Perintah Dasar Linux untuk melihat Aktifitas user

Kadang-kadang pemakai atau Administrator perlu mengetahui siapa saja yang Login dan ingin melihat aktifitas User, tapi bukan kepo lho…. hehehehe, tapi ini sebenarnya hal yang perlu di lakukan demi keamanan data pada jaringan komputer anda.
Pada linux sudah di sediakan perintah dasar linux untuk menampilkannya hanya dengan beberapa perintah kata saja sudah bisa melihat siapa saja melihat aktifitas user, Oke untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan lebih detail sebagai berikut.

Menampilkan login name

Pada saat login kadang pengguna lupa dan hanya sekedar ingin tahu menamplkan informasi login, ketikkan saja perintah:
whoami

Perintah lain yang hampir mirip dengan perintah diatas: 

who am i
Tampilannya bisa di lihat sebagai berikut :
Perintah Dasar Linux untuk melihat Aktifitas user
Terkadang hasil output dengan menggunakan perintah who am i. adalah seperti contoh berikut ini.
Perintah Dasar Linux untuk melihat Aktifitas user
Lihat contoh yang pertama, bisa di lihat bahwa user root melakukan login via network menggunakan komputer Windows dengan bantuan utilitas Puty. Kita bisa mengetahuinya dari melihat informasi Terminal dan asal-usul IP address yang di tampilkan.
Linux akan memberikan nama terminal yang dimulai dengan pts sebagai infoemasi bahwa kita sedang melakukan remote login (via network). Kita dapat melihat informasi IP address komputer yang digunakan untuk melakukan login, yaitu 192.168.231.1 ini adalah IP address komputer Windows yang digunakan.
Nah sedangkan pada contoh yang kedua,pad user root melakukan login langsung dari komputer Linux. Terminalnya dimulai dengan tty dan tidak ada informasi IP address. Begitulah Kira-kira, Lanjut ya….

Melihat user yang login

Kita dapat melakukan login sampai beberapa kali ke Linux dengan menggunakan login yang sama. Proses login dapat dilakukan via network atau menekan tombol [ctrl]+[F1] s/d [ctrl+F6], Tapi Jika Anda sedang berada di dekstop CentOS (Contoh ) maka Anda dapat membuka Terminal beberapa kali.

Kalau ingin melihat daftar user yang lagi login bisa dengan menggunakan perintah who, Untuk lihat hasilnya bisa di lihat berikut ini.

Perintah Dasar Linux untuk melihat Aktifitas user
Mudah kan ? Lanjut ya….

Melihat aktifitas user

Kita juga dapat melihat daftar user yang sedang login dan sekaligus melihat aktifitas user tersebut. Ketikkan
perintah: w

Perintah Dasar Linux untuk melihat Aktifitas user

Pada bagian baris yang paling atas bisa dilihat informasi sebagai berikut.

Perintah Dasar Linux untuk melihat Aktifitas user

Informasi pada kolom paling kiri menyatakan jam saat ini. Pada kolom kedua ada tulisan up yang menyatakan uptime, atau berapa lama (dalam menit) Linux sudah aktif. Kemudian informasi jumlah user yang sedang login, diikuti dengan load average yang dihitung dalam jangka waktu 30 detik, 1 menit, dan 5 menit.

Kemudian pada baris kedua ada informasi USER, TTY, FROM, LOGIN@, IDLE, JCPU, PCPU, dan WHAT.Informasi yang ditunjukkan oleh kolom USER, TTY, FROM, LOGIN@ (atau login at), dan WHAT, sudah cukup jelas. Sedangkan IDLE menunjukkan sudah berapa lama tidak ada aktifitas yang dilakukan oleh user

Selanjutnya JCPU time dan PCPU time. JCPU time adalah waktu yang digunakan oleh semua proses,
termasuk proses yang saat ini sedang berjalan di latar belakang.

Perintah Dasar Linux untuk melihat Aktifitas user

Sedangkan PCPU time adalah waktu yang digunakan oleh proses yang ditujukkan pada kolom WHAT.
w merupakan singkatan what.

Simple kan gak ribet ?
Jadi kapan beralih ke Linux?