[6 CARA AMPUH] Menonaktifkan BBM Sementara di Android

6 Cara Menonaktifkan BBM Sementara di Android

Cara Menonaktifkan BBM – BBM memang sengaja di rancang untuk memudahkan pengguna yang kesehariannya di sibukan dengan berbagai aktivitas Mobile. Bisa di bilang BBM merupakan pelopor sekaligus paling banyak penggunanya dari beberapa Layanan yang serupa dengan menawarkan Fitur pesan Real Time. Tentu anda sudah tahu bagaimana Blackberry merupakan Aplikasi Fenomenal semenjak pertama kali hadir hanya di Perangkat Blackberry dan sekarang semua Platform Mobile sudah mendukungnya seperti Android, iOS, dan Windows Phone.

Namun, dengan seiring perkembangan berdasarkan kebutuhan pengguna Smartphone dalam hal komunikasi hingga kini anda dapat menemukan berbagai Aplikasi yang serupa seperti WhatsApp, Line, Instagram, Telegram dan lainnya. Dengan menawarkan berbagai keunggulan dari kompetitornya tersebut membuat BBM peminatnya semakin berkurang apalagi fitur yang di bawanya tidak ada pada BBM.

Kebanyakan pengguna Smartphone yang selesai melakukan berbagai Aktifitas pekerjaan di siang hari dan ingin beristirahat terkadang merasa terganggu dengan banyaknya Notifikasi pesan dari BBM, apalagi pesan broadcast dari berbagai penawaran toko online. Maka dengan demikian solusinya yang terbaik adalah menonaktifkan layanan BBM anda tersebut sementara. Di bawah ini akan di jelaskan mengenai berbagai Cara Menonaktifkan BBM di Android agar anda tidak terganggu kapan saja.

1. Cara Menonaktifkan BBM di Android dengan Aplikasi

Cara Menonaktifkan BBM Sementara di Android 1

Cara yang pertama yang paling mudah Menonaktifkan BBM di Android menggunakan Aplikasi. Yang menarik dari Aplikasi ini anda tidak perlu repot harus mematikan berbagai layanan seperti Koneksi Internet, Wifi atau Data Internet. Sehingga dengan demikian anda tetap terhubung dan dapat menggunakan berbagai Aplikasi lainnya seperti Instagram, Path, dan Facebook walaupun BBM anda telah di Non Aktifkan.

Seperti fitur yang di tawarkannya dimana ketika anda menginstall Aplikasi ini maka anda tidak akan menerima berbagai pesan/notifikasi BBM dan Broadcast. Selain itu orang lain yang mengirim pesan ke BBM anda maka statusnya Pending berupa tanda Simbol Ceklist saja.

Yang menjadi kekurangan dari Aplikasi ini adalah mewajibkan anda untuk melakukan Root terlebih dahulu di Ponsel Android anda. karena memang Aplikasi ini akan berjalan baik pada Android yang sudah dalam keadaan Root. Jika anda sudah melakukan Root bisa mengikuti tutorial bagaimana menggunakan Aplikasi ini :

  1. Download aplikasi Disable Service dari Google Play Store
  2. Kemudian Jika aplikasi sudah terpasang, Jalankan aplikasinya
  3. Pilih BBM pada daftar di dalam Aplikasi Disable Service
  4. Lalu Tap menu “BBMAccountService” agar ter-ceklist dan tulisan tersebut berubah menjadi merah.
  5. Selesai

Dengan mengikuti Tutorial di atas maka BBM anda manjadi Non-Aktif sementara tanpa harus mematikan data cellular. Seperti pada judul di atas yang mana cara ini merupakan salah satu yang paling ampuh agar anda tidak terganggu dari berbagai pesan yang di kirim orang lain.

2. Membuat Status Di DP BBM

Cara Menonaktifkan BBM Sementara di Android 1

Bagi anda yang ingin tidak memerlukan Cara Menonaktifkan BBM Menggunakan Aplikasi di Android di atas, namun anda tetap ingin tidak terganggu dari pesan chat di BBM sementara maka cara yang ampuh lainnya adalah membuat status pada Profil BBM anda dengan status “Busy”  atau “Unavailable”, anda pun dapat menambahkan personal Message pada Profil BBM jika dirasa perlu.

Dimana sebagai contoh menuliskan keterangan “I am the way, the Chat again later” atau dalam bahasa indonesia “saya dalam perjalanan, Chat kembali nanti”. Dengan demikian orang lain yang membaca status BBM anda akan mengerti dan tidak akan menghubungi anda kecuali sedang dalam keadaan penting.

