6 Cara Paling Ampuh Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi “MUDAH”

Cara Paling Ampuh Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi Dengan Mudah

caraflashandroid.com – dalam hal ini akan memberikan solusi terbaik yang mungkin banyak di alami oleh pengguna Samsung atau memberikan Tips bagaimana Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi atau selalu gagal pada saat pengguna membuka keamanan menggunakan fitur fingerprint.

Seperti yang kita tahu bahwa demi meningkatkan keamanan privasi pada Smartphone khususnya Android saat ini hampir semuanya sudah menggunakan Fitur Sidik jari atau Fingerprint yang mana lebih baik di bandingkan dengan menggunakan mode keamanan berupa Password atau Pola kunci. Jadi, ketika pengguna lain ingin menggunakan HP Android anda akan selalu meminta Izin terlebih dahulu.

Bukan hanya pada Smartphone kelas menengah ke atas saja yang menawarkan keamanan Fingerprint ini bahkan di beberapa Smartphone kelas menengah ke bawah seperti Samsung sekarang ini sudah tersedia fitur keamanan canggih ini. Beberapa di antaranya seperti seri galaxy J5 prime, galaxy J7 prime, galaxy A3 2017, galaxy A5 2017 dan lainnya. Akan tetapi seperti yang telah di katakan di atas, yang mana beberapa pengguna terkadang sulit atau error ketika akan menggunakan fitur Fingerprint tersebut. Salah satunya yang terjadi adalah dengan berupa munculnya pesan error “An error has ocuured withe the fingerprint sensor”. Nah, dengan demikian yang paling terpenting adalah bagaimana Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi tersebut?

Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Galaxy Error

Sebenarnya untuk bisa menggunakan fitur fingerprint sebagai keamanan ketika akan membuka ponsel yang terkunci adalah dengan terlebih dahulu mendaftarkan sidik jari yang akan kita gunakan dan tersimpan di Smartphone. Keunggulan dari Fingerprint ini pengguna bukan hanya dapat menggunakan satu sidik jari saja sehingga bisa menambahkan sidik jari lainnya jika memang di perlukan. Untuk mengaktifkan fingerprint di HP Samsung Galaxy bisa di lakukan lewat pengaturan kunci. Jika anda salah satu pengguna Samsung yang selalu gagal ketika menggunakan Fingerprint, berikut ini cara memperbaiki fingerprint tidak berfungsi pada samsung galaxy.

1. Restart Smartphone

Cara yang paling termudah di lakukan adalah dengan melakukan restart atau reboot di HP tersebut, atau bisa juga dengan melepaskan baterai, microSD dan juga SIM lalu diamkan beberapa menit agar semua energy yang tersimpan di Smartphone hilang. Jika sudah, silahkan anda nyalakan kembali.

2. Bersihkan Cache Aplikasi Fingerprint

Ketika pengguna mendaftarkan sidik jarinya maka akan tersimpan pada Aplikasi Fingerprint. Seperti halnya dengan Aplikasi lainnya dimana di Aplikasi Fingerprint ini akan menyimpan Cache, agar ketika pengguna mengakses dapat mempercepat pemindaian saat sidik jari di tempelkan pada sensor. Namun, cache ini bisa juga menjadi penyebab fingerprint Samsung menjadi tidak berfungsi/error. Untuk memperbaikinya sangat mudah yakni silahkan menuju ke menu “Settings » Application Manager » All”. Selanjutnya pilih Fingerprints dan tap tombol “Clear Cache”.

3. Menghapus Data Fingerprint

Untuk cara yang ketiga ini tentunya berbeda dengan beberapa Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi di atas yakni kita akan menghapus data sidik jari yang telah tersimpan atau terdaftar pada Aplikasi Fingerprint. Namun setelah terhapus pengguna memerlukan pendaftaran ulang sidik jari dalam membuka Smartphone yang terkunci. Caranya adalah masuk ke menu “Settings » Application Manager » All”. Selanjutnya pilih Fingerprints dan tap tombol “Clear Data”.

4. Menghapus Data Fingerprint Setelah di Root

Ketika anda baru saja melakukan Root pada HP Samsung tapi kemudian yang terjadi malah fitur fingerprint tidak berfungsi maka solusinya adalah dengan melakukan penghapusan data menggunakan Aplikasi bernama Titanuim Backup. Cara menggunakannya adalah Install Aplikasi tersebut kemudian jalankan lalu masuk ke ke tab “Backup/Restore » Fingerprints”. Jika sudah ditemukan, pilih “Wipe Data” dan tekan “OK”.

5. Lakukan Factory Reset

Jika kesemua cara di atas masih juga belum bisa mengatasi Error pada HP Samsung yang anda miliki maka cara yang ke-5 ini bisa anda lakukan yakni dengan melakukan factory data reset. Yang perlu anda ingat sebelum melakukan cara ini adalah dengan melakukan Backup, hal ini di lakukan selain mengamankan data adalah memudahkan anda ketika nantinya menyeting ulang. Caranya buka menu “Settings» Backup & Reset » Factory Data Reset”. Pilih “Reset Device” Hapus semua data.

6. Install ulang ROM atau Flashing

Mungkin untuk cara yang ke-6 ini tidak di rekomendasikan khususnya untuk anda yang belum pernah sama sekali melakukan Flashing. Ini merupakan jalan terakhir yang bisa anda lakukan apabila kesemua cara di atas tidak dapat mengatasi masalah Fingerprint tidak berfungsi di HP Samsung. Caranya adalah anda bisa menggunakan Tools bernama ODIN dan silahkan anda Download Firmarenya sesuai dengan Tipe/Series HP Samsung anda.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi, Silahkan anda gunakan cara di atas secara berurutan, misalnya jika cara yang pertama belum berhasil bisa menggunakan cara yang ke-2 dan seterusnya. Semoga Berhasil

Baca Juga :

Shares