[SIMPEL] Cara Setting IP Di Ubuntu Lewat Terminal

Posted on

Cara Setting IP Di Ubuntu Lewat Terminal Dengan Mudah

Mendengar kata TCP/IP pasti sudah tahu kan? iya TCP/IP adalah suatu yang di lakukan tidak jauh dalam lingkungan Networking, seperti memberikan IP pada komputer, memeriksa koneksi jaringan dll. Dalam konsepnya Linux telah menyediakan perintah untuk melakukan hal tersebut tanpa tambahan aplikasi apapun, dengan terminal di linux semua bisa di lakukan. Berikut saya akan jelaskan penggunaan dalam lingkungan TCP/IP di Linux.

Perintah dasar Linux untuk penggunaan TCP/IP

Linux secara default menyertakan banyak sekumpulan aplikasi yang di gunakan untuk membangun jaringan komputer. Aplikasi Internet yang pertama kali ditemukan adalah FTP. Menyusul kemudian e-mail, dan telnet. E-mail menjadi aplikasi yang paling popular di masa ARPANET. Beberapa perintah yang di gunakan pada lingkungan jaringan TCP/IP bisa di lihat sebagai berikut:

ifconfig

Pada semua komputer Linux maupun lainnya umumnya akan diberikan alamat khusus yang disebut IP address. IP address ini bersifat unik dan sebagai identifikasi satu komputer dengan komputer lainnya pada jaringan TCP/IP. IP address dapat dianalogikan dengan No Ktp. Untuk dapat bisa melihat IP address komputer kita, bisa dengan menggunakan perintah sebagai berikut: ifconfig atau bisa juga dengan menggunakan perintah /sbin/ifconfig ketikan pada terminal Linux anda.

Perintah Linux ini biasanya dijalankan oleh root. tetapi user biasa juga masih bisa menggunakannya. setidaknya  kita akan melihat tampilan berikut ini agar lebih jelas hasil dari perintah yang kita ketikan pada terminal Linux :

Perintah dasar Linux untuk penggunaan TCP/IP

Anda coba lihat pada baris kedua inet addr:127.0.0.1 Mask:255.0.0.0 itu adalah alamat komputer kita bisa juga disebut localhost, ini adalah alamat default kita jika ingin merubah akan saya jelaskan pada artikel yang selanjutnya.

hostname

Selain komputer yang memiliki IP address, pada setiap komputer yang terhubung pada jaringan komputer, memiliki nama yang disebut host atau hostname. Untuk melihat namanya, bisa dengan ketikkan perintah sebagai berikut, maka hasilnya bisa di lihat di bawah ini :
hostname

Perintah dasar Linux untuk penggunaan TCP/IP

Pada gambar diatas saya menggunakan nama hostname livecd, ini tidak harus sama dengan yang di tampilkan sesuai dengan komputer anda masing-masing. sebagai contoh jaringan networking bisa di lihat pada gambar berikut ini.

Perintah dasar Linux untuk penggunaan TCP/IP

ping

Perintah ping dapat digunakan untuk memerika koneksi dengan komputer lain yang ada pada jaringan.
Misalkan saja, kita ingin menguji koneksi dengan komputer localhost . Ketikkan perintah berikut ini :
ping localhost atau ping 127.0.0.1

Perintah dasar Linux untuk penggunaan TCP/IP

Pada gambar di atas 64 bytes form localhost.localdomain (127.0.0.0.1)… berarti komputer anda telah terkoneksi pada localhost. dan jika muncul pesan 0% packet loss berarti komputer anda ada masalah dalam koneksi silahkan cek jaringan komputer anda.

Pada Linux hasil perintah ping akan muncul terus menerus sampai anda menghentikannya dengan menggunakan tombol [ctrl+c]. kalau melihat perintahnya sangat simple tapi ini di gunakan terus dan banyak manfaatnya bagi yang melakukan konfigurasi jaringan di Linux.

Sampai disini anda paham? jika paham saya akan melanjutkan dengan artikel berikutnya