[3 CARA AMPUH] Mengatasi Tidak Cukup Ruang di HP Android

3 Cara Ampuh Mengatasi Tidak Cukup Ruang di HP Android

Mengatasi Ruang Penyimpanan Tidak Cukup pada Android – Untuk anda yang saat ini mengalami ruang penyimpanan hampir habis di berbagai perangkat Android seperti asus, oppo, xiaomi, lenovo, samsung, ADVAN dan Lainnya. Biasanya hal ini akan di rasakan bagi pengguna yang memiliki Android dengan kapasitas penyimpanan internal yang kecil termasuk beberapa merk yang telah di sebutkan di atas. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa hal ini bisa terjadi dan apa yang menjadi penyebab mengapa terjadinya error tersebut?

Bagi anda yang saat ini mengalami hal demikian dimana tidak cukup ruang di perangkat Android atau Error lainnya yang menginformasikan terjadinya kesalahan ketika mengunduh, maka pada ulasan ini akan di berikan berbagai solusi dan apa saja yang menjadi penyebabnya agar kedepannya dapat terhindar dengan masalah yang sama, Simak selengkapnya sebagai berikut :

Penyebab Terjadinya Kesalahan Ketika Mengunduh dari Play Store

  • Hal ini umumnya di sebabkan karena ruang penyimpanan pada Android anda sudah Full dan ini di kerenakan banyaknya Aplikasi yang terinstall sehingga ketika anda menginstall Aplikasi baru akan di Cekal atau tidak bisa.
  • Penyebab lainnya yang paling umum adalah masalah Cache yang banyak dan pengguna belum sama sekali membersihkannya. Cache merupakan file sementara yang mana fungsinya adalah membantu System dalam mempercepat proses pemuatan kembali misalnya ketika memuat puluhan Foto di galery anda. Meski demikian, cache dapat rusak sehingga malah menjadikan masalah dan menjadi sumber penyebab terjadinya error.

3 Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang di HP Android

1. Memindahkan Aplikasi Yang Terinstall di Internal Memory Ke SD Card

Mengatasi Ruang Penyimpanan Tidak Cukup pada Android

Untuk cara yang pertama ini tidak semua perangkat Android mempunyai Fitur ini, Namun biasanya Android KitKat sudah mendukung. Namun, jika anda tetap tidak bisa menggunakan cara ini dapat menggunakan cara lainnya disini : [5 LANGKAH MUDAH] Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card Tanpa Root

  1. Pertama, silahkan anda buka menu Settings -> Penyimpanan (Storage) yang berada di bagian General
  2. Swipe layar kebawah hingga anda menemukan pilihan Lokasi pemasangan yang disukai kemudian anda pilih Preferred install location -> Kartu SD (SD card).
  3. Kemudian anda lanjutkan dengan tap kembali Pengaturan tersebut dan pilih Kelola Aplikasi( Manage Applications).
  4. Pada bagian tab Diinstal, maka akan terlihat berbagai aplikasi yang sudah dipasang silahkan anda pilih aplikasi mana yang ingin anda pindahkan
  5. Selesai

2. Membersihkan File Cache atau Data pada setiap Aplikasi yang Terinstall

Yang perlu anda ketahui untuk cara kedua ini memerlukan ketelitian ketika anda akan membersihkan cache atau data pada Memory Internal yang sudah menumpuk tanpa bantuan Aplikasi tambahan. Beberapa Aplikasi yang umumnya sering menyimpan berbagai File cache di antaranya seperti aplikasi Browser Google Chrome, Opera Mini, Facebook, Twitter, Instagram, Aplikasi Galeri, Clean Master atau Game.

  1. Silahkan anda buka menu Pengaturan (Settings) -> pilih Kelola Aplikasi ( Manage Applications).
  2. Di bagian tab Diinstal (Downloaded) anda pilih satu Aplikasi yang akan di bersihkan file Cachenya dalam hal ini sebagai Contoh Air Droid kemudian anda Tap Clear Data atau Clear cache
  3. Selesai

3. Menggunakan Aplikasi Ketiga (Clean Master)

Untuk cara ketiga ini bisa di bilang sangat simpel dan lebih mudah dimana anda cukup download dan install Aplikasi bernama Clean Master dari PlayStore (Gratis), Kemudian akan muncul Widget di Home Screen tinggal anda tap 1x maka proses pembersihan Cache berjalan, silahkan tunggu Proses tersebut selesai.

Bagaimana, mudah kan? sebenarnya hanya dengan mengikuti beberapa langkah di atas semua masalah anda akan teratasi. Bahkan dengan menggunakan cara Ke-3 di atas akan menghemat waktu dan cukup Ampuh dalam membersihkan berbagai File cache di Hp Android anda yang terkadang membuat kinjerja perangkat menjadi Lemot. Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 

Shares