3 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca di Android

3 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca di Android

Posted on

3 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca di Android

Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca di Android – Kendala yang paling menjengkelkan adalah ketika suatu hal yang penting misalnya ingin membuka Dokumen yang tersimpan di SD Card namun tidak terbaca, pastinya semua rencana menjadi Gatot alias gagal total apalagi yang berhubungan dengan tugas kuliah, sekolah atau kerjaan yang memang harus di cetak mau tidak mau anda harus membuka kembali Laptop, jika file tersebut masih ada lalu bagaimana data tersebut minta dari teman dan belum sempat di pindahkan ke Laptop? Greget Banget…. Arghhhhh. Eitsss jangan panik apalagi pusing bagi anda yang mengalami masalah ini, karena bukan hanya anda saja yang mengalami hal ini pasalnya banyak pengguna Android di luar sana mengalami hal yang sama. Sebelum kita membahas mengenai bagaimana mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di Android, sebaiknya anda ketahui lebih dahulu apa yang menjadi penyebab hal ini bisa terjadi.

Faktor umum yang menyebabkan Memory Card anda tidak terbaca di Android adalah sering melepas atau memindahkan Memory Card ke Ponsel lainnya. Tanpa anda sadari dan ini bisa di bilang merupakan hal yang biasa saja tapi tahukah anda bahwasanya dengan sering mencopot kemudian memindahkan dengan mengisi data dapat menggores kuningan dari segi fisik Memory Card tersebut, sehingga dapat mengakibatkan Memory Card tersebut tidak dapat terbaca dengan baik.

Walaupun pada dasarnya Memory Card bisa di perbaiki, tentunya dalam hal ini tidakn semua jenis kerusakan dapat di atasi di antaranya seperti kerusakan pada Fisik yakni terlipat, patah, terpotong, melonyot kena panas. Selain dari kerusakan fisik pada MMC yakni hanya kerusakan dari segi kerusakan data maka kemungkinan bisa di perbaiki. Lalu, bagaimana data yang ada di dalamnya seperti Foto, Video, Musik Dokumen apakah bisa kembali jika di Format? Kemungkinan sebagian bisa kembali dengan bantuan Aplikasi komputer berupa Recovery Data.

Cara Mengatasi Memory Card yang tidak terbaca atau Hidden

Ada 3 cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi atau memperbaiki Memory Card tidak terbaca di Hp Android atau sama sekali tidak terdeteksi. Cara ini di kutip dari berbagai sumber terpercaya dan sesuai pengalaman admin yang juga pernah mengalami hal semacam ini. Silahkan langsung saja anda simak Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di Android sebagai berikut.

1. Cara Memperbaiki Memory Card Rusak di Hp Samsung

Sesuai judul kenapa di Hp Samsung, karena cara ini hanya bisa di lakukan di Ponsel Samsung saja, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa di terapkan di merk Ponsel Lainnya, karena sebenarnya sama saja. Sehingga anda bisa menyesuaikan sendiri.

  1. Pada layar Ponsel Samsung anda buka menu Settings
  2. Kemudian anda Scroll lalu cari Opsi penyimpanan (Lihat Gambar)
    3 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca di Android
  3. Pada Opsi ini kita dapat memperbaiki SD Card/Memory dengan melakukan Format, jadi cara ini sama halnya dengan menghapus semua data anda yang ada di dalamnya termasuk Foto, Video, Musik dan Dokumen.
    3 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca di Android 2

2. Memperbaiki SD Card yang Rusak dengan Menggosok Menggunakan Penghapus Pensil

Mungkin anda akan bilang ini merupakan cara yang konyol tapi sesuai dengan pengalaman yang mana waktu itu RAM pada Komputer tidak terbaca dengan menggosokan bagian kuningnya dapat terbaca kembali. Tentu ini bisa di terapkan pada Memory Card yang juga memiliki Kuningan. Yang menjadikan hal ini cara yang ampuh adalah karena pada kuningan tersebut kotor dan menjadi kerak sehingga Slot pada MMC tidak dapat membaca.

  1. Matikan Ponsel Android anda
  2. Copot atau lepaskan MMC dari Ponsel, pastikan ponsel tersebut benar-benar dalam keadaan mati.
    3 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca di Android 3
  3. Selanjutnya, silahkan anda bersihkan kuningan di MMC dengan menggunakan penghapus Pensil (Warna Putih). Gosok secara perlahan.
  4. Jika anda merasa kuningan tersebut sudah bersih, maka masukan kembali MMC ke Ponsel dan hidupkan Ponsel apakah sudah terbaca?

3. Memperbaiki Memory Card Tidak Terdeteksi dengan Bantuan Software di PC

Jika dengan menggunakan kedua cara di atas tetapi masih belum teratasi maka cara terakhir dengan menggunakan PC bisa anda lakukan.

  1. Sambungkan Ponsel Android ke PC/Laptop menggunakan kabel data
  2. Pastikan terhubung dan terbaca oleh PC/Laptop pada Mode “Mass storage mode (MSC)” bukan “Media transfer mode (MTP)”
  3. Kemudian buka Windows Explorer, Klik kanan pada Drive MMC, pilih Properties > Tools > Error Checking, Silahkan anda tunggu sampai proses scanning selesai.
    3 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca di Android
  4. Jika sudah selesai, cabut kabel data dai PC dan Ponsel kemudian cek MMC tersebut, apakah sudah terbaca?

Seperti yang di katakan di awal paragraf di atas bahwa tidak semua MMC dapat di perbaiki, jika masih terkait karena masalah data kemungkinan besar dengan menggunaan ketiga cara di atas dapat mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di Android. Apabila MMC anda mengalami kerusakan dari segi fisik maka solusi terbaik adalah dengan mengganti baru alias membeli kembali. Semoga Bermanfaat 🙂

Baca Juga

2 Cara Membuka Blackberry ID Yang Terkunci di Android
Cara Mengedit Memotong dan Menggabungkan Video Paling Lengkap Dan Mudah
8 Cara Ampuh Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi
Cara Mengganti Background Foto di Android