[100% Mudah] Cara Membuat Peta di Google Maps dan Menentukan Lokasi Sendiri

Cara Membuat Peta di Google Maps dengan Mudah

Cara Membuat Peta Lokasi  Kamu tentu sering membuka layanan dari Google Maps. Apalagi jika kamu ingin mencari peta ataupun hanya sekedar ingin mencari tahu denah lokasi sebuah tempat. Namun apakah kamu juga ingin membuat peta sendiri di google maps? Untuk membuatnya, kamu dapat menggunakan fitur yang ada pada My Maps di Google Maps.

Jadi, dengan menggunakan My Maps, maka kamu dapat membuat peta dengan versi kamu sendiri misalnya menggambar garis, untuk mengatur letak lokasi & mengedit tampilan sebuah tempat yang sudah pernah kamu kunjungi sebelumnya. Bahkan hasil peta buatan kamu sendiri juga bisa disimpan untuk dokumen pribadi maupun bisa di bagikan pada orang banyak. Untuk itu, kamu bisa mengikuti beberapa langkah Cara Membuat Peta Lokasi dibawah ini.

Langkah Membuat Peta di Google Maps

Dibawah ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat peta melalui google maps:

  • Bukalah situs resmi dari google maps, kemudian masuk dengan akun Google Bila kamu belum mempunyai akun,segeralah membuat akun terlebih dahulu.
    Cara Membuat Peta Lokasi
  • Setelah Google Maps bisa terbuka, kamu bisa langsung klik dibagian ikon garis tiga yang ada disamping kotak pencarian.
  • Kemudian pilih saja my maps ataupun your maps.
    Cara Membuat Peta Lokasi
  • Jika kamu belum pernah membuat dengan lokasi apapun, tampilan halaman tersebut juga masih kosong. Kemudian kamu bisa lihat di bagian bawah halaman ini, lalu bisa klik CREATE MAPS.
    Cara Membuat Peta Lokasi
  • Kemudian akan tampil peta lokasi Indonesia. Pada tampilan tersebut, nantinya ada tampilan berupa kotak pencarian. Sehingga kamu bisa mencari lokasi tujuan kamu pada kotak tersebut. Jika pencarian kamu sudah selesai, kamu langsung pilih “add to maps”.
    Cara Membuat Peta Lokasi
    Cara Membuat Peta Lokasi
  • Selanjutnya kamu bisa pilih perintah berupa ‘add layer’ yang ada disebelah kiri dari kotak pencarian tadi. Isikan judul lokasi yang kamu mau, kemudian klik save.
    Cara Membuat Peta Lokasi
  • Jika langkah tersebut sudah selesai, kamu bisa langsung pilih tombol maker letaknya ada di bagian bawah kotak pencarian. Tujuannya untuk memberi tanda dimana lokasi kamu yang sesungguh Untuk mempermudah pencarian, kamu bisa menggunakan Zoom. Jadi, setelah lokasi tersebut kamu temukan, maka kamu bisa langsung mengklik lokasinya.
  • Kemudian kamu juga dapat menambah judul maupun deskripsi, bahkan gambar dan video sekalipun.
  • Jika langkah tersebut sudah kamu lakukan, silahkan klik tiga bulatan yang sejajar antara atas ke bawah kemudian pilihlah menu Open data table. Lalu klik pada tanda panah bawah kecil, kemudian pilihlah Insert colum after. Selanjutnya ketik kata “URL” di kotak formulir yang sudah disediakan disini, lalu klik saja tombol Save.
    Cara Membuat Peta Lokasi
  • Dengan begitu, akan tampil kolom baru. Kemudian klik dua kali di tab kolom URL. Kemudian isikan alamat situs web kamu. Bila kamu tidak memilikinya, kamu bisa skip. Dan lanjut pada langkah yang
    Cara Membuat Peta Lokasi
  • Yakni tutup jendela popUp.
  • Kemudian isikan judul & deskripsi di kotak formulir yang sudah di buat
  • Nah sekarang kamu tinggal klik Share, letaknya bersebelahan dengan Add layer.
    Cara Membuat Peta Lokasi
  • Pada Who has access, apabila statusnya masih Private, silakan pilih Change…
    Centang On – Public on the web, lalu pilih tombol Save.
    Cara Membuat Peta Lokasi
  • Terakhir klik tombol Save jika sudah selesai.
  • Selesai

