Cara Ampuh Root Xperia E3 Dual D2212 & E3 Single D2203 “FULL ROOT”

Cara Ampuh Root Xperia E3 Dual D2212 & E3 Single D2203 “FULL ROOT”

Root Xperia E3 Dual& Single – Hal yang wajib di lakukan bagi yang ingin Hp Androidnya di Custom adalah dengan di root, seperti yang diketahui bahwa root merupakan user yang bisa apa saja tanpa batasan. Jika anda pengguna Linux pasti mengerti dengan yang namanya root “ Super User” setiap Hp Android berbeda-beda juga cara Rootnya ada yang menggunakan PC dan Tidak menggunakan PC, biasanya yang menggunakan PC adalah Smartphone yang telah memiliki dukungan berupa tools yang bisa di lakukan lewat Komputer, sedangkan tanpa PC dengan bantuan CWM/TWRP dalam setiap melakukan Instalasi ROM.
Hal ini pun berlaku bagi Xperia E3 Dual D2212 & E3 Single D2203 yang memerlukam hak akses user Root agar leluasa melakukan perubahan System secara keseluruhan. Admin tidak bertanggung jawab jika terjadi hal yang tidak di inginkan setelah melakukan instalasi Root Xperia E3 Dual D2212 & E3 Single D2203 , backup ROM terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tak di inginkan Do With Your Own Risk (DWYOR). Berikut Cara Ampuhnya.

Tutorial Lengkap Root Xperia E3 Dual D2212 & E3 Single D2203

Persiapan

  1. Komputer/Laptop OS Win 7
  2. Cek Status Bootloader dengan cara Call  * # * # 7378423 # * # * kemudian buka Service info” -> Configuration -> Pastikan Rooting status Bootloader unlocked : Yes , Jika No atau belum lakukan Unlock Bootloader sebagai berikut : Cara Paling Ampuh Unlock Bootloader Xperia “SEMUA TIPE”

Bahan-Bahan Yang Diperlukan :

File CWM D2212 Download disini:

File CWM D2203 Download disini:

Flashtool Download disini:

SuperSU (Flashavel) Download disini:

Persiapan Instalasi Root Xperia E3 Dual D2212 & E3 Single D2203

  1. Download Flashtool pada link di atas kemudian instal Flashtool pada lokal disk(C).
  2. Buka Expolerer di PC  folder C:Flashtool
  3. Piilih folder “driver” kemudian jalankan file FlashTool-DRIVERS.EXE yang ada di dalam folder tersebut
  4. Selanjutnya Flashmode driver dan Fastboot driver setelah itu klik “Install“. (Gambar)
    Root Xperia E3 Dual D2212 & E3 Single D2203
  5. Jika semua sudah terinstal maka sekarang buka Flashtool kemudian pilih tombol “BLU” selanjutnya matikan Hp Xperia , sambil tekan dan tahan volume bawah sambungkan Hp Xperia ke PC menggunakan kabel USB secara sama-sama , akan terlihat lampu LED dengan warna hijau menyala, yang merupakan tanda bahwa bahwa berhasil masuk pada mode Flashmode.
  6. Jika tampil berupa jendela informasi yang meminta memilih jenis perangkat pilih “Sony Xperia E3“.
  7. Kemudian masuk ke mode fastboot. Cabut kabel USB lalu tekan dan tahan tombol volume atas kemudian masukkan kabel USB(sama seperti langkah di atas). Akan muncul LED berkedip atau menyala biru pada HP Xperia, yang merupakan tanda bahwa anda berhasil masuk pada mode fastboot.
  8. Setelah masuk dalam kondisi Mode Fastboot akan tampil berupa jendela yang meminta memasukann nomor IMEI pada kolom isian. Lalu pengguna masukan No IMEI yang telah di dapatkan dari tutorial Cara Paling Ampuh UnlockBootloader Xperia “SEMUA TIPE” lalu klik “Active”. Jika langkah ini dirasa sudah benar maka akan muncul tampilan “OK”.

Langkah-Langkah RootXperia E3 Dual D2212 & E3 Single D2203

  1. Download SuperSU.zip (flashavel) kemudian letakan pada SDcard.
  2. Pindahkan File CWM yang sudah di download pada link di atas “sesuai tipe perangkat” di C: FlashTool x10flasher_lib
  3. Kemudian Kembali ke flashtool pilih tombol yang bergambar icon petir kemudian pilih Fastboot Mode -> OK.
  4. Matikan Hp Xperia, tekan dan tahan volume atas bersamaan dengan mencolok Kabel USB ke komputer. Jika muncul LED yang berkedip atau nyala dengan warna biru, merupakan tanda bahwa sudah masuk mode fastboot selanjutnya tunggu sampai Flashtool mendeteksi perangkat anda.
  5. Lihat pada jendela berikutnya akan tampil “Select kernel to flash” pilih file yang ada di folder C:Flashtoolx10flasher_lib.  Namun ketika file ROM tidak terlihat ubahlah mode ektensi ke .img. kemudian pilih file ROM tersebut untuk di flashing.
    Root Xperia E3 Dual D2212 & E3 Single D2203
  6. Cabut Hp Xperia dari PC kemudian Hidupkan, pertama kali saat Hp Xperia di hidupkan akan tampil Lampu LED berwarna biru atau ungu lakukan dengan cara tahan tombol volume atas kemudian akan di alihkan pada menu CWM.
  7. Di menu CWM pilih “Install from sdcard” gunakan tombol volume untuk mengrarahkan dan tombol power untuk Yes.  Selanjutnya pilih “SDCARD1” pilih file dengan nama UPDATE-SuperSU- v2.37.zip yang sudah di masukan ke dalam SDCard tadi. Tunggu hingga instalasi selesai.
  8. Balik/Back ke menu utama pilih menu “Reboot system now“.
  9. Jika tampil “fix root” pilih yes saja
  10. Selesai

Fix Bugs

Hal yang mungkin terjadi setelah instalasi selesai untuk Xperia D2212 akan mengalami masalah pada Aplikasi Google Playstore. Cara perbaikinya adalah dengan kembali ke pengaturan Pabrikan, jangan khawatir Root tidak akan hilang.
  1. Hubungi * # * # 7378423 # * # *
  2. Buka “Customitation Settings
  3. Pilih restore. Hp Xperia anda akan Restart otomatis. Silahkan buka kembali PlayStore anda.
  4. Selesai
Shares