[4 PILIHAN] Cara Install Playstore di Xiaomi ROM CHINA “100% Work”

Cara Install Playstore di Xiaomi ROM CHINA “100% Work”

Cara Install Playstore Di Xiaomi Rom China – Sebagai pengguna Xiaomi yang menggunakan ROM China atau yang setelah melakukan Flashing dengan ROM China pastinya akan sangat terkejut karena Play Store tidak ada alias hilang bahkan bebeaap Service pendukung lainnya seperti Google APPs juga tidak ada.

Karena biasanya pada HP Android khususnya Branded seperti Samsung, Sony, Oppo dan lainnya secara default ketika Flashing atau Reset maka Play Store tidak hilang. Hal ini disebabkan karena ROM yang di gunakan tersebut adalah dari china yang mana di Negara Tiongkok tersebut memang tidak menggunakan layanan seperti Playstore, Email atau beberapa layanan lainnya dari Google.

Hal ini pun sesuai dengan pengalaman mimin yang pada saat itu meminjam HP Xiaomi teman yang Play Storenya tidak bisa di buka, dengan berdalih mungkin karena Error saja dan di reset pasti bisa maka Mimin saat itu langsung melakukan Reset dan ternyata malah Play Store tidak ada dan harus mendownload Apknya, tetapi sulitnya adalah bahasa Defaultnya adalah China bahkan setelah berhasil Download APK nya pun tidak bisa di jalankan. Setelah lama mencari masalahnya akhirnya ketemu yakni ada beberapa Google Service yang di perlukan agar Play Store tersebut bisa di gunakan seperti biasanya, beberapa service tersebut seperti Service Framework, Google Play Service dll.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan simple untuk mengatasi Cara Install Play Store di ROM China seperti Xiaomi atau Play Store Xiaomi Tidak Bisa Dibuka. Beberapa cara tersebut dapat anda simak dan ikuti selengkapnya dibawah ini :

1. Cara Install Playstore di Xiaomi Menggunakan GAPPS + Google Installer

Support :

  • Xiaomi Redmi, Redmi Note, Series MI, Mi Note DLL
  • Android Versi Kit Kat
  • Android Versi Lollipop
  • Android Versi Marshmallow
  • 7 Google Apps

Persiapan :

Sebelum anda melanjutkan tutorial untuk memasang Play Store di HP Xiaomi yang perlu anda lakukan adalah mengaktifkan Unknown Source atau Izin Instalasi Caranya adalah buka menu Setting > Additional settings >Privacy > Aktfikan Unkown Service

Bahan yang diperlukan :

Langkah instalasi :

  1. Pertama, silahkan anda install semua bahan di atas kemudian jalankan Google_installer
  2. Kemudian, pada menu utama tap pada lingkaran warna biru “Instal”. Maka akan secara otomatis menginstal
    Cara Install Playstore di Xiaomi Menggunakan GAPPS
  3. Yang perlu anda perhatikan dalam hal ini jangan sampai anda meng-Cancel satu pun proses instalasi yang sedang berjalan karena Service yang akan di Install tersebut penting.
  4. Tekan Instal dan OK terus. Dan jika sudah di akhir instalasi lanjutkan dengan Tap di lingkaran merah dan login dengan akun Google yang anda miliki.
    Cara Install Playstore di Xiaomi Menggunakan GAPPS
  5. Selesai. Sekarang cek di home screen “ selamat sekarang Play Store sudah berhasil anda Install!!”

2. Install Google Play Store di Xiaomi Menggunakan File APK

Berbeda dengan cara yang pertama yang mana untuk cara yang kedua ini bisa dengan langsung menginstall melalui File APK tentunya file Google Play Store APK ini sudah di modifikasi. Anda bisa mendapatkanya di forum XDA-developers.

Yang perlu anda ketahui adalah File APK tersebut memiliki banyak Versi dan anda juga bisa mendapatkan versi terbarunya. Namun jika versi terbaru tidak support dengan perangkat anda maka bisa dengan menggunakan versi lainnya. Untuk cara instalasinya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Aktifkan terlebih dahulu Unknown Source atau Izin Instalasi Caranya adalah buka menu Setting > Additional settings >Privacy > Aktfikan Unkown Service
  2. Download file APK aplikasi Google Play Store dari thread di forum XDA-Developers.
  3. Jika sudah, temukan file APK yang tersimpan tersebut di Memory Penyimpanan kemudian tap dan install.
  4. Selesai

3. Cara Install Google Play Store di Xiaomi Menggunakan Google Installer.

Untuk cara yang ke-3 ini sama seperti cara pertama, namun yang membedakan kita tidak perlu file tambahan GAPPS FOR MIUI 8.

Karena pada dasarnya Google Installer adalah GAPPS yang mana di dalamnya sudah include beberapa service yang di perlukan agar semua Aplikasi google bisa anda jalankan seperti Email di antaranya adalah Google Service Framework, Google Play Service dan Google Account Manager. Sedangkan untuk cara Instalasinya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Di HP Xiaomi anda silahkan buka menu Settings > Security > Unknown source kemudian aktifkan
  2. Unduh Google Installer V2 terbaru untuk Xiaomi di forum MIUI.
  3. Install file tersebut lalu tap “Launch”.
  4. Kemudian, pilih dan install aplikasi Google Play Store.
  5. Pastikan anda menginstall aplikasi pendukung lainnya (Baca penjelasan di atas)

4. Cara Install Google Play Store di Xiaomi via Mi Store.

Untuk cara yang ke-4 ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara nomor 3 di atas akan tetapi untuk men-download aplikasi Google Installer lengsung dari layanan aplikasi Mi Store. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Jalankan aplikasi Mi Store kemudian silahkan log in.
  2. Tap pada tombol pencarian kemudian anda ketikan “Google Installer” maka akan tampil icon merah berbahasa Cina dari aplikasi tersebut.
  3. Install aplikasi tersebut beserta file pendukung seperti Google Play Service.
  4. Jika sudah, sekarang jalankan google installer lalu pilih Google Play Store.
  5. Selesai

Bagaimana, mudah kan? Dalam hal ini anda bisa bebas memilih langkah mana yang menurut anda paling dari penjelasan Cara Install Playstore di Xiaomi atau ROM CHINA di atas. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Shares