[100% WORK] 3 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi atau Error

3 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi atau Error

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi atau Error – Saat ini hampir semua Smartphone berkelas menengah ke atas atau kebawah sudah menerapkan fitur keamanan yang cukup canggih yakni fingerprint scanner, tentunya hal ini disambut positif bagi para pecinta Smartphone khususnya di Indonesia. Dengan adanya Fitur keamanan ini lebih menjamin Privasi dari setiap pengguna menjadi lebih terjaga.

Selain itu dari segi penggunaannya fingerprint sensor pada setiap HP Android juga memang terasa lebih mudah. Yang mana untuk membuka layar di Smartphone serta kebutuhan lainnya pengguna tidak perlu harus mengetikan Password atau Membuka pola, jadi hanya cukup dengan meletakan jari yang sudah terdaftar pada Aplikasi fingerprint tersebut.

Salah satu merk Smartphone yang saat ini paling di Gandrungi mulai dari kalangan remaja hingga orang tua adalah Xiaomi yang tentunya juga menerapkan fitur fingerprint scenner. Lewat series Xiaomi HP Android seperti Redmi Note 3, pabrikan asal tiongkok ini pertama kali menggunakan system keamanan canggih tersebut. Dengan di luncurkan Redmi Note 3 ini membuat penjualan Xiaomi ludes terjual di setiap gerai baik resmi atau konter biasa.

Tentunya hal ini cukup wajar mengingat bukan hanya di lengkapi dengan fitur keamanan yang canggih, karena Xiaomi Redmi Note 3 tersebut di banderol dengan harga terjangkau di bandingkan dengan Merk lainnya yang sama-sama menerapkan fitur yang sama.

Walaupun demikian, ternyata ada beberapa pengguna Xiaomi mengeluh dengan adanya masalah yang adala pada Smartphone tersebut khususnya dari Fitur fingerprint sensor. Masalah yang biasanya di alami pengguna adalah tidak berfungsi fitur keamanan tersebut pada saat digunakan. Banyak juga yang menanyakan masalah tersebut dan sebenarnya apa yang menjadi penyebab sehingga fingerprint Xiaomi Redmi Note 3 tidak berfungsi atau error serta bagaimana mengatasinya.

Nah, dengan banyaknya pertanyaan tersebut dan ingin tahu bagaimana solusi terbaik untuk mengatasinya disini caraflashandroid.com akan memberikan tutorial 3 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi atau Error. Yang perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya masalah ini terjadi karena disebabkan oleh ROM MIUI yang terinstall tidak stabil, sehingga perlu sekali di lakukan perbaruan/update dan untuk melakukan hal tersebut silahkan anda ikuti tutorial lengkapnya sebagai berikut.

#1. Reset Ulang Hp Android Xiaomi

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi atau Error

Sebelum kita melakukan cara yang lebih sulit dalam memperbaiki fingerprint yang error, maka sebaiknya bisa di mulai dengan cara yang pertama yakni dengan melakukan Reset/Factory reset atau dengan kata lain mengembalikan semua pengaturan ke Pabrikan. Tentunya hal ini di lakukan agar semua system yang error dapat kembali normal.

  1. Yang perlu anda lakukan sama dengan merk HP Android lainnya yakni dengan membuka menu Setting > Backup & Reset. Kemudian dalam hal ini anda sudah pastikan bahwa opsi Backup sudah dalam keadaan ceklist.
  2. Jika sudah, sekarang Tap Factory Data Reset > Reset Phone
  3. Silahkan anda tunggu hingga proses Reset Selesai

#2. Update MIUI ke Versi Terbaru

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi atau Error

Selain karena masalah Finger Print Error adalah karena MIUI Versi yang di gunakan belum di Perbarui/Update. Maka dari itu pastikan ROM MIUI hp Xiaomi anda sudah yang terbaru. Sekedar Info saja bahwasanya untuk versi ROM MIUI terbaru saat ini berada pada tingkatan ke-9, sehingga jika anda masih menggunakan versi di bawahnya silahkan lakukan Update.

Caranya pun sangat mudah yakni buka aplikasi Updater kemudain Tap pada tombol check for updater, tetapi jika tidak ada keterangan tidak ada update maka anda bisa mendownload ROM tersebut secara manual dan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama, silahkan anda Download Global ROM sesuai dengan series/type HP Xiaomi yang mengalami masalah
  2. Kemudian Kunjungi situs Global ROM MIUI untuk mendownload ROM yang di perlukan
  3. Jika sudah, simpan ROM tersebut di Penyimpanan Internal kemudian anda ganti namanya menjadi update.zip
  4. Setelah itu buka aplikasi updater, kemudian anda Tap pada icon menu yang bergambar titik tiga yang berada di pojok atas lalu pilih choose update package
  5. Sekarang, cari file yang anda Download dan pindahkan ke Memory Internal sebelumnya dan silahkan anda lakukan Perbarui/Update

#3. Flash ke ROM Global Stable Menggunakan SP Flash Tool

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi atau Error

Jika kedua cara di atas menurut anda tidak Work dalam mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi bisa dengan menggunakan cara ke-3 ini yakni dengan melakukan flashing ROM. Karena jika Smartphone Xiaomi yang anda miliki adalah Garansi distributor, di pastikan kemungkinan ROM yang di gunakan kurang stabil. Maka dari itu silahkan anda lakukan Flashing ROM Global stable dengan SP Flash tool via PC

Karena metode ini adalah langkah teknik khusus yang biasa melakukan Flashing, jadi anda harus benar-benar teliti pada setiap proses instalasinya. Apabila anda ragu bisa meminta bantuan orang lain yang memang sudah biasa melakukan perbaikan HP. Atau bisa juga dengan melihat panduan lengkapnya dari forum threat MIUI ini.

Bagaimana, apakah cara di atas mudah di pahami? Sebenarnya tutorial Cara memperbaiki Fingerprint Xiaomi error di atas bisa anda terapkan pada Xiaomi series lainnya selain Redmi Note 3 seperti Xiaomi Redmi 4, Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Mi Mix, Xiaomi Mi5, Xiaomi Redmi Pro dan lain sebagainya. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Shares