Pengertian DNS Server Linux ?

Apa sih DNS Server Linux ?

Pernah gak anda mendengar DNS pasti pernah kan ? setidaknya pada saat mengatur IP di komputer anda, sebenarnya apasih gunanya DNS server kok kayaknya perusahaan besar memakainya ? Mau tau ? berikut penjelasannya :

Pengertian DNS Server pada operating system Linux

DNS Server bisa kita ibaratkan seperti daftar isi pada koneksi internet pada jaringan local Anda. Fungsi DNS itu sendiri adalah untuk menempatkan nama host pada alamat IP dan juga sebaliknya. DNS juga telah menyediakan layanan untuk aplikasi dan host guna untuk pencarian alamat IP dan nama host jika ingin menghubunginya. jadi gak perlu repot-repot mengingat angka karena bisa dengan menggunakan nama.

Dengan bentuknya yang sangat sederhana, DNS bisa disebut juga kumpulan dari nama host dan alamat IP. Database ini diperlukan oleh DNS agar bisa menjalankan fungsinya sebagai translate nama host ke alamat IP atau juga bisa sebaliknya juga suatu domain yang diwakilinya ataupun domain lain yang disimpan di dalam cache database DNS itu sendiri.

DNS juga perlu oleh banyak macam aplikasi yang telah terhubung ke internet, untuk mentranslate nama host yang dihubunginya dengan alamat IP yang dimiliki host tersebut. Saat aplikasi menghubungi www.caraflashandroid.com, nah sebenarnya aplikasi itu tidak akan langsung menghubungi www.caraflashandroid.com melainkan mencari tahu dahulu alamat IP yang dipakai oleh host itu sendiri. Itulah DNS sebagai penyedia layanan tersebut.

Saat Nomor IP sudah didapat, saat itu juga aplikasi tersebut akan langsung menghubungi alamat IP tersebut. Oleh karena itu, aplikasi DN5 merupakan salah saw
layanan yang sangat penting di internet, karena tanpanya internet tidak akan
semudah mengingat www.caraflashandroid.com.

Cara kerjanya DNS server Gimana?

DNS biasa juga disebut dengan sistem database terdistribusi. Terdistnibusi bisa dibilang server DNS yang hanya akan menyimpan data dari nama host atau komputer,domain yang diwakilinya saja. DNS tersebut tidak akan menyimpan data host atau komputer dan domain yang tidak diwakilinya. Tetapi server DNS yang saling terpisah , walaupun terkoneksi dan bertukar data dengan server DNS yang lain ketika server itu membutuhkan data tentang komputer atau host yang ada di bawah domain yang diwakilinya.

Mungkin itu penjelasannya nanti akan saya lanjutkan cara instal dan Konfigurasi DNS Server Linux