9 Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar “Cepat dan Mudah”

9 Cara Ampuh Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar

Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar – Kemarin tidak sempat melihat Email masuk karena ada sedikit kesibukan dan ketika keesokan harinya mimin coba buka Email masuk dan ada sebuah pertanyaan yang ternyata banyak pengguna Android bermasalah ketika memutar Video di Instagram.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ada banyak sekali media sosial yang menawarkan keunggulan serta fitur yang menarik untuk di gunakan apalagi yang lebih mengutamakan fitur Share Video atau Photo seperti Instagram. Karena orang-orang akan lebih suka melihat gambar di bandingkan membaca teks dan yang lebih menariknya lagi pengguna bisa dapat mengabadikan momen menarik baik itu berupa foto atau Video lalu membagikan kepada orang lain.

Apalagi Aplikasi media sosial ini selalu memberikan Update terbaru dari segi fitur yang mana memudahkan pengguna di antaranya seperti beberapa waktu lalu merilis fitur Live Broadcasting sehingga pengguna dapat melakukan perekaman secara Live. Meski Instagram adalah Aplikasi yang cukup popular bukan berarti tidak masalah ketika digunakan yang mana seperti pada judul di atas pengguna banyak yang mengeluh bahwasanya video di Instagram tidak bisa diputar.

Lalu, bagaimana Cara Mengatasi Video Instagram Yang Tidak Bisa Diputar? Tenang, sebenarnya ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah hal tesebut. Padahal caranya pun sangat mudah, akan tetapi untuk beberapa pengguna tidak mengetahui solusi tersebut.

Walaupun anda sudah menggunakan OS Android yang terbaru dan HP Android mahalan sekalipun tidak luput menghadapi masalah ini, meski hanya beberapa pengguna saja. Jadi, dalam hal ini caraflashandroid.com akan memberikan beberapa solusi yang cukup ampuh dalam mengatasi video Instagram tidak bisa diputar, berikut langkah mudahnya.

Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Dapat Diputar di HP Android

1. Cek Jaringan Internet Smartphone

Hal yang pertama dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan Cek jaringan, karena seperti yang kita tahu bahwa untuk durasi video di Instagram memang cukup singkat. Akan tetapi bukan berarti agar Video tersebut dapat di putar tidak membutuhkan koneksi Internet yang stabil. Maka sebelum anda menjalankan Aplikasi Instagram pastikan HP Android anda memiliki kuota internet dan cek koneksinya apakah stabil.

Selain itu cara termudah apabila anda memiliki koneksi WiFi di rumah atau di tempat kerjaan, silahkan gunakan koneksi internet dari WiFi tersebut jika berjalan lancar maka di pastikan masalah tersebut ada di Jaringan kartu SIM anda.

2. Aktifkan Preload WiFi Only

Untuk cara yang ke-2 ini masih ada kaitannya dengan cara yang pertama, yang mana sangat di sarankan menggunakan jaringan WiFi untuk memutar Video di Instagram. Agar lebih mudah anda bisa mengaktifkan preload WiFi only.

Cara ini di lakukan agar Video Instagram akan di putar secara otomatis pada saat Smartphone anda terhubung dengan Wifi. Dan jika menggunakan paket data akan di putar secara manual. Cara mengaktifkan fitur ini silahkan anda buka Profile > pilih icon yang bergambar titik tiga pada sudut atas > Videos > Kemudian pilih pengaturan data Usage, centang Preload On WiFi Only.

3. Bersihkan Cache Aplikasi Instagram

Karena semua Aplikasi di Android akan membuat file cache termasuk Instagram maka cara ini bisa menjadi solusi terbaik. Meski Cache berguna agar aktifitas pengguna ketika menggunakan Aplikasi ini lebih cepat, tidak menutup kemungkinan malah menjadi menghambat aktivitas seperti memutar video. Maka sangat di sarankan untuk selalu membersihkan cache secara berkala.