3. Menghilangkan Ikon Connected

Cara yang ketiga ini merupakan yang paling simpel untuk menonaktifkan BBM, dimana anda pun tidak memerlukan Aplikasi. Seperti yang kita tahu bahwa BBM For iOS dan Android mempunyai ikon connected yang berfungsi untuk memastikan bahwasanya BBM aktif dan tersambung dengan koneksi internet.

Jadi, jika ikon ini di hilangkan maka dengan secara otomatis BBM anda menjadi tidak Aktif. Sehingga orang lain yang mengirim pesan ke Kontak BBM status yang terbaca chat-nya pending. Lalu, bagaimana caranya menghilangkan ikon connected tersebut? Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Pertama, silahkan anda masuk ke aplikasi BBM di hp Android anda
  2. Lanjutkan dengan buka “Menu” dengan gambar ikon tiga baris yang berada di sebelah tulisan BBM Chats
  3. Kemudian pilih “Settings
  4. Di menu “Notifications” anda pilih “BBM Connected icon
  5. Tap pada yang bertanda ceklis yang posisinya berada di sebelahnya untuk menghilangkan ikon connected silahkan anda keluar dari Aplikasi BBM
  6. Selesai

Maka dengan mengikuti cara di atas BBM anda akan Non-Aktif sementara dan semua pesan yang masuk akan menjadi statusnya Pending. Jika anda ingin mengaktifkan BBM kembali, Caranya seperti langkah di atas dengan menekan tanda bertanda ceklis.

4. Cara Menonaktifkan BBM dengan Clear Data

Cara yang satu ini memang sedikit agak Minstream dimana anda melakukan Nonaktifkan BBM sekalian merestart ulang BBM dimana semua chat anda menjadi hilang tapi kontak tidak Hilang (Tidak disarankan untuk anda yang memiliki pesan Chat penting). Untuk cara Menonaktifkan BBM dengan Clear Data bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini :

  1. Silahkan anda buka Menu “Settings” dari Ponsel Android anda
  2. Kemudian Pilih menu “More
  3. Lalu selanjutnya pilih menu “Application Manager” yang berada di System Manager
  4. Lalu, pilih aplikasi BBM
  5. Tekan menu “Clear Data
  6. Selesai

Dengan mengikuti cara di atas, maka BBM anda akan menjadi tidak aktif sementara waktu sesuai dengan yang anda inginkan. Namun ketika anda ingin mengaktifkannya kembali pengguna harus memasukan email dan password BlackBerry ID. Dengan demikian anda akan di hadapkan berupa tampilan seperti pertama anda menggunakan BBM. Eitssss gak perlu khawatir karena semua kontak yang ada di BBM anda masih ada, jadi tidak perlu melakukan Invite ulang.

5. Cara Menonaktifkan BBM Dengan Mematikan Koneksi Internet

Cara Menonaktifkan BBM Sementara di Android

Dengan anda mencari solusi mengenai Cara Menonaktifkan BBM Sementara, tentu anda membutuhkan ketenangan dan istirahat anda tidak terganggu bukan? maka cara yang paling ampuh Ke-5 ini mungkin bisa menjadi solusi yang tepat jika tidak ingin menggunakan cara yang sudah di jelaskan di atas yakni dengan mematikan semua layanan Internet pada Smartphone anda baik dari paket data cellular atau Wifi.

Namun yang harus anda tahu bahwa dengan melakukan cara ini anda hanya bukan Menonaktifkan BBM saja melainkan semua Aplikasi yang membutukan koneksi internet. Anda akan mendapatkan Notifikasi kembali setelah anda mengaktifkan kembali Layanan Internet anda di Hp Android.

6. Uninstall Aplikasi BBM

Mungkin cara ini adalah jalan terakhir jika anda ingin melepas semua aktivitas BBM yakni dengan melakukan Uninstall Aplikasi. Caranya pun sangat mudah seperti halnya melakukan Non-Aktif BBM dengan menghapus data, namun dalam hal ini anda tidak memilih “Clear Data” melainkan memilih tombol sebelahnya “Uninstall”

Dengan melakukan cara ini dengan menghapus Aplikasi BBM, maka anda pun dapat menghemat penggunaan Internal Memory pada ponsel Android anda sehingga membuat kinerjanya semakin baik. Jika anda ingin mengaktifkan kembali BBM caranya adalah dengan Menginstallnya lalu Login menggunakan akun BlackBerry ID yang di pakai sebelumnya.

Bagaimana, semua keputusan di tangan anda baik dengan menggunakan cara yang lebih mudah atau lebih simpel sesuai dengan penjelasan dari ke-6 Cara Menonaktifkan BBM Sementara di Android di atas. Semoga Bermanfaat 🙂

Baca Juga : 

Shares