8 Cara Ampuh Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

8 Cara Ampuh Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Posted on

8 Cara Ampuh Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download – Bagi sebagian orang yang memiliki spesifikasi tinggi pada Smartphone dan Tablet tentunya menginginkan berbagai Aplikasi yang terpasang, pasalnya dengan melakukan Instalasi Aplikasi yang di butuhkan akan memaksimalkan serta memudahkan berbagai kegiatan baik keperluan bisnis atau sekedar hiburan. Karena seperti yang kita tahu bahwa perangkat Android memang di ciptakan bukan hanya untuk kebutuhan Komunikasi saja melainkan berbagai keperluan lainnya seperti Chating, Bermain Game, Mendengarkan Musik dan lainnya.

Namun, bukan berarti anda tidak akan mendapatkan masalah. Apalagi beberapa Aplikasi yang sudah terinstall Default (Aplikasi Bawaan) sering mengalami kendala sehingga tidak mendukung semua kegiatan sehari-hari sehingga anda harus mencari Aplikasi kemudian mendownloadnya dari Play Store. Bisa di bilang hampir semua pengguna Sudah mahir dalam hal Download dan Memasang Aplikasi pada perangkat Androidnya, karena memang untuk caranya sangat mudah sekali yakni anda hanya perlu Login kemudian mencari Aplikasi yang di butuhkan lalu Install. Tapi tidak sedikit pula pengguna mendapati masalah ketika sedang melakukan Proses Download seperti gagal Download atau sama sekali tidak bisa mendownload. Lalu, apa yang menjadi penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut?

Penyebab Tidak Bisa Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Tentu saja yang menjadi penyebab masalah Play Store tidak bisa Download banyak sekali, namun beberapa di antaranya yang paling umum adalah sebagai berikut :

  • Jaringan Internet Lelet. Dalam hal ini terkait dengan paket data Provider yang anda gunakan, yang mana anda juga menjalankan berbagai Service dengan memerlukan Koneksi Internet seperti GPS, BBM, Facebook, Instagram, WhatsApp serta aplikasi lainnya yang berjalan di Backround. Sehingga ketika anda mengakses Play Store dan melakukan Unduh Aplikasi tidak kebagian Bandwith dari koneksi internet tersebut.
  • Yang paling sering di alami pengguna dan terkadang mengabaikannya adalah adanya pesan “Penyimpanan pada perangkat tidak cukup” atau “Storage Device ON NOT Enough”. Dengan adanya pesan tersebut sebenarnya anda sudah tahu yang menjadi penyebab kenapa tidak bisa Download adalah memory penyimpanan anda tidak cukup. Umumnya hal ini di alami oleh berbagai Smartphone Android China seperti Mito, Evercoss, Advan dan lainnya yang hanya menyediakan kapasitas penyimpanan yang kecil.
  • Banyak file sampah yang menumpuk atau Chace pada perangkat anda tidak pernah di bersihkan. Cache adalah beberapa file sementara dan terbentuk secara otomatis pada setiap Aplikasi Android dengan tujuan agar mempercepar kinerja. Tetapi, File sementara tersebut bisa saja rusak sehingga dapat menghambat proses Aplikasi lainnya.

Dengan melihat berbagai ulasan di atas mengenai penyebab Play Store tidak bisa Download Aplikasi, maka sudah tentu anda pun ingin tahu mengenai bagaimana mengatasi masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan anda Simak berikut ini :

Cara Mengatasi Gagal Download Aplikasi Dari Google Play Store

  1. Pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengubah APN (Acess Point Name). Dengan hal ini anda bisa menggunakan APN alternatif sesuai dengan layanan yang di berikan Provider pada SIM yang anda gunakan sehingga koneksi Internet anda dapat lancar.
  2. Lalu cara yang kedua adalah dengan menjalankan Aplikasi Play Store lalu tap My Apps. Disini anda bisa melihat berbagai Aplikasi yang terpasang. Silahkan anda batalkan proses install dan proses update.
  3. Membersihkan Cache : Buka menu settings Aplication manager > All > Temukan Aplikasi Play Store kemudian tap pada “Clear Cache” dan juga “Clear Data”. Cara ini di lakukan untuk membersihkan file Cache dari aplikasi Google Play Store.
  4. Membatalkan Aplikasi Updates : Buka menu Settings > Aplication manager > All > Temukan Aplikasi Play Store kemudian pilih “Uninstall updates”. Cara ini di lakukan untuk mengembalikan Aplikasi Google Playstore seperti awal anda menggunakannya.
  5. Menggunakan/Mengaktifkan Download Manager : Buka menu Settings > Aplication manager > All > Temukan Aplikasi yang bernama Download Manager lalu tap “Enable”
  6. Jika semua cara di atas belum juga berhasil coba dengan mematikan perangkat Android anda lalu copot baterai, SDCard dan Juga SIM Card. Diamkan beberapa menit, kemudian anda hidupkan kembali. Cara ini bisa di bilang lumayan ampuh.
  7. Cara yang ampuh lainnya adalah dengan melakukan factory reset lalu coba kembali Download Aplikasi dari Play Store menggunakan SIM Card baru.
  8. Cara terakhir yang cukup Ekstrim jika semua cara di atas tidak bisa mengatasinya adalah dengan melakukan Flashing, namun pastikan semua data sudah anda Backup.

Di antaranya cara di atas yang paling umum menjadi penyebab masalah tidak bisa Download Aplikasi pada Play Store adalah karena layanan internet lemot atau paket data telah habis bahkan ada yang lupa mengaktifkan Saluran Data. Jadi sebelum anda melakukan langkah di atas pastikan terlebih dahulu koneksi internet lancar dengan melihat ponsel teman anda yang menggunakan SIM Card dari Provider yang sama. Semoga Bermanfaat 🙂

Baca Juga

Cara Mengganti Background Foto di Android
4 Cara Mudah Melacak Android Yang Hilang Tanpa Kartu SIM
Cara Root dan Pasang TWRP Sekaligus di Xiaomi Redmi Note 3 Pro
Cara Unlock Bootloader Redmi Note 3 Pro Tanpa SMS