3 Cara Ampuh dan Mudah Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus

3 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus – Sebenarnya Tips & Trik ini sudah lama caraflashandroid.com ingin ulas, namun beberapa waktu ini banyak kerjaan yang harus di selesaikan dan akhirnya sekarang merupakan waktu yang tepat untuk membahas bagaimana cara mengembalikan chat yang terhapus di WhatsApp baik di Android maupun di iPhone, karena memang pada dasarnya sama.

Tidak sedikit para pengguna WhatsApp melakukan beberapa hal yang justru malah membuat dirinya sulit salah satunya tidak sengaja menekan pesan chat sehingga terhapus, beberapa aktifitas lainnya yang dapat menghapus Chat di WhatsApp adalah ketika membaca history chat yang dahulu. Dan yang sangat di sayangkan lagi adalah WhatsApp tidak menyediakan fasilitas penyimpanan pesan Online, akan tetapi sebenarnya Smartphone anda tersebut dapat menjadi perangkat sebagai penyimpan pesan. Dengan begitu kemungkinan besar kita dapat mengembalikan pesan Chat WhatsApp yang terhapus sebelumnya.

Yang perlu anda ketahui lainnya adalah alasan WhatsApp tidak menyediakan layanan penyimpanan chat history adalah karena untuk menjaga Priavasi pengguna, namun dalam hal ini bukan berarti kita sebagai pengguna tidak bisa mengembalikan pesan yang terhapus di WhatsApp, bahkan ada beberapa Smartphone Support Backup secara Realtime dan mengembalikannya dengan sangat mudah.

Penasaran, seperti apa dan bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, disini akan di berikan tiga cara. Yuk, kita simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Cara Mengembalikan Pesan Whatsapp di Android dan iPhone

Baik di Android ataupu iOS, Aplikasi WhatsApp biasanya akan melakukan backup dan menyimpan data backup tersebut di dalam Folder WhatsApp di Hape anda tersebut (tergantung pengaturan pada Smartphone yang anda miliki misal di Memori Internal/External). Tiga cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan pesan whatsapp yang telah di hapus di android dan iPhone, berikut caera mudahnya.

1. Mengembalikan Pesan Whatsapp Via Recent backup

Mengembalikan Pesan Whatsapp Via Recent backup

Untuk cara yang pertama ini bisa di bilang sangat mudah, akan tetapi ada beberapa hal yang harus anda ketahui agar berhasil yakni pastikan bahwa nomor telpon yang di gunakan sama seperti saat melakukan backup Chat, kemudian usia chat yang ingin di kembalikan tidak terlalu tua atau lama, lalu yang ketiga jika anda tidak pernah melakukan backup maka cara ini tidak akan berhasil.

  1. Uninstall WhatsApp
  2. Kemudian, install kembali WhatsApp anda
  3. Pada saat di minta untuk restore your chat history pilih restore.
  4. Tunggu beberapa saat
  5. Dan Selamat!! chat anda telah kembali

2. Mengembalikan Pesan Whatsapp dari Folder backup WhatsApp

Biasanya Aplikasi Whatsap akan melakukan Backup otomatis selama 7 hari, jadi jika lebih dari 7 hari akan terhapus secara otomatis pada backup tersebut.

Bagi anda yang belum membuat Backup Chat WhatsApp caranya silahkan anda masuk ke menu Settings > Chats and Calls > Back up Chat, maka nanti  backup akan menjadi msgstore.db.crypt8 di  /sdcard/WhatsApp/Databases Kemudian anda save file tersebut dengan nama msgstore.db.crypt8.current

Sedangkan untuk Rstore backup chat WhatsApp dari Folder tersebut langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Uninstall WhatsApp
  2. Pilih backup dari folder dimana kita menyimpan tadi /sdcard/WhatsApp/Databases
  3. Ubah namanya dari msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt8 menjadi db.crypt8
  4. Reinstall WhatsApp
  5. Pilih Restore ketika diminta.
  6. Selesai

3. Cara mengembalikan Pesan Whatsapp dari Google Drive

Agar cara yang ke-3 ini berhasil pastikan ketika anda membkacup pesan ke google drive menggunakan akun google yang sama baik ketika backup atau restore. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Uninstall WhatsApp
  2. Instal kembali WhatsApp
  3. Pilih restore dari Google Drive
  4. Tunggu beberapa saat
  5. Selesai

Bagaimana, mudah kan? Yang terpenting dalam hal Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus adalah pastikan anda sudah melakukan backup, jika belum mempersiapkan backupnya maka lakukan sekarang. Karena seperti yang kita tahu bahwa Chat tersebut bisa saja sangat penting. Selamat Mencoba

Shares