Seting Proxy Server Di Linux Debian

Tutorial Lengkap Cara Instal Proxy Server Dengan Squid 3 LDAP Di Linux Debian

squid 3.0 dan seterusnya dikembangkan oleh komunitas “web-filtering” yang lebih menitikberatkan pada fungsi Squid sebagai pengubah konten transit.

Terpecahnya versi Squid mi diawali ketika pada tahun 2006 dan 2007 Adrian Chadd mulai mengembangkan Squid 2.6 agar dapat memenuhi tuntutan pada lingkungan berkinerja tinggi. Dan disaat bersamaan Squid versi 3.0 mulai dikembangkan dan Squid 2.6 dengan tidak memasukkan fitux-fitur yang dikembangkan untuk memenuhi tuntutan Iingkungan berkinerja tmggi.

pada saat versi 3.0 dirilis, fitur dan patch untuk Squid versi 2.6 yang dikembangkan oleh Adrian Chadd dan kawan kawan cukup untuk membuat rilis versi baru Squid yang lam, yaitu versi 2.7 sehingga pada saat yang
bersamaan terdapat dua versi Squid yang dirilis, yaitu versi 2.7 dan versi 3.0, yang dikembangkan oleh dua kelompok pengembang yang berbeda dan memiliki fungsi dan kemampuan yang cukup berbeda.

Oleh karena itu, untuk menggunakan Squid pada saat ini, kita harus mempertimbangkan 1ingkungan seperti apa yang hams dipenuhi oleh Squid. jika Anda menginginkan Squid untuk melayani banyak klien, dengan jumlah trafik yang besar tetapi cukup handal dan stabil, maka Squid versi 2.7 lebih cocok digunakan. Tetapi jika hanya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan akan aktifitas filtering konten dengan trafik yang tidak besar, maka Squid versi 3.0 dapat memeriuhi hal tersebut.

Install Squid

jika Anda memilih Squid versi 3.x, jalankan perintah herikut untuk menginstall squid beserta aplikasi pembantu yang diperlukan untuk melakukan otentikasi ke LDAP
Tutorial Lengkap Cara Instal Proxy Server Dengan Squid 3.0 Di Linux Debian
Pehatikan, kita menggunakan aplikasi squid3-ldap bukan squid3 untuk mendapatkan dukungan Squid terhadap LDAP yang akan kita gunakan nanti. Sedangkan untuk menggunakan Squid versi 2.7 disarankan untuk melakukan instalasi dan kode sumber. Sebelum menginstalasi Squid dan kode sumber, terlebih dahulu persiapkan ketergantungan dari Squid, tergantung dan apa yang dibutuhkan dan ingin dicapai.

Install Aplikasi Tambahan Squid

Untuk keperluan kita, kita akan memanfaatkan fasilitas otentikasi untuk pengguna Squid ke database klien yang tersimpan di server LDAP sehingga setiap pengguna akan dimintakan otentikasi terlebih dahulu oleh Squid sebelum dapat menggunakan koneksi internet. Untuk itu Squid membutuhkan aplikasi openldap, openldap-cients dan openldap-devel. Sebelum Squid diinstal, pastikan ketiga aplikasi tersebut sudah terinstal terlebih dahulu. Jalankan perintah berikut untuk menginstal ketiga aplikasi tersebut
Tutorial Lengkap Cara Instal Proxy Server Dengan Squid 3 LDAP Di Linux Debian
Setelah ketiga paket tersebut terinstal, kita siap untuk melangkah ke tahap berikutnya yaitu melakukan instalasi Squid itu sendiri. Squid yang digunakan adalah Squid versi 2.7STABLE9. Pertama download kode sumber Squid:
Tutorial Lengkap Cara Instal Proxy Server Dengan Squid 3 LDAP Di Linux Debian

Konfigurasi Squid

Setelah squid selesai didownload, berikutnya adalah melakukan instalasi Squidd dengan menggunakan perintah . /configure, make dan make install sebagai berikut:
Tutorial Lengkap Cara Instal Proxy Server Dengan Squid 3 LDAP Di Linux Debian
Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai dan Squid siap digunakan Namun harap diperhatikan. sesuaikan konfigurasi Squid termasuk fitur-fitur yang kita butuhkan ketika melakukan . /configure. Opsi yang digunakan di atas disesuaikan dengan konfigurasi default di Debian, dengan tambahan penggunaan modul LDAP untuk otentikasi ke LDAP dengan menggunakan opsi-enable-basic-auth-helpers=LD dan juga fasilitas delay pools squid dengan opsi-enable-delay-pools. Secara Iengkap Anda dapat membaca opsi yang tersedia sebelum menjalankan konfigurasi dengan menjalankan perintah berikut dan dalam direktori Squid
Tutorial Lengkap Cara Instal Proxy Server Dengan Squid 3 LDAP Di Linux Debian
Di kutip Dari Buku Jasakom Linux Networking
Baca Juga Artikel Terkait Menarik Lainnya : Pengertian Proxy Bagi Pengguna Linux Dan Jaringan
Shares