4 Cara Menghapus Cache Di Android Sampai Bersih

4 Cara Menghapus Cache Di Android Sampai Bersih

Cache adalah – sebuah file untuk menyimpan data sementara pada suatu aplikasi atau website. Sementara itu, fungsi utama cache adalah mempercepat loading sebuah halaman web ataupun mempercepat performa sebuah aplikasi. Adanya cache turut membantu proses loading yang semakin cepat karena browser tak perlu lagi mengunduh suatu halaman yang pernah anda akses sebelumnya. Sama hal nya dengan aplikasi ataupun game yang kerap menaruh datanya di cache sebagai cara meningkatkan performanya.
Ada kerugian yang akan anda dapatkan jika tidak menghapus cache sampai bersih. Karena cache perlu dihapus, maka anda harus tahu bagaimana cara menghapus cache pada android anda. Banyak sekali file cache yang tersimpan pada memori bisa memperbanyak pula kapasitas RAM yang digunakan.
Walaupun ada aplikasi maupun browser yang bisa secara otomatis menghapus cache dalam waktu tertentu, tapi pernah juga terjadi masalah sehingga cache tak dapat terhapus secara otomatis. Jadi, anda harus menghapus secara manual cache tersebut. Sebelum tahu cara menghapus cache, ketahui dulu keuntungan menghapus cache dibawah ini.

Keuntungan Menghapus Cache

Ada beberapa keuntungan yang anda peroleh jika anda menghapus cache. Beberapa keuntungannya ialah:
– Bisa menambah ruang penyimpanan pada memori ponsel.
– Bisa meningkatkan performa Android sehingga lebih cepat.
– Bisa memperbaiki aplikasi yang mengalami masalah, salah satunya ialah memperbaiki masalah yang terjadi pada Play Store.
– Bisa menampilkan tampilan halaman web terbaru.

Menghapus Cache dari Satu Aplikasi

Menghapus cache adalah solusi tepat jika aplikasi anda ada yang bermasalah. Cara menghapus cache ini juga tak akan menghapus cache aplikasi lainnya yang sedang berjalan normal. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut ini:
1. Bukalah menu Settings > kemudian Apps (Aplication Manager pada beberapa perangkat).
2. Lalu pilih aplikasi apa yang mau dihapus cache-nya.
3. Selanjutnya akan tampil ukuran cache yang terdapat pada aplikasi tersebut. Maka tekan Clear cache.
Anda bisa mengulangi langkah ini untuk menghapus cache pada aplikasi lain.

Menghapus Cache Semua Aplikasi

Bila ponsel android anda terasa lemot dan anda pun tak tahu aplikasi mana yang mengakibatkan hal ini terjadi, maka solusinya ialah menghapus seluruh cache semua aplikasi sekaligus. Tapi cara ini Cuma bisa dilakukan untuk perangkat yang sudah menggunakan system operasi OS Android 4.2 Jelly Bean diatasnya. Dibawah ini caranya:
1. Bukalah menu Settings > kemudian Storage.
2. Dengan begitu, akan tampil berbagai informasi penyimpanan data. Salah satunya adalah cache yang digunakan. Kemudian tekan “Cached data” sampai muncul pop-up menyatakan jika mau menghapus cache semua aplikasi.
3. Selanjutnya tekan tombol OK.

App Cache Cleaner

Cara yang berikutnya ialah menghapus cache dengan App Cache Cleaner. Jenis aplikasi ini salah satu aplikasi terbaik untuk membersihkan cache. Anda pun bisa menghapus cache sekaligus atau satu persatu hanya dengan klik satu kali saja. Ada juga fitur pengingat agar anda secepatnya menghapus cache saat ukuran cache-nya telah melebihi batas atau saat ada cache yang tersimpan terlalu lama.

Membersihkan Cache di Chrome for Android

Cara berikutnya adalah membersihkan cache pada browser Google Chrome Android. Cara membersihkan cachenya sangat mudah dengan beberapa langkah dibawah ini:
1. Bukalah Chrome kemudian klik ikon bentuk tiga titik yang ada di pojok kanan bagian atas layar untuk menampilkan menu.
2. Lalu pilih menu Settings dan pilih Privacy pada bagian Advanced.
3. Di pojok kanan bawah juga ada ikon tiga titik, maka tekanlah dan pilih saja Clear Browsing Data.
4. Berikutnya bisa ceklis “Clear the cache” dan tekan tombol “Clear”.

Itulah beberapa langkah yang bisa digunakan untuk cara menghapus cache di android sampai bersih. Cache adalah sampah yang harus anda bersihkan agar kinerja ponsel anda lebih ringan. Selamat mencoba.

Shares