Mengenal Islam Lewat Linux Sabily

Bagi anda pecinta Linux yang muslim pasti sudah mengenal yang namanya Linux Sabily, seperti yang di paparkan pada web resminya sabily.org. banyak aplikasi yang di sediakan seputar tentang dunia islam, gak ada salahnya kan anda mencoba ?

Pada dasarnya Linux Sabily merupakan Turunan dari Ubuntu, banyak sekali dari turunan Ubuntu menjadi sebuah sistem operasi yang gak kalah canggihnya dari si ibunya. tetapi sayangnya di Indonesia pengguna Linux sedikit sekali 🙁 . Mungkin mereka lagi mempelajarinya atau takut dengan perintah-perintah Linux yang harus di tulis pada layar item seperti Dos di Windows.

Kalau menurut saya justru bagi yang mempelajari sistem Linux lah Nomor 1, bagi yang punya masalah dengan Virus di Linux gak mempan alias gak ngaruh apalagi zaman sekarang yang serba teknologi. tetapi sebenarnya juga anda gak perlu khawatir dengan di bayang-bayangi oleh yang namanya Sintaks Perintah Linux karena sekarang di linux rata-rata sudah GUI alias seperti di windows tinggal kilik klik klik selesai.

Berikut penjelasan yang saya ambil dari situs resminya sabily.org .

Apa sih Linux Sabily itu ?

Sabily adalah termasuk sistem operasi yang dasarnya adalah Linux dari pengembangan Turunan Ubuntu, tetapi lebih kepada aplikasi yang bersifatnya muslim, di dunia ini bukan hanya Windows sebuah sistem operasi, banyak kok Distro Linux juga banyak jenisnya kalau bingung mau pilih yang mana, disesuaikan dengan apa yang anda butuhkan, kenapa banyak Versinya? justru banyak itu Linux menyediakan sesuai dengan kebutuhan anda, Stabil gak ? Kita adu aja sama yang namanya Windows dari segi kestabilan atau yang lainnya tapi jangan buat untuk maen game aja taunya, kalau hanya untuk maen game mendingan jual tuh komputer beli Playstation atau Gamebot, masih ada gak ya gamebot zaman sekarang ? hehehe

Saya kan udah instal Windows, terus kenapa harus pilih Linux Sabily?

Pertanyaan yang bagus ? Jawbannya adalah Karena Sabily itu sifatnya Open Source alias bisa d kembangkan oleh anda dan bebas, aplikasinya juga udah disediain untuk kerjaan anda sehari-hari dan utamanya lebih kepada Islami. Dan kelebihan seperti Linux lainnya adalah Free License artinya anda gak usah takut untuk bajakan atau asli, ini 100% asli kalo bajakan mah banyak, pasti anda pakai bajakan ya yang gambar logonya jendela.

Pengembangan sistem operasi Sabily ?

Sebenarnya untuk membuat Linux sabily bukan dari awal tetapi mengambil sistem dari Ubuntu, kenapa Ubuntu ? karena ubuntu adalah sistem operasi Linux yang saat ini banyak di pakai oleh perusahaan, pendidikan maupun untuk penggunaan pribadi, kalau gitu saya pakai ubuntu saja ? iya silahkan, karena Linux Sabily di modifikasi dan menambahkan aplikasi untuk Tujuan Islami

Siapa sih yang mengembangkan Sabily ?

Perusahaan ya ? bukan, rata-rata Distro linux di kembangkan Oleh Komunitas yang memang Jiwanya adalah untuk memudahkan anda, memberikan yang gratis tanpa biaya dan tentunya adalah kestabilan Opertaing Sistem.

Apa aja kelebihan Sabily ?

Aplikasi yang paling utama di Linux sabily ini adalah : Zekr dan Mus-haf Othman (alat belajar Quran), Minbar dan Firefox-praytimes (Aplikasi waktu doa), Monajat (aplikasi yang memunculkan popup tentang doa pada setiap waktu yang telah ditentukan), Hijrah (kalender Islam) dan Nanny (alat kontrol orangtua ). Bahasa Arab juga didukung dengan baik. Dan tentu saja desain grafis juga disesuaikan Berikut adalah tampilannya .
Berita Teknologi Mengenal Islam Lewat Linux Sabily

Apa Software yang lain juga sudah ada di dalam Sabily?

OpenOffice (Aplikasi kantor seperti Microsoft Office), Firefox (web browser), Pidgin (instant messaging), F-spot (manajemen foto), Gimp (program manipulasi gambar alternative Photosop) dan perangkat lunak multimedia lainnya (video / audio). Semuanya tersedia dalam instalasi versi Kecil tetapi aplikasinya Full Gratiss dan kami sediakan.

Sabily tampilannya menarik dan user Friendly, gimana cara instal di komputer saya?

Pastinya anda harus download dulu file Isonya terus Burning ke DVD, terus untuk ubah di bios anda di set First bootnya ke DVD . disitu nanti akan terlihat menggunakan Live CD atau Bisa langsung instal. Kalau anda masih ragu silahkan pakai yang Live CD tanpa harus install ke Komputer anda, itu gak akan mempengaruhi dan merubah partisi Hrdisk anda, atau bisa juga menggunakan aplikasi Virtual Box atau VMware. Selamat Mencoba, Go Linux Indonesia.
Shares