3 Cara Flash Asus Zenfone 2 Via ADB dan Asus Flash Tool “100% Berhasil”

3 Cara Flash Asus Zenfone 2 Via ADB dan Asus Flash Tool

Cara Flash Asus Zenfone 2 – ponsel android Asus Zenfone 2 ZE550ML & ZE551ML yang kamu punya mungkin kerap mengalami bootloop. Keadaan ini merupakan keadaan gagalnya proses ketika menjalankan program maupun aplikasi lain pada ponsel. Bukan Cuma itu masalahnya, biasanya ada yang mengalami hang logo dan sering mengalami restat sendiri.

Ada juga infeksi malware, brick dan juga kerusakan system yang membuatnya mati total. Nah, dalam mengatasi hal ini, jalan yang harus dilakukan ialah dengan flashing. Proses ini merupakan proses dimana kamu harus mengganti ulang software pada ponsel tersebut. Untuk itu, kamu bisa melihat Cara Flash Asus Zenfone 2 berikut ini Via Adb & Via Asus Flashtool.

1. CARA FLASH ASUS ZENFONE 2 VIA ADB

  1. Langkah pertama, sediakan beberapa bahan yang diperlukan untuk flashing. Diantaranya Adb driver, Recovery Image, Asus USB driver, & Firmware/ Stock ROM ponsel Asus Zenfone 2.
  2. Selain itu, pastikan juga jika baterai ponsel kamu melebihi 50%.
  3. Selanjutnya install Adb Driver & Asus USB Driver melalui PC ataupun Laptop yang kamu gunakan.
  4. Lalu sambungkan ponsel Asus Zenfone 2 dengan PC menggunakan kabel data yang sudah disiapkan.
  5. Bukalah folder Adb, kemudian tekan tombol Shift yang ada pada keyboard lalu klik kanan. Selanjutnya pilihlah open command window_here.
    CARA FLASH ASUS ZENFONE 2 VIA ADB
  6. Selanjutnya akan muncul laman berupa Command Prompt. Sementara untuk bisa masuk pada fastboot/bootloader, maka ketikan saja adb reboot-bootloader & lanjut dengan mengetik fastboot flash recovery <namafirmware>.img.
  7. Bila proses recovery sudah selesai, maka langkah selanjutnya ialah masuk pada mode recovery, kemudian pilih saja pilihan Apply Update From_ADB.
  8. Lalu ketik adb sideload (namafirmware.zip) pada command prompt di PC kamu. Tunggu selama 25 menit, akan tetapi jika terjadi auto reboot, maka anda harus masuklagi  pada Recovery mode.
    CARA FLASH ASUS ZENFONE 2 VIA ADB
  9. Lalu pilih saja Wipe Data/Factory Reset. Tunggulah sampai prosesnya selesai.
  10. Selanjutnya pilih saja Wipe Cache Pertition.
  11. Bila sudah, pilih lagi Reboot System Now.
  12. Tunggulah sampai prosesnya selesai.

2. CARA FLASH ASUS ZENFONE 2 VIA FLASHTOOL (AFT ATAU ASUS FLASH TOOL)

  1. Langkah pertama sediakan bahan yang diperlukan untuk melakukan flashing diantaranya Firmware RAW berkas Asus Zenfone 2, Asus Flash Tool dan Android USB Driver.
  2. Kemudian install driver di PC kemudian restart PC yang digunakan.
  3. Lalu install ponsel android Asus Flash Tool, kemudian bukalah aplikasi lewat shortcut desktop maupun bisa juga lewat menu bila tersedia.
  4. Saat aplikasi sudah terbuka, maka dengan otomatis dapat mendeteksi tipe HP android anda, namun bila tidak terdeteksi, cabutlah dan sambung ulang dengan PC ataupun driver yang belum terinstall.
    CARA FLASH ASUS ZENFONE 2 VIA FLASHTOOL
  5. Selanjutnya sambungkan ponsel pada PC dengan mode download. Caranya ialah tekan & tahan Power+Volume Up bersamaan sampai masuk pada menu Fastboot.
  6. Selanjutnya pada Automatic > perangkat Asus Flash tool akan Otomatis mampu mendeteksi dari type Serial Number misalnya : DCATCY123456. Itu di tandakan dengan tampilnya Serial number & Logo biru yang mengisyaratkan ponsel telah terhubung & terdeteksi PC.
  7. Sementara untuk metode Manual > pilihlah tipe Asus Zenfone 2.
  8. Lalu Klik ‘Icon box‘ kemudian pilihlah Firmware RAW zenfone2. Namun pastikan jika file ROM atau FIRMWARE telah berextension .raw.
  9. Kemudian klik serial number dan pilihlah jenis ponsel yang mau di flash.
  10. Untuk memulai flash, langsung Klik Start.
  11. Lama process Flashing umumnya memerlukan waktu antara 5 sampai 10 menit, itu tergantung dengan kecepatan komputer maupun kondisi ponsel yang anda flash.