Nah, sampai disini langkah langkahnya sudah selesai. Bila kamu mengikuti setiap langkahnya, maka peta buatan kamu akan berhasil dengan baik dan bisa muncul pada maps. Kemudian beberapa menit setelah itu kamu akan memperoleh pesan dari google melalui email, jika peta kamu sudah berhasil diciptakan & masuk pada index pencarian yang ada di Google Maps.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Google Maps

Apakah kamu tahu iklan Google yang ada di Televisi? Iklan tersebut telah memperlihatkan bagaimana kecanggihan Google karena bisa membantu mengatasi persoalan orangorang. Misalnya mencari hotel terdekat, Tanya rasi bintang, bahkan tanya lokasi tempat cuma dengan perintah suara saja. Google memang terus menambahkan fiturfitur terbaru dalam setiap aplikasi bawaanya. Salah satunya ialah fitur Google Maps.

Dengan hadirnya Google Maps, maka kamu tak perlu lagi takut tersesat ketika berada pada suatu tempat yang asing dan kamu belum pernah kunjungi sekalipun. Ketika hal ini terjadi pada kamu, langsung ketikkan saja posisi kamu dimana pada layar Google Map, kemudian kemana tujuankamu, dengan begitu Google Maps pasti akan membantu kamu mencapai tujuan tersebut. Bahkan secara otomatis ada suara yang akan menuntun kamu pada tempat tujuan tadi.

Dengan melihat kehebatan dari Google Maps tersebut rasanya sudah sangat canggih sekali. Namun tahukah kamu, jika pihak Google juga sudah menambah beberapa fitur terbaru dalam Google Mapsnya. Yakni berbagai fitur yang akan membuat kamu lebih mudah dalam mencari sebuah tempat ataupun lokasi tertentu melalui Google.

Fitur Google Maps ini akan membantu kamu dengan cara menyertakan foto serta ulasan tentang tempat tujuan kamu. Navigasi yang akan berjalan bersama dengan suara bahkan juga peta Offline.

Ada beberapa kelebihan yang ada pada google maps diantaranya:

Tampilan Aplikasinya google maps

Tampilan dari muka Google Maps memang tampak lebih simple bahkan tidak terlalu banyak menyediakan warna garis yang dipakai pada petanya. Jadi, penggunanya akan dipermudah dan juga lebih terarah terutama ketika memakai aplikasi ini dalam mencari lokasi tujuannya. Kamu juga bisa menggunakan fitur dari google maps dengan sangat mudah, karena kualitas Peta yang disuguhkan juga sangat bagus.

Jenis Kendaraan Yang Digunakan

Pada Google Maps tak perduli kamu memakai kendaraan bermotor ataupun roda empat bahkan dengan jalan kaki atau bersepeda sekalipun, maka Google akan menunjukan berbagai informasi lengkap untuk menuju tempat tujuan kamu.

Informasi tempat dan Waktu yang disajikan

Pada fitur Google Maps juga menyediakan berbagai informasi tentang tempattempat yang sangat menarik. Diantaranya hotel, restoran, berbagai tempat wisata & hiburan lainya di lokasi tujuan kamu nantinya. Google Maps juga dapat memprediksikan waktu dari seberapa jauh jarak anda sekarang pada tempat tujuan kamu nantinya.

Manfaatnya Untuk Para Pengguna

Jika kamu suka dengan aktivitas traveling, maka kamu sangat cocok jika menggunakan Google Maps dalam kegiatan travel kamu. Google Maps nantinya akan menunjukan berbagai tempat yang dapat kamu kunjungi atau yang sebelumnya tidak pernah kamu kunjungi sekalipun. Ketika menempuh perjalanan, Google Maps juga akan membantu dalam menunjukan tempat istirahat kamu yang terdekat, lokasi rumah sakit & sarana lain yang berada di sekitar lokasi kamu berada. Google Maps memang sangat Cocok dalam menemani setiap Perjalanan yang kamu lakukan.

Fitur Google Maps juga lebih mudah kamu gunakan. Karena tidak banyak komponen yang ada di dalamnya karena justru bisa menambah rumit pencarian tempat yang sedang kamu cari.

Itulah Cara Membuat Peta Lokasi, Semoga berhasil dan kamu bisa menggunakan aplikasi google maps dengan mudah.

Baca Juga :

Shares