[8 CARA AMPUH] Mengatasi Android Tidak Bisa Terkoneksi Ke Internet

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Terkoneksi Ke Internet

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Internetan – Tidak sedikit pengguna merasakan di perangkat Android yang dimiliknya tidak terhubung atau terkoneksi dengan Internet (Tidak bisa internetan). Hal ini bukan karena masalah tidak di aktifin paket datanya, melainkan secara tiba-tiba Ponsel Android yang sedang di gunakan untuk mengakses internet terputus. Hal ini terjadi meski sudah menggunakan koneksi Wi-Fi  atau melakukan berselancar di internet menggunakan Browser, Mengirim emaik, Chating atau menggunakan Aplikasi lainnya yang menggunakan koneksi Internet untuk menjalankannya. Dan umumnya hal ini terjadi pada pengguna yang sebelumnya mengganti SIM atau beberapa pengguna yang baru saja membelinya yang tidak paham segala pengaturannya.

Dengan masalah seperti ini yang anda hadapi pastinya akan membuat anda menjadi jengkel, apalagi anda termasuk pengguna yang selalu menggunakan Internet untuk mendukung semua pekerjaan anda atau berbagai aktivitas lainnya yang tidak kalah penting. Eitsss tenang, karena pada artikel ini akan di berikan solusi yang mungkin dapat membantu anda dalam mengatasi Android Tidak Bisa Internet

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Internetan atau Tidak Bisa Terkoneksi Ke Internet

1. Pengaturan Tanggal dan Waktu

Bisa di bilang ini merupakan masalah yang sepele, namun tidak sedikit orang yang sadar bahwa ini merupakan hal penting. Bahkan sesuai dengan pengalaman dimana banyak yang melaporkan masalah tidak bisa koneksi internet di karenakan waktu dan tanggal berlum di atur

2. Mengaktifkan Data Seluler.

Tentu saja agar anda bisa menggunakan layanan internet pastinya memerlukan Data Seluler (Paket Data) maka pastikan paket data di Hp Android sudah di aktifkan, bagaimana caranya? Yakni buka menu Setting –> Wireless and Network –> Mobile Network lalu berikan Ceklist pada Opsi Use Packet Data

3. Flight Mode (Mode Pesawat)

Cara ini cukup ampuh yakni dengan memancing sinyal jaringan internet yakni cukup dengan mematikan dan mengaktifkan mode penerbangan.

4. Clear Cache.

Ternyata banyak pula masalah Internet tidak terkoneksi karena Internal Memory di Ponsel Android anda memiliki kapasitas yang kecil atau penuh, dengan demikian tidak memungkinkan Aplikasi untuk berjalan di latar yang mana dalam meminta akses data dan di terima oleh perangkat Android lewat koneksi internet.

5. Setting APN.

Sekarang ini berbeda dengan Ponsel dahulu yang mana untuk mengatur APN harus secara manual. Sebenarnya di berbagai ponsel Android APN sudah tersetting secara otomatis, akan tetapi kemungkinan pengguna harus melakukan setting ulang APN secara manual dan menyesuaikan dengan Provider yang di gunakan. Untuk setting APN caranya sangat mudah yakni Tap pada Wireless and Network – Mobile Network – Access Point Name yang mana akan terlihat ada APN default dari provider yang telah anda gunakan, silahkan anda pilih satu persatu atau tap pada tombol menu untuk membuat baru.

6. Matikan HP atau Tablet Android anda

Jika kesemua cara di atas tidak bisa juga mengatasi masalah maka cara ini mungkin bisa berhasil yakni dengan Mematikan HP Android anda tersebut dan mencabut berbagai komponen yang terhubung seperti Baterai, SIM Card dan MMC kemudian biarkan sekitar 1 Menit kemudian pasang kembali lalu hidupkan.

7. Android terkoneksi ke wifi tetapi tidak bisa mengakses internet.

Mungkin beberapa pengguna pasti pernah mengalami hal semacam ini dimana Ponsel Android sudah terkoneksi dengan Wi-Fi tapi tetap tidak bisa terhubung dengan Internet. Maka ada cara yang paling mudah dalam mengatasi hal ini yakni dengan menggunakan Aplikasi WiFix di google playstore atau bisa juga mendownload dari Situs lainnya yakni dengan menginstal file Apk di lalu tap tombol fix manually.

8. Mengganti Kartu SIM

Banyak juga pengguna Android yang tidak bisa terhubung dengan Internet adalah karena SIM yang di gunakan sedang mengalami Gangguan, maka caranya bisa dengan mengganti SIM dengan Provider lain atau bisa meminjam dahulu dengan teman yang menggunakan SIM dengan Provider yang berbeda.

Sebenarnya bukan hanya berbagai masalah yang telah di sebutkan di atas mengenai Ponsel Android anda tidak bisa terkoneksi internet, karena memang daerah dimana anda berdiri juga mempengaruhi sinyal HP Android yang mengakibatkan koneksi Internet terputus bahkan tidak bisa terhubung dengan Internet.

Baca Juga : 

Shares