Cara Cepat dan Mudah Screenshot di Laptop, PC Windows, dan Mac

Cara Cepat dan Mudah Screenshot di Laptop, PC Windows, dan Mac

Cara screenshot di laptop – jika kegiatan kita sehari hari menggunakan laptop, tentu tidak akan lepas dengan yang namanya screenshot. Namun ternyata cara screenshot di laptop tidak sama dengan cara screenshot pada ponsel android. Untuk itu, perlu anda ketahui cara screenshot di laptop maupun komputer, yang menggunakan system operasi Windows atau Mac.

Cara Screenshot di Laptop Windows

Untuk melakukan screenshot pada laptop ataupun PC yang menggunakan system operasi Windows memang cukup mudah dilakukan. Karena kebanyakan keyboard untuk Windows sudah menyediakan tombol khusus yang dapat digunakan dalam mengambil print screen. Dibawah ini langkah langkahnya:
– Cara pertama tekan tombol “PrtScn” jika anda ingin mengambil gambar pada seluruh layar. Sedangkan jika anda ingin mengambil gambar pada jendela yang terbuka saja, maka bisa tekan “Alt” dan “PrtScn” secara bersamaan.
– Selanjutnya bukalah program Paint, Microsoft Office, Photoshop, ataupun program lain jika ingin menempatkan gambar itu di dalamnya.
– Selanjutnya tekanlah tombol “Ctrl” plus “V” jika ingin menaruhnya pada program tersebut maka gambar tersebut akan tersimpan.

Cara Print Screen di Laptop Mac

Selanjutnya adalah cara screenshot pada laptop ataupun computer yang menggunakan sistem operasi Mac. Caranya hampir sama dengan cara sebelumnya. Yang membedakan hanya kombinasi tombol yang akan digunakan lebih banyak dibanding dengan cara screenshot di laptop beroperasi Windows. Untuk melakukannya, ikuti tutorialnya dibawah ini:
– Cara pertama yang harus dilakukan jika ingin mengambil screenshot pada keseluruhan layar, maka klik tombol pada keyboard “Command” + “Shift” + “3” bersamaan.
– Kemudian jika anda ingin mengambil screenshot di jendela ataupun area tertentu saja, maka klik tombol pada keyboard “Command” + “Shift” + “4” bersamaan.
Kedua cara diatas bisa menyimpan langsung hasil screenshot pada desktop. Sementara nama file nya misalnya “Screen shot 2018-7-11 at 08.25.00 AM.png”. Tetapi jika anda tidak mau menyimpan secara otomatis pada desktop, maka bisa melakukan langkah-langkah berikut:
– Klik tombol “Control” secara bersamaan dengan kombinasi tombol yang ada di atas.
– Kemudian buka program untuk menaruh hasil screenshot
– Lalu klik tombol “Command” plus “V” jika ingin menaruhnya.

Download Screen Capture Software

Anda juga bisa menggunakan cara screenshot dengan bantuan software khusus. Beberapa software dibawah ini bisa digunakan pada Windows maupun Mac sesuai dengan fitur masing-masing. Lalu apa saja aplikasi yang bisa anda pilih? Simak ulasannya dibawah ini.

Snipping Tool

Software Snipping Tool adalah program yang terdapat pada seluruh computer yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 7 lebih. Program ini bisa digunakan untuk screenshot berbagai area layar laptop anda. Hasilnya juga bisa anda edit kemudian menyimpannya menjadi gambar populer yang formatnya bisa anda tentukan sendiri.

Preview

Selanjutnya adalah aplikasi Preview yang merupakan aplikasi bawaan setiap computer sistem operasi Mac. Dengan ini, anda bisa melakukan screenshot pada seluruh layar, sebuah jendela, ataupun dari area tertentu. Selanjutnya bisa disimpan menjadi gambar berformat JPG, TIFF, PDF, atau lainnya.

FastStone Capture

Selanjutnya adalah software FastStone Capture yang mampu melakukan screenshot dengan lebih cepat dan mudah. Anda bisa melakukan screenshot pada area tertentu, kemudian multiple windows, bahkan multi-level menu. Hasilnya juga dapat diunggah langsung pada server FTP, lalu mengirimkannya melalui Email, maupun bisa memasukkan pada aplikasi lain.
Itulah beberapa cara screenshot di laptop yang bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba.

 

Shares