2 Cara Mudah Backup Aplikasi Android Ke PC dan SD Card Tanpa Root

2 Cara Backup Aplikasi Android Ke PC dan SD Card Tanpa Root

Cara Backup Aplikasi Android Ke PC dan SD Card – Backup merupakan suatu hal yang bisa di bilang sangat wajib dan perlu di lakukan sebagai solusi terbaik ketika perangkat Android milik anda bermasalah, karena kemungkinan ketika bermasalah kemudian melakukan perbaikan baik dengan menggunakan cara Factory Reset atau Flashing akan menghilangkan data anda. Apalagi kerusakan tidak dapat diprediksi yang artinya bisa kapan saja menimpa anda. Mungkin anda tidak akan sadar bahwasanya Backup adalah hal yang penting ketika Hp Android anda berjalan dengan baik dan pada saat terjadi masalah barulah anda akan tersadar bahwa Backup merupakan hal yang sangat penting khususnya untuk anda yang menyimpan berbagai Data Penting baik berupa Foto, Video, Doc dan lainnya.

Sebenarnya untuk melakukan Backup Data Android bisa di lakukan dengan 2 Cara yakni Melakukan Backup ke SD Card dan Backup ke Komputer baik PC/Laptop. Caranya pun sangat mudah dan simpel dimana anda hanya membutuhkan 1 Aplikasi saja, jadi selain mudah tidak perlu ribet untuk melakukan Backup. Di sarankan bagi anda pengguna Android yang memiliki data sangat penting selain melakukan Backup ke SD Card lakukan juga Backup ke Komputer. Karena sering memasang dan mencopot Micro SD menyebabkan SD Card menjadi rusak dan tidak terbaca maka dalam hal ini Backup Komputer merupakan solusi ke 2 terbaik jika mengalami masalah. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana Cara Backup Aplikasi Android Ke Komputer?

Ternyata bukan hanya Data Penting saja yang harus anda Backup, tapi Aplikasi yang terpasang pada perangkat Android anda harus di backup. hal ini di lakukan untuk memudahkan anda setelah proses Flashing atau Format Factory, jadi anda tidak perlu harus mendownload kembali lalu menginstallnya. Seperti yang dikatakan di atas bahwa kita memerlukan satu Aplikasi yang bernama Clean Master, Cara menggunakannya dalam melakukan Backup Aplikasi ke SD Card dan Komputer bisa anda simak dan ikuti pada tutorial dibawah ini.

Cara Backup Aplikasi Android Ke SD Card Tanpa Root

  1. Pertama, silahkan anda Download dan Install Aplikasi Clean Master terlebih dahulu di Perangkat Android anda.
  2. Jika sudah, Sekarang jalankan Aplikasi tersebut kemudia Tap pada menu App Manager.
  3. Selanjutnya pada bagian tab Uninstall, beri tanda Ceklist aplikasi yang ingin anda Backup lalu Tap Backup
    2 Cara Backup Aplikasi Android Ke PC dan SD Card Tanpa Root
  4. Selesai

Bagaimana, mudah kan? hanya dengan melakukan berbagai langkah di atas anda sudah berhasil melakukan backup Aplikasi ke SD card. Sedangkan untuk melakukan Backup Aplikasi ke Komputer bisa anda ikuti langkah mudahnya sebagai berikut.

Cara Backup Aplikasi Android Ke PC/Laptop

  1. Hubungkan perangkat Android ke PC menggunakan Kabel Data/USB (Pastikan Mode USB Debugging Aktif)
  2. Sekarang buka folder cleanmaster di SD Card dari Komputer kemudian pilih backup.
    2 Cara Backup Aplikasi Android Ke PC dan SD Card Tanpa Root
  3. Selanjutnya pindahkan semua Aplikasi yang ada di dalam Folder tersebut ke Komputer “disarankan membuat folder baru untuk memudahkan ketika anda mencarinya”
  4. Selesai

Hanya dengan menggunakan sebuah Aplikasi bernama Clean Master anda bisa melakukan Backup baik ke SD Card atau ke PC hanya dengan beberapa langkah saja. Selain itu Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik yakni dapat membersihkan file Cache atau sampah sehingga akan membuat Ponsel Android anda kembali memiliki kinerja yang cepat serta membuat Memory Penyimpanan menjadi lega. Semoga Bermanfaat 🙂

Baca Juga : 

Shares