Cara membersihkan Cache pada Aplikasi Instagram adalah buka Menu Setting > Apps > Instagram > Clear data / Clear Cache. Cara mudah lainnya anda bisa menggunakan Aplikasi pembersih di antaranya seperti Ccleaner atau Clean Master.

4. Cek Versi Aplikasi Instagram

Dengan masih menggunakan versi lawas maka di pastikan kinerja Aplikasi tersebut menjadi bermasalah. Karena Versi lawas biasanya masih terdapat Bug/Masalah dan juga tidak Compatible dengan OS yang anda gunakan sekarang. Namun sayangnya banyak pengguna yang tidak sadar dengan akan hal ini.

Tidak sedikit pula pengguna tidak melakukan Update versi Aplikasi, sehingga menyebabkan Video tidak berjalan di Instagram. Maka cara ampuh lainnya adalah dengan mengupdate Aplikasi Instagram ke Versi terbaru.

5. Hapus dan Intall Kembali Aplikasi Instagram

Jika dengan melakukan cara di atas masih belum berhasil dalam mengatasi masalah yang terjadi, maka cara yang ke-5 ini bisa anda lakukan yakni dengan Menginstall kembali Aplikasi Instagram di Google Play Store. Hal ini kemungkinan masalah yang terjadi adalah karena Aplikasi tersebut mengalami crash dengan sistem operasi.

Jadi, cara terbaik adalah dengan menghapus Aplikasi Instagram tersebut kemudian menginstallnya kembali. Setelah itu coba dengan memutar kembali Video yang ada di Instagram.

6. Restart Smartphone

Jika dengan melakukan Install Ulang Aplikasi Instagram belum juga menemui titik terang. Maka kemungkinan OS belum mereload perubahan system setelah anda melakukan install ulang Aplikasi. Maka yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan Reboot/Restart HP. Selain itu Setelah HP di restart maka kinerja HP menjadi ringan kembali.

7. Ganti HP Baru

Mungkin cara yang ke-7 ini menjadi solusi terakhir jika tidak ingin ribet dengan melakukan berbagai solusi di atas atau sudah melakukan solusi di atas tapi tidak juga masalahnya teratasi. Maka saatnya siapkan budget untuk membeli Smartphone baru. Tentu hal ini masih ada hubungannya dengan Spesifikasi hp yang anda gunakan saat ini yakni tergolong rendah seperti RAM hanya 512, Processor Tipe Lama dan lainnya.

8. Factory Reset/Mengembalikan ke pengaturan Pabrik

Jika anda merasa bahwa HP yang anda miliki masih dalam kategori memiliki spesifikasi Medium dan seharusnya dapat menjalankan Aplikasi dengan stabil. Maka cara yang dapat anda lakukan dalam mengatasi tidak dapat memutar Video di Instaggram adalah dengan melakukan Factory reset/Hard reset atau Mengembalikan ke pengaturan pabrikan caranya adalah buka menu “Settings» Backup & Reset » Factory Data Reset”. Pilih “Reset Device” Hapus semua data.

Note: pastikan sebelum anda melakukan Reset sudah melakukan Backup data penting anda, karena dengan melakukan reset menyebabkan Data terhapus semua.

9. Install ulang ROM atau Flashing

Untuk cara yang terakhir ini tidak di rekomendasikan khususnya untuk anda yang sama sekali belum pernah atau tidak tahu melakukan Flashing/Install ulang OS. Tentunya cara ini berbeda dengan Factory reset yang mana ada banyak sekali resiko yang malah menyebabkan HP Anda  tidak berfungsi. Maka pastikan Firmware yang di gunakan sesuai dengan Merk, Type/Series, Model, No Model dan lainnya.

Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai bagaimana Cara Mengatasi Video Instagram Yang Tidak Bisa Diputar, semoga menjadi bermanfaat dan dapat mengatasi masalah yang anda alami saat ini. Terima Kasih

Baca Juga :

Shares