Jika kamu masih kurang jelas dengan langkah langkah diatas, bisa simak penjelasan lain tentang cara flash asus Zenfone 2 berikut ini.

3. CARA FLASH ASUS ZENFONE 2 LAINNYA

  1. Siapkan dulu baterai yang telah terisi daya paling tidak 50%
  2. Selanjutnya matikan dulu smartphone jika masih menyala
  3. Lalu Ekstrak IntelAndroidDrvSetup1.10.0 lalu install dengan USB Driver
  4. Selanjutnya Ekstrak ASUS Android dengan USB drivers dan install juga
  5. Sementara malware tidak perlu diekstrak kamu hanya perlu merubah dari UL-Z008-WW-4.21.40.311-user.zip menjadi user.zip.
  6. Lalu Ekstrak saja ADB Fastboot Tool.rar nya.
  7. Lalu pindahkan user.zip menjadi folder adb-fastboot-win
  8. Jika smartphone Anda off, langsung hidupkan lagi dengan cara menekan & tahan kedua tombolnya yakni Volume (+) & Power.
  9. Jika smartphone sudah terlihat logo Asusnya, maka lepaskan saja tombol Powernya dan tahanlah terus pada tombol Volume (+) bila smartphone tersebut masuk pada menu Recovery berikut ini:
  10. Sedangkan pada menu berlogo robot, kamu harus merubahnya menjadi Recovery Mode yang caranya dengan menekan Volume (-).
  11. Sesudah merubahnya menjadi Recovery Mode, maka tekanlah Power. Sehingga smartphone akan restart & tampil logo Asus. Jadi, Anda harus menunggu sampai tampil robot Android dengan pesannya Tidak ada perintah/ No command.
  12. Selanjutnya Anda harus tekan tombol Volume (+) & Power dengan cepat secara bersamaan sebentar saja.
  13. Sehingga bila sudah ditekan tombol tersebut secara cepat, maka ponsel langsung menampilkan menu system recovery.
  14. Selanjutnya tekanlah Volume (-) guna scrol pada Apply update from ADB selanjutnya tekan Power
  15. Namun anda harus menghubungkan terlebih dahulu USB pada port PC/ laptop yang akan digunakan
  16. Lalu Runs as aplikasi_Windows_Command klik START pada folder adb-fastboot-win
  17. Setelah itu hubungkan smartphone dengan USB
  18. Selanjutnya ketikan saja perintah pada CMD yang telah terbuka dengan adb devices lalu Enter
  19. Sesudah tool CMD tampak daemon started successfully, hal tersebut menandakan jika smartphone telah terkonek secara baik.
  20. Selanjutnya ketikan perintah lagi dalam tool CMD misalnya adb sideload user.zip lalu  Enter
  21. Selanjutnya Anda akan ditampilkan proses Sending yang berlangsung
  22. Tunggulah sampai proses Sending ataupun flash agar mencapai 100%
  23. Lalu lepas USB kabel yang telah tersambung dengan ponsel android dan hidupkan smartphone jika tidak restart dengan otomatis
  24. Selanjutnya tunggulah sampai proses smartphone booting tersebut selesai. Mungkin proses yang berlangsung cukup lama sekitar 15 menit.

Dengan flash ulang tersebut akan menjadi langkah akhir jika ternyata Anda tak menemukan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Karena terkadang cara yang dilakukan seperti mereset smartphone namun masih loading dan hanya menampilkan logo saja.

Hal ini menunjukan jika smartphone kamu dalam keadaan bermasalah pada bagian software nya. Flashing ulang yang tujuannya untuk menginstall rmware melalui smartphone ialah langkah yang serius dan harus kamu perhatikan. Tindakan tersebut akan menghapus semua data yang ada dalam smartphone sebelumnya. Jadi, pastikan terlebih dahulu backup semua data yang penting dalam smartphone anda. Itulah beberapa Cara Flash Asus Zenfone 2 yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Selamat mencoba.

Baca Juga :

Shares