10 Aplikasi Hemat Kuota Internet Terbaik untuk Smartphone

10 Aplikasi Hemat Kuota Internet Terbaik untuk Smartphone
Rate this post

10 Aplikasi Hemat Kuota Internet Terbaik untuk Smartphone

Aplikasi hemat kuota – saat ini kehadiran paket internet memang sangat dibutuhkan bagi pengguna smartphone android. Oleh karena itu, banyak sekali paket internet yang menawarkan harga paling murah yang menjadi dambaan para pengguna smartphone. Karena penggunaan yang sangat boros, anda pun membutuhkan aplikasi hemat kuota untuk solusi paling tepat. Jika anda penasaran apa saja aplikasi hemat kuota, maka langsung simak penjelasannya dibawah ini.

1. Data Usage Monitor

Aplikasi yang pertama adalah data usage monitor. Aplikasi ini akan membantu dalam memonitorisasi pemakaian internet setiap aplikasi di smartphone anda. Aplikasi tersebut juga bisa mengatur pemakaian kuota yang berlebih. Sehingga anda dapat mengatur aplikasi mana yang memerlukan banyak kuota internet serta aplikasi mana yang tak membutuhkan kuota internet yang berlebih.

2. Internet Speed Meter Lite

Sama halnya dengan aplikasi penghemat kuota diatas, dengan aplikasi ini anda pun dapat mengatur pemakaian kuota supaya tidak berlebihan. Menggunakan aplikasi ini anda dapat mengatur mana aplikasi yang harus menghemat pemakaian kuota internet. User juga akan menerima laporan pemakaian paket internet setiap bulannya. Aplikasi ini juga bisa menghemat baterai ponsel anda.

3. My Data Manager

Aplikasi hemat kuota yang selanjutnya adalah my data manager. Fungsi utamanya adalah melacak banyaknya pemakaian data sehingga penggunanya bisa lebih bijaksana dalam pemakaian kuota internetnya. Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, pada aplikasi ini juga menginformasikan aplikasi mana yang paling banyak memakai kuota internet. My Data Manager akan memantau penggunaan data saat terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi juga.

4. Opera Max

Aplikasi opera max termasuk aplikasi penghemat kuota paling sederhana diantara lainnya. Hal itu karena aplikasi ini akan segera mengompres data ketika anda mengaktifkan data seluler.
Sehingga, setelah menginstall Opera Max, secara langsung aplikasi tersebut akan langsung melakukan routing seluruh aplikasi diperangkat anda yang bertujuan menghemat kuota. Aplikasi ini juga mampu mengompresi video, halaman web dan foto. Dengan aplikasi ini, maka anda akan tahu aplikasi mana yang paling banyak memakai kuota internet.

5. Google Chrome

Google Chrome merupakan aplikasi browser yang sudah dilengkapi oleh adanya fitur penghemat kuota. Jadi, jika anda browsing dengan aplikasi ini, maka data anda akan berkurang sedikit saja. Cara menggunakannya ialah hanya perlu masuk pada Google Chrome, kemudian klik gambar tiga titik lurus, selanjutnya pilih opsi pengaturan. Lalu pilih Advanced serta klik Reduce Data Usage guna mengaktifkan penghematan data yang digunakan.

6. CM Data Manager

Aplikasi CM Data Manager juga termasuk aplikasi penghemat kuota yang sangat akurat dan handal. Dengan aplikasi ini, anda dapat memantau pemakaian data serta kecepatan jaringan anda. Bahkan semua aplikasi yang sudah terinstall pada perangkat anda akan termonitor dengan baik oleh aplikasi ini.
Aplikasi ini juga bisa menghemat kuota dengan cara memblokir aplikasi tertentu yang telah menghabiskan kuota data melebihi lainnya. Untuk memilikinya, anda bisa langsung mengunduh melalui Google Play Store secara gratis.

7. Opera Mini

Jika koneksi internet anda kurang stabil dan sangat terbatas, maka anda bisa menggunakan aplikasi opera mini untuk melakukan browsing. Karena aplikasi browser tersebut mampu mengompresi data maupun kecepatan internet. Jadi, anda bisa memilih kompresi data “High” ataupun “Extreme”. Jadi, aktivitas anda browsing tetap bisa menghemat kuota.
Cara Opera Mini dalam menghemat kuota adalah mengurangi kualitas gambar, protocol, text wrap, serta masih banyak lagi. Aplikasi tersebut secara gratis bisa didownload melalui google play store.

8. Yandex Browser

Yandex Browser adalah aplikasi penghemat kuota yang banyak menawarkan fitur didalamnya. Salah satunya adalah fitur Turbo Mode, yang memiliki fungsi mengompres pemakaian data saat membuka halaman web serta memuat halaman dengan lebih cepat.
Selain itu, anda juga bisa mengaktifkan dan non aktifkan saat membutuhkan Mode Turbo ini. Bahkan aplikasi ini juga bisa mengompres video ketika melakukan streaming memakain aplikasi Yandex Browser.

9. Dolphin Browser

Dolphin Browser adalah aplikasipenghemat kuota yang bisa memberitahukan kepada anda tentang bagaimana mengatur penghematan data. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini yang berfungsi untuk penghematan penggunaan data. Salah satunya ialah mode browsing tanpa muncul gambar. Aplikasi Dolphin Browser juga menawarkan fitur add-on yang berguna untuk menghilangkan iklan ketika melakukan browsing.

10. KK Browser

Aplikasi penghemat kuota ini sangat ringan sehingga browsing yang anda lakukan bisa lebih cepat. KK Browser juga mampu menghemat pemakaian data sampai 60%. Jika kuota anda sangat terbatas dan ingin melakukan browsing, maka aplikasi ini solusinya. KK Browser juga sangat ringan karena memiliki kapasitas Cuma 1 MB saja.
Itulah beberapa aplikasi hemat kuota terbaik yang bisa anda unduh secara gratis. Selamat mencoba.

Shares