin dilakukan. Sehingga anda bisa meminimalisir meminimalisir virus maupun malware yang menyerang perangkat Android tersebut. Beberapa caranya seperti dibawah ini.

Baca Review Aplikasi

Jika anda mau menginstal aplikasi baru melalui Google Play Store, maka baca dulu review-nya. Bila aplikasinya bermasalah, pastinya sudah banyak review buruk untuk aplikasi tersebut. Sehingga anda bisa mengurungkan niat untuk mengunduhnya.

Periksa Pembuatnya

Lalu, periksa juga apakah aplikasi itu terpercaya ataupun tidak. Bila anda ragu dengan aplikasi tersebut, maka urungkan niat untuk menginstalnya.

Hati-Hati Terhadap Aplikasi Market Pihak Ketiga

Bukan hanya plasy store yang menyediakan aplikasi untuk android. Saat ini ada banyak market lain buatan oleh pihak ketiga. Bila aplikasi dari play store mampu membawa malware, ini artinya aplikasi dari market lainnya justru lebih berbahaya.

Jangan Sembarangan Memberikan Akses Superuser

Jika android anda sudah pernah melakukan root, jangan pernah memberi akses Superuser pada aplikasi yang tak betul betul dipercayai. Sebab ini sama saja anda memberi kontrol penuh android Anda kepada malware.

Lakukan scanning virus dan malware secara reguler

Cara yang terbaik dalam menjaga ponsel dari virus adalah melakukan scanning. Anda dapat melakukan scanning menggunakan aplikasi AntiVirus seperti aplikasi diatas. Melakukan scanning juga dapat membantu mencegah virus menyerang pada Android Anda.

Itulah penjelasan tentang penghapus virus yang bisa anda coba. Awasi perangkat anda supaya tidak terserang dengan virus dan juga malware Android. Semoga bermanfaat.



10 Cara Mencegah Serta Menghapus Virus dan Malware di Android
4.5 (90%) 2 votes