Struktur Direktori LDAP pada Distro Linux yang harus diketahui

Struktur Direktori LDAP pada Distro Linux yang harus diketahui
Kita telah membahas tentang apa itu LDAP Pada Linux ? dan saya telah menjelaskan pada artikel tersebut, setelah kita mengerti tentang LDAP lalu apa yang ahrus kita lakukan setelahnya, sebelum kita melakukan instalasi sebaiknya kita mengerti dahulu bagaimana struktur direktori pada LDAP di Distro Linux.

Bagian ini sangat penting karena dengan mengerti struktur direktori pada LDAP akan memudahkan kita pada saat konfigurasi atau instalasi Server LDAP nantinya. Langsung saja kita kepada pokok bahasan.

Struktur Direktori LDAP pada Distro Linux

Sebenarnya LDAP menyimpan datanya secara hirarki. Kalau Anda sudah terbiasa dengan sistem hirarki DNS ataupun sistem hirarki file Linux, maka Anda tidak akan mengalami masalah dengan hirarki LDAP. Sama seperti halnya dengan DNS ataupun sistem file pada Linux, di puncak hirarki LDAP terdapat root atau di LDAP lebih sering disebut DN dasar (base DN).

DN atau distinguished name digunakan untuk mendeskripsikan letak atribut di dalam struktur LDAP. DN terdiri dari beberapa sekumpulan RDN (Relative Distinguished Name) atau DN yang bersifat unik pada levelnya. Contohnya , DN berikut adalah DN dasar yang akan kita gunakan di dalam contoh kita

Struktur Direktori LDAP pada Distro Linux yang harus diketahui

Pada format diatas merupakan format DN dasar yang saat ini paling banyak digunakan. Pada initi sebenarnya format tersebut mengikuti DNS, dengan memisahkan setiap level domain ke dalam attribut dc (domain component).

Berada di bawah DN dasar tersebut, LDAP dapat memiliki berbagai macam kontainer DN yang dapat berisikan DN dengan level dibawahnya ataupun DN sendiri. Anda dapat mernbayangkan ini seperti sistem direktori Linux. Dibawah root dapat berisi direktori ataupun file.

DN yang berada di bawah DN dasar biasanya adalah DN admin yang digunakan untuk mendefinisikan admin LDAP sebagai berikut

Struktur Direktori LDAP pada Distro Linux yang harus diketahui

Selain DN admin, dibawah DN dasar biasanya didefinisikan DN yang merupakan kontainer bagi DN lainnya. Disinilah struktur LDAP mulai bercabang membentuk seperti pohon, sama halnya seperti struktur domain dan subdomainnya di DNS. Sekali lagi, menurut kebiasaan yang hampir menjadi konsensus di LDAP, struktur dibawah DN dasar menggunakan atribut ou (Organizational Unit) yang didefinisikan di skema core.

Atribut ou sering digunakan untuk menggambarkan struktur organisasi seperti pemasaran, keuangan dan sebagainya. Namun yang seringkali digunakan sebagai ou adalah struktur pengguna dan grup di Linux. Biasanya LDAP memiliki ou people dan group serta ou lain yang menggambarkan struktur
Jaringan seperti devices. Contoh berikut adalah struktur yang paling sering di digunakan, yang mengikuti struktur sistem Linux.

Struktur Direktori LDAP pada Distro Linux yang harus diketahui

Tetapi sekali lagi, anda bisa menentukan sendiri  struktur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.