Cara Mengembalikan Data Terformat di Flashdisk Dengan Mudah

Cara Mengembalikan Data Terformat di Flashdisk Dengan Mudah

Cara mengembalikan data yang terformat – Flashdisk merupakan benda kecil yang sangat praktis untuk menyimpan maupun memindahkan data. Tanpa harus membawa laptop maupun alat penyimpan lain yang tidak efisien kemana-mana. Namun sayangnya flashdisk gampang terkenena virus sehingga tindakan yang sering kita lakukan adalah memformatnya tanpa mem-backup dulu. Data yang telah terformat pasti hilang, dan hal tersebut pasti merugikan kita apalagi data tersebut penting.

Nah,  untuk anda yang mengalami hal tersebut ini dia cara  mengembalikan data yang terormat  di flashdisk dengan 9 software andalan.Cara  untuk mengembalikan data yang terformat di flashdisk:

1. Disk Drill

Disk drill ini merupakan software yang cukup ampuh, pasalnya software ini mampu mengembalikan data yang telah terformat dengan ukuran lebih 500 MB. Selain itu software ini juga dapat mengembalikan data yang terformat dari iPods maupun perangkan storage lain.Disk drill dapat di install pada windows 7,8,10, XP, Vista, bahkan Mac OS X. Pengembalian data yang terformat juga berurutan dengan berdasarkan tanggal ataupun ukuran. Uniknya saat menggunakan anda dapat melakukan pause kemudian resume kembali.

2. Puran File Recovery

Software Puran File Recovery ini selain dapat mengembalikan data yang terlah terformat dari flashdisk juga dapat mengembalikan data dari PC/ laptop. Ukurang yang ringan menjadi keunggulan software ini. Selain itu Puran File Recovery mampu mencari 50 macam file, seperti video, foto, maupun dokumen.

3. SoftPerfect File Recovery v1.2

Software yang sama ringannya dengan Puran File Recovery ini  memiliki kemampuan mengembalikan data dari FAT dan NTFS. Untuk menginstal software ini anda tidak perlu repot karena selain mudah juga  hanya menghabiskan tempat 1 MB. Sayangnnya SoftPerfect File Recovery v1.2 hanya dapat digunakan pada windows 10 maupun XP.

4. Glary Undelete v5.0

Software yang mudah dimengerti dan simpel ini cukup  baik untuk mengembalikan data yang hilang. Kekurangan dari Glary Undelete v5.0 hanya dapat digunaan pada windows 8 dan 10. Namun, keunggulan dari software ini ialah sangat ringan sehingga tidak banyak menghabiskan storage pada PC anda.

5. PhotoRec

Software yang satu ini dapat diunduh secara gratis, selain itu dapat dioperasikan pada minimal windows 8, Linux, Mac OS X, dan DOS. Program ini mengeklaim dapat mengembalikan berbagai macam file media lebih dari 400. Fitur unik yang disuguhkan yaitu “unformat”, sehingga anda dapat mengembalikan file  di harddisk maupun flashdisk layaknya sebelum diformat. Dengan PhotoRec, file perangkat yang rusak dapat dikembalikan. Namun kekurangan PhotoRec yaitu kebingungan yang akan dirasakan pengguna karena tampilan ala Command Promt.

6. CardRecovery

Data yang dikembalikan oleh software ini biasanya berupa video, audio dengan berbagai format, RAW, dan JPG. Selain itu CardRecovery dapat digunakan pada windows 8 keatas. Namun, kekurangan dari CardRecovery hanya bisa mengembalikan file media dari memory kamera dan flashdisk. Format PNG dan file Photoshop juga tidak didukung oleh software ini. Penggunaan yang mudah menjadi keunggulannya, dimana anda tinggal menentukan lokasi file yang terhapus dan file akan kembali.

7. Recuva

Software yang dibuat oleh Piriform ini akan membimbing kita untuk mengembalikan file yang telah terformat. Terdapat dua versi Recuva, yaitu versi berbayar seharga $34.95 yang memiliki vitur lengkap dan versi gratis. Namun recuva hanya dapat  digunakan oleh operasi sistem minimal XP.Peda awal penggunaan kita akan ditanya file mana yang ingin dicari, kemudian recuva akan menyelamatkan file tersebut. Selain itu recuva akan memberitahu detil kerusakan file.

8. Recover My Files

GetData telah membuat software Recover My Files untuk mengembalikan data yang terformat dalam tiga versi pada windows. Yaitu, Standard, Pro, dan Technician, harga yang ditawarkan tiap versi juga berbeda.Recover My Files memberikan dua opsi pencarian. Pertama opsi pencarian biasa berupa mencari video, musik, dokumen, gambar, dan file umum lain. Sedangkan kedua opsi deep scan, dimana opsi ini mencari lebih banyak file dan dapat mengembalikan direktori atau partisi rusak. Untuk mencari file anda anda dapat menuju tab search secara langsung. Namun, file yang ditemukan akan ditampilkan berbebntuk directory tree.

9. Remo Recover

Software ini akan memberikan pilihan kepada anda, seperti pencarian detail ataupun sederhana. Kelebihan dari Remo Recover yaitu dalam pencariannya yang super cepat dibanding software lain. Namun kelebihan tersebut juga menjadi kekurangannya, karena pencarian yang cepat malah menjadi kurang teliti dalam mendeteksi file sehingga banyak yang salah format dan harus mengganti secara manual.Bagaimana, apakah anda masih bingung karena kehilangan file? Nah, semoga cara mengembalikan data yang terformat tersebut dapat bermanfaat.

Shares