[Paling Mudah] Cara Menulis Huruf Arab dan Berharakat di Android “Tanpa Root”

Cara Menulis Huruf Arab dan Berharakat di Android Tanpa Root

Cara Menulis Huruf Arab di Android – Cara ini bisa di terapkan di berbagai merk HP Android seperti Samsung, Sony, Xiaomi, Lenovo, Meizu dan lainnya. Mungkin sebagian dari anda pernah mendapatkan atau melihat beberapa kiriman chat atau komen dengan tulisan arab? Dengan melihat hal ini membuat anda tertarik ingin mempelajari membuat tulisan arab di HP Android baik itu sekedar menulis bahasa arab yang umum atau ingin menuliskan bahasa arab dari google translate ke bahasa Indonesia? Tenang… karena caraflashandroid.com dalam pembahasan kali ini akan memberikan cara yang paling mudah bagaimana Cara Menulis Huruf Arab dan Berharakat di Android.

Bagi anda yang belum pernah menemukan tulisan arab di Android pasti akaan heran bagaimana cara menulis bahasa arab di android tersebut yang memang umumnya berbahasa Indonesia. Apalagi untuk anda yang mengerti bahasa arab baik lisan atau tulisan bisa mengetikan langsung seperti jazakallah, syafakillah, syafahalah, afwan dan lainnya. Lalu, seperti apa cara settingnya? Berikut langkah-langkah mudahnya.

Cara Menulis/Membuat Tulisan Arab di HP Android

Yang perlu anda lakukan adalah memastikan bahwa hp Android anda memiliki  keyboard dengan fitur multi-bahasa, jika memang tidak ada bisa dengan memasang Google Keyboard yang bisa di download dari Play Store secara gratis. Anda tidak perlu melakukan oprek atau rooting untuk mengikuti cara Menulis Huruf Arab di Android dibawah ini.

  1. Pertama, silahkan anda Download dan Install Google Keyboard dari playstore
    Cara Menulis Huruf Arab dan Berharakat di Android
  2. Kemudian, aktifkan Google keyboard pada menu Bahasa & masukan
    Cara Menulis Huruf Arab dan Berharakat di Android
  3. Selanjutnya, karena biasanya ada beberapa aplikasi keyboard yang digunakan maka pilih atau ubah ke Google keyboard
    Cara Menulis Huruf Arab dan Berharakat di Android
  4. Nanti Arab Google Keyboard akan tampil setelah anda mengaktifkan Bahasa Arab
    Cara Menulis Huruf Arab dan Berharakat di Android
  5. Sekarang masuk pada menu Konfigurasi bahasa tambahan
    Cara Menulis Huruf Arab dan Berharakat di Android
  6. Silahkan anda pilih bahasa apa saja yang ingin anda gunakan, misalnya mengaktifkan bahasa Indonesia dan arab saja dan mematikan bahasa system, jika sudah tekan tombol kembali lalu pilih Selesai. Setelah itu coba anda gunakan bahasa arab dari Google keyboard di Aplikasi pesan.
    Cara Menulis Huruf Arab dan Berharakat di Android
  7. Untuk Mengganti keyboard atau bahasa silahkan anda tekan icon Globe atau tekan sepasi beberapa detik

  8. Kemudian untuk menambah harakat caranya tekan pada tombol titik ( . ) beberapa saat, lalu geser jari ke harakat yang diinginkan
    Cara Menulis Huruf Arab dan Berharakat di Android
  9. Selesai

Bagaimana, mudah kan? Hanya dengan beberapa langkah Cara Menulis Huruf Arab dan Berharakat di Android di atas sekarang anda sudah bisa mengetik, menulis dan membuat bahasa arab di berbagai aplikasi pesan,chating dan lainnya dengan sangat mudah.

Catatan :

Dalam pemberian harakat di Teks arab sebenarnya sama seperti di Microsoft Office Word, yakni setelah anda mengetikan huruf berikutnya ketik atau pilih harakatnya atau bisa juga dengan anda setelah selesai menulis semua teksnya kembalikan kursor di depan huruf yang ingin anda berikan harakat satu-persatu, untuk lebih mudahnya berikan saja harakat pada bagian tertentu. Semoga Bermanfaat 🙂

Baca Juga : 

Shares