[Tanpa Root] 3 Cara Ampuh Menambah Kapasitas Memori Internal di HP Android

3 Cara Ampuh Menambah Kapasitas Memori Internal di HP Android

Cara Menambah Kapasitas Memori Internal di Android Tanpa Root – Seperti halnya Hardisk, Flashdisk, Floppy dan lainnya jika di lihat dari fungsinya adalah sebagai media penyimpanan atau sebagai perangkat keras yang memang di sediakan di berbagai perangkat computer dan mobile untuk menampung file atau berkas. Untuk kapasitasnya sendiri Memori Internal berbeda-beda ada yang hanya sampai satuan MB dan ada pula hingga satuannya GB, tapi untuk saat ini sudah banyak yang menggunakan kapasitas memory hingga bergiga-giga.

Lalu, bagaimana caranya bagi pengguna Android yang memiliki kapasitas memory kecil agar bisa menggunakan kapasitas besar? Tentunya anda harus mengganti Memory tersebut ke kapasitas yang besar, tapi ini hanya berlaku untuk Eksternal saja sehingga mudah untuk melepasnya. Bagaimana dengan Memory Internal? Nah, disini caraflashandroid.com akan memberikan trik bagaimana Cara Menambah Kapasitas Memori Internal di HP Android?

Dalam hal ini kita memerlukan beberapa Aplikasi bantuan yang di dapat melalui Play Store di antaranya seperti software Mini Tool Partition, aplikasi Link2SD atau bisa juga dengan menggunakan perangkat tambahan seperti Flashdisk. Untuk caranya silahkan anda simak ulasan berikut ini.

1. Menambah Kapasitas Memori Internal dengan aplikasi Mini Tool Partition

Cara yang pertama kita akan menggunakan Aplikasi Mini Tool Pasrtition, namun dalam hal ini kita membutuhkan Laptop/PC.

  1. Silahkan anda Download kemudian Install Aplikasi Mini Tool Partition tersebut di PC/Laptop
  2. Setelah itu sambungkan SD Card atau Memori Internal ke Komputer, tunggu sampai PC terbaca baik di Komputer kemudian klik Micro SD dengan cara klik kanan lalu pilih delete (tahap ini akan menghilangkan semua data)
  3. Selanjutnya, buat partisi baru yakni untuk yang pertama file system FAT 32 yang nantinya akan menjadi Eksternal Memory (sesuaikan dengan kapasitas penyimpanannya), untuk namanya sesuai dengan keinginan lalu pilih type primary dan file system FAT 32 lalu OK
  4. Jika sudah, sekarang buat patisi yang kedua dengan file system EXT 4 yang nantinya akan menjadi memory tambahan internal.
  5. Pilih Unallocated kemudian create partition, untuk melanjutkan tekan Yes lanjutkan dengan memilih setting 1GB pada EXT 4 lalu silahkan anda buat nama label dan pilih type primary dan file system ext 4 kemudian OK.
  6. Tahap selanjutnya, membuat partisi yang ketiga yakni dengan file system swap memory, berguna meningkatkan kapasitas memori RAM, silahkan anda pilih di unallocated (Sisa Kapasitas Memori) sekarang create partition, apabila tampil notifikasi tekan Yes saja untuk melanjutkan, setelah itu buat nama label baru lalu pilih type primary dan juga file system Linux Swap kemudian OK.
  7. Terakhir, Tekan tombol Apply dan tunggu sampai proses tersebut selesai.

Jika cara di atas menurut anda ribet yang mana harus menggunakan perangkat tambahan berupa PC/Laptop dan menginginkan proses penambahan memori internal langsung dari HP Android maka bisa dengan melakukan cara berikutnya dibawah ini.

2. Cara Menambah Kapasitas Memori Internal Dengan Aplikasi Link2sd

  1. Pertama, silahkan anda Download dan install Link2SD dari Play Store
  2. Jika sudah, sekarang masukan SD Card ke HP Android lalu jalankan aplikasi Link2SD dan pilihlah ext 4.
  3. Restart/Reboot HP Android Anda
  4. Jalankan kembali Aplikasi Link2SD dan pastikan juga bahwa memori anda statusnya telah di Mounted, jika belum maka silahkan anda lakukan langkah pertama di atas, jika gagal coba dengan mengganti etx 4 menjadi ext 2 atau ext3.
  5. Jika anda berhasil maka nantinya memori anda kapasitasnya bertambah
  6. Selesai

Mungkin cara yang ke-2 di atas terlalu singkat dan kemungkinan ada yang belum berhasil, maka untuk anda yang ingin cara mudah lainnya dalam meningkatkan memori internal di HP Android dengan mudah bisa mengikuti cara lainnya dibawah ini.

3. Cara Menambah Kapasitas Memori Internal Dengan Flashdisk

Untuk cara yang ke-3 ini mungkin sedikit aneh yakni dengan menggunakan perangkat tambahan Flashdisk, mau tahu caranya? Silahkan anda ikuti dan simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Terlebih dahulu kita siapkan alat dan bahannya yakni USB flashdisk yang berguna untuk mengakses Android anda nantinya, kemudian hubungkan ke HP Android menggunakan OTG (On The Go)
  2. Pastikan Flashdisk terbaca di HP Android yakni biasanya akan tampil berupa notifikasi penyimpanan telah terhubung, atau dengan mengeceknya dengan cara : Buka menu Setting >> Storage disini anda akan melihat penyimpanan anda telah terpasang, jika tidak ada maka anda bisa menekan Mount.
  3. Setelah terpasang dengan baik, maka memori internal anda akan bertambah dan untuk mengaksesnya gunakan Aplikasi File Manager/File Management.
  4. Jika ingin melepaskannya dengan aman maka lakukan unmounting terlebih dahulu (bisa melalui Notifikasi atau dari menu Settings >> Storage)
  5. Selesai

Bagaimana, mudah kan? Anda bisa memilih salah satu dari ke-3 Cara Menambah Kapasitas Memori Internal di Android Tanpa Root di atas yang menurut anda paling mudah. Selamat Mencoba

Baca Juga :
Shares