Pengertian Dan Cara Paling Mudah Instal Mail Server Di Linux Debian

Pengertian Dan Cara Paling Mudah Instal Mail Server Di Linux Debian

Aplikasi email mungkin merupakan fasilitas terbanyak setelah web yang digunakan di internet. Saat ini sudah banyak sekali baik individu maupun bisnis yang mengandalkan email elektronik (email) untuk mempermudah
kegiatan mereka dan sebagai salah satu alat komunikasi sehari-hari yang digunakan.Seiring dengan penggunaan email yang meningkat, penggunaan email sebagai sarana promosi ataupun untuk tujuan kejahatan semakin tinggi. Email yang identik ataupun tidak dikirimkan dalam jumlah besar ke berbagai tujuan dan biasanya berisikan informasi yang bisa dikatakan informasi sampah. Email seperti ini biasa disebut spam, junk email (surat sampah), atau unsolicited bulk email (UBE). Spam kini menjadi masalah yang cukup serius karena jumlah spam yang sangat luar biasa, dan tentu saja hal ini akan memberatkan sumber daya jaringan. Belum lagi dampak sosial ekonomi yang mungkin ditimbulkannya.

Pengertian Dan Cara Paling Mudah Instal Mail Server Di Linux Debian

Selain email spain, email yang mengandung virus juga merupakan masalah tersendiri. Klien yang tidak waspada mungkin saja membuka email yang mengandung virus dan kemudian menjadi sumber penyebaran virus di dalam jaringan lokal. Oleh karena itu, email yang mengandung virus perlu dicegah untuk dapat memasuki sistem email kita.

Terlepas dan permasalahan spam dan virus, sistem email sendiri merupakan salah satu aplikasi server yang bisa dikatakan sangat komplek. Sistem email biasanya melibatkan banyak sekali aplikasi ataupun program yang biasanya melaksanakan fungsi atau tugas tertentu dan sistem email. Fungsi-fungsi yang
menjadi hagian dari server email yaitu MTA, MSA, MDA, dan MUA. MTA, MSA dan MDA merupakan aplikasi server, sedangkan MUA merupakan aplikasi klien.

Berikut penjelasan dan fungsi sistem email

MTA atau Mail Transfer Agent merupakan pcrangkat lunak yang mengirimkan email dan satu host ke host lainnya dengan menggunakan arsitektur klien server. MTA menerima email yang berasal dan MTA lainya, MSA, ataupun MUA.
MDA atau Mail Delivery Agent merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengirimkan email ke kotak surat lokal.
MSA atau Mail Submission Agent merupakan perangkat lunak yang mengirimkan email dari satu Host ke host lainnya dengan menggunakan arsitektur klien server. MTA menerima email yang berasal dari MTA lainnya, MSA hanya menerima email dari MUA

MUA atau Mail User Agent merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola email klien. Aplikasi ini merupakan aplikasi klien yang dapat berhubungan dengan MTA, ataupun MSA untuk menerima ataupun mengirimkan email klien.

Dan fungsi tersebut, hanya MUA yang dijalankan oleh kilen. Fungsi lainya adalah fungsi yang dijalankan oleh server email. Di dalam artikel ini, kita akan membahas instal server email dengan menggunakan Postfix. Posifix merupakan salah satu aplikasi server email yang cukup handal.

Instalasi

Instalasi Postfix di Debian/Ubuntu cukup mudah, jalankan perintah berikut dan Postfix siap untuk digunakan

Pengertian Dan Cara Paling Mudah Instal Mail Server Di Linux Debian

Dalam instalasi ini, dipilih Postfix yang mendukung LDAP karena kita akan menggunakan LDAP yang telah kita miliki untuk menyimpan akun pengguna sistem email. Namun Anda tetap dapat menggunakan aplilkasi postfix-ldap. jika Anda tidak berniat menggi.uiakan LDAP.

Shares