Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop Android “100 % WORK”

Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop Android “100% WORK”

Bootloop – Siapa sih yang perangkat androidnya ingin terkena bootlop? Pastinya tidak kan. Botlop merupakan hal yang sangat menyebalkan, karena android anda akan mengalami gangguan sehingga tidak dapat digunakan. Perangkat android anda tidak bisa memasuki sistem dan akan berputar-putar di boot screen saja. Sebenarnya ada berbagai cara dalam mengatasi bootloop, namun caranya sedikit rumit dan susah. Sebab, tiap perangkat memiliki sistem operasi yang berbeda, atau mungkin data dalam android anda akan terhapus.

Nah, kali ini akan dibahas mengenai penyebab dan cara mengatasi bootloop pada perangkat android. Akan tetapi cara yang dibahas kali ini bukan cara yang spesifik namun cara secara umum.

Penyebab Bootloop

Bootloop pasti terjadi dengan adanya penyebab yang spesifik, dan tidak terjadi tiba-tiba. Kebanyakan bootloop terjadi karena melakukan kegiatan berbagai macam yang bersinggungan dengan sistem android. Berikut merupakan penyebab terjadinya bootloop:

Flashing Custom ROM

Sering melakukan flashing custom ROM baru akan mengakibatkan masalah berupa bootloop. Hal tersebut terjadi karena data lama atau dalvik-cavhe yang belum terhapus sehingga dipakai oleh sistem baru. Jika anda menginstal paket custom ROM yang telah rusak hal itu akan menyebabkan bootloop pada android anda.

Instal Mod

Setelah menginstal mod pada sistem android biasanya juga menjadi sumber masalah terjadinya bootloop. Instalan yang tidak kompatibel dengan ROM yang digunakan dan susunan mod yang tidak baik adalah penyebab utamanya.

Pengaturan Permission Yang Salah

Ketika anda salah mengatur permission dalam sebuah file sistem makan akan berujung pada bootloop. Hal tersebut terjadi karena android sangat membutuhkan permission sistem yang benar. Oleh sebab itu, sebaiknya anda harus lebih teliti dalam pemberian permission pada suatu file.

Restore System Backup

Hal-hal yang berkaitan dengan system android seperti melakukan restore file juga akan menimbulkan bootloop. Seperti halnya penyebab pertama, masalah restore system backup ditimbulkan juga oleh dalvik-cache yang belum terhapus sempurna.

Cara Mengatasi Bootloop

Berbagai penyebab yang mendasari terjadinya bootloop pada android telah diketahui. Hal tersebut bertujuan agar anda semakin memahami jika terjadi bootlop pada smartphone anda. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mengatasi bootloop yang terjadi.

Bersihkan Dalvik-cache

Ketika anda telah melakukan restore backup atau flashing custom ROM yang baru dan kemudian android anda mengalami bootloop, maka tindakan pertama ini dapat anda terapkan. Yaitu, dengan membersihkan dalvik-cache lama, tujuan dari tindakan tersebut untuk mengganti dalvik-cache yang baru.

Tindakan pertama yaitu dengan mematikan secara total smartphone android anda. Lepaskan baterai atau jika baterai tanam cukup anda matikan dan diamkan 2 sampai 3 menit. Kemudian nyalakan ulang perangkat android tersebut, dan masuk ke recovery (TWRP, CWM, dansejenisnya). Setiap perangkat memiliki cara masuk yang berbeda, seperti menekan tombol home, ada yang menekan tombol volume bagian bawah, dan lain-lain. Anda tinggal menyesuaikan dengan perangkat android yang anda miliki.
Untuk melakukan navigasi pada recovery, anda dapat menggunnkana tombol home, volume, dan power. Namun perlu di ingat kembali bahwa setiap perangkat memiliki fungsi yang berbeda.

Berikut andalah langkah-langkah setelah anda memasuki recovery:
1. Pertama yaitu pilih menu Advanced
2. Kemudian “Wipe dalvik-cache”
3. Lanjutkan membuka menu “Mounts & Storage”
4. Pilih “Wipe /cache”, Rebooot

Hapus Data

Jika anda telah mengikuti langkah-langkah tersebut. Namun android anda masih mengalami bootloop, cobalah untuk menghapus data yang terdapat didalamnya. Namun, ada baiknya anda harus melakukan backup data terlebih dahulu, agar data anda selamat. Berikut merupakan langkahnya:

1. Masukke Recoverykembali
2. Kemudian pilih menu “Backup & Restore”
3. Lanjut “backup”
4. Buka “Mounts & Storage”
5. Pilihbagian “Wipe /data”
6. Dan pilih lagi “Wipe /cache”
7. Reboot

Flash ROM Baru

Sudah menggunakan dua cara, namun masalah bootloop belum terpecahkan. Bisa jadi kemungkinan terbesar yang terjadi custom ROM yang telah di install tidak kompatibel dengan perangjat android anda atau rusak. Anda dapat mengatasinya dengan mengunduh dan install custom ROM baru. Berikut caranya:

1. Kembali masuk ke recovery
2. Instal zip
3. Cari, download, dan install custom ROM baru
4. Terakhir Reboot
Namun jika ada stock ROM bawaan dari perangkat, anda tidak perlu mendownload. Akan tetapi setiap perangkat berbeda, seperti Samsung bisa menggunakan KIES, Sony menggunakan aplikasi PC Companion, dan lainnya.

Koreksi Permission

Namun, jika masalah bootloop pada android anda terjadi karena kesalahan permission, anda dapat melakukan langkah berikut:

1. Pertama masukke Recovery
2. Pilih menu Advanced
3. Pilih“Fix permissions”
4. Terakhir Reboot
Nah, berikut tadi adalah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi bootloop yang dapat anda terapkan pada android anda. Namun, harus anda ingat tiap android memiliki pengaturan yang berbeda, sehingga tidak semua dapat anda terapkan. Semoga bermanfaat!

 

Shares