10 Cara Memperkuat Sinyal 4G LTE Stabil di HP Android “PALING AMPUH”

10 Cara Mengatasi dan Memperkuat Sinyal 4G LTE Stabil di HP Android

Untuk anda pengguna HP Android yang merasa kesal karena jaringan 4G mengalami masalah seperti sinyal 4G naik turun, dan saat ini sedang mencari referensi bagaimana Cara Membuat Jaringan 4G Stabil atau Cara Memperkuat Sinyal 4G di HP Android, maka artikel yang akan di bagikan caraflashandroid.com mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda.

Berbicara mengenai teknologi jaringan pada Smartphone, tentunya setiap orang ingin mendapatkan kecepatan Download dan Upload yang sangat cepat agar semua kegiatan atau aktifitas mobile bisa dengan nyaman di lakukan. Akan tetapi meski saat ini sudah banyak Merk Smartphone Android yang menawarkan jaringan Internet cepat 4G belum semua di rasakan oleh semua kalangan selain karena harganya yang mahal, beberapa daerah tertentu di Indonesia masih sulit menjangkau jaringan yang stabil dan beberapa penyebab lainnya.

Memperkuat Sinyal 4G di Android

Untuk memperkuat sinyal di Android, anda bisa mengikuti Beberapa Metode Memperkuat Sinyal 4G Di Android sebagai berikut.

1. Memeriksa Kekuatan Sinyal di HP Android

Yang perlu anda ketahui dalam hal ini adalah dalam perakitan ponsel Android khususnya pada segi komponen  jaringan dari 4G bisa di bilang sangat teliti. Hal ini di lakukan untuk memastikan dimana teknologi 4G tersebut benar-benar terpasang dengan baik. Saat ini sudah banyak Smartphone yang sudan menggunakan teknologi 4G terbaik seperti Sony Xperia, Oppo atau Xiaomi. Nah, untuk memastikan bahwa daerah anda menjangkau jaringan 4G bisa dengan mengeceknya, caranya silahkan anda ikuti dibawah ini.

10 Cara Mengatasi dan Memperkuat Sinyal 4G LTE Stabil di HP Android

  • Silahkan, buka menu Pengaturan -> Tentang Ponsel -> SIM1 Status Kartu -> untuk mengecek kekuatan sinyal bisa dengan melihat pada pilihan “Satuan Decibel Miliwatss (dBm)”.

2. Pancing Sinyal Dengan Mode Pesawat (Air Plane Mode).

Cara ke-2 yang bisa di lakukan adalah dengan memanfaatkan fitur yang hampir semua Smartphone Android memilikinya yakni Air Plane Mode atau Mode Pesawat. Dengan menggunakan fitur ini akan membuat HP Android anda merefresh atau mencari ulang sinyal pada area tersebut. Untuk menggunakan fitur Air Plane Mode, silahkan anda ikuti dibawah ini.

10 Cara Mengatasi dan Memperkuat Sinyal 4G LTE Stabil di HP Android

  • Buka menu Pengaturan -> tekan “Mode Pesawat”. Kemudian biarkan beberapa saat, lalu matikan kembali “Mode Pesawat” tersebut.

3. Ubah Mode jaringan menjadi Only 4G LTE

Cara yang ke-3 untuk meningkatkan jaringan 4G LTE adalah dengan menyeting dari Auto menjadi Only. Hal ini di lakukan agar HP tersebut cara focus atau mengunci pada satu jaringan saja yakni 4G Only agar tidak perpindah-pindah ke jaringan lain seperti 3G atau EDGE. Untuk caranya silahkan anda ikuti langkah-langkah dibawah ini.

10 Cara Mengatasi dan Memperkuat Sinyal 4G LTE Stabil di HP Android

  1. Pertama silahkan anda akses melalui “Dial Phone” atau “Telepon” dengan mengetikan nomor *#*#4636#*#*, lalu tekan “CALL” atau “DIAL”.
  2. Maka nanti akan muncul banyak pilihan, pilih saja menu “Informasi Telepon”, kemudian sekarang anda ubah di pada bagian “Setel Jaringan Yang Disukai” atau “Set Preferred Network Type” dari WCDMA Only menjadi 4G LTE Only.
  3. Selesai

4. Keluar Dari Gedung/Ruangan

Untuk bisa mendapatkan sinyal yang stabil, maka salah satu cara termudah adalah di luar ruangan. Hal ini bisa saja terjadi mengingat bahan bangunan yang di gunakan pada tembok seperti beton terkadang membuat sinyal tidak dapat menembus apalagi ruangan yang tertutup rapat. Atau jika anda tidak ingin keluar ruangan bisa dengan memilih pada ruangan yang terbuka.

5. Gunakan Kartu SIM dengan Jangkauan Sinyal Terbaik

Di setiap daerah berbeda-beda dalam memiliki kualitas sinyalnya, contohnya saja di daerah saya lebih maksimal menggunakan Kartu Indosat, akan tetapi kurang baik ketika menggunakan Kartu Three. Maka dari itu pastikan bahwa anda menggunakan Karrtu SIM yang sesuai dengan daerah anda seperti Telkomsel, Smartfren, XL atau Indosat.

6. Gunakan Aplikasi Tambahan

Cara ke-6 yang bisa kita lakukan untuk Mengoptimalkan Jaringan 4G di HP Android anda adalah dengan memanfaatkan Aplikasi tambahan. Ada banyak sekali Aplikasi yang dapat memperkuat sinyal 4G di antaranya seperti 3G/4G Speed Optimizer, Signal Guard pro dan lainnya. Cara ini sudah pernah Mimin lakukan dengan menggunakan Aplikasi Signal Guard pro dan memang hasilnya cukup baik.

7. Pastikan Baterai Penuh

Baterai penuh yang di maksud adalah bukan 100% Full, hal ini di lakukan untuk memastikan bahwa HP Android anda tidak pindah ke Mode hemat daya. Karena di Mode ini dapat memutus jaringan, selain itu perpindahan dari jaringan satu dengan yang lain juga memerlukan banyak daya. Sehingga solusinya adalah dengan mengecas HP saja maka masalah akan selesai

8. Flash ke ROM Original

Cara yang ke-8 ini bisa anda lakukan apabila kesemua cara di atas masih juga belum membuahkan hasil. Sesuai dengan penglaman di mana mimin menggunakan HP Xiaomi Mi4 LTE dan saat itu menggunakan Custom ROM Mokee dan ketika menggunakan CusROM tersebut yang terjadi malah sinyal naik turun gak stabil, dan mimin kembali menggunakan ROM bawaan dan hasilnya sinyal menjadi stabil bahkan tidak mengalami naik turun.

9. Replace Modem atau Install Modem Software di Android

Cara yang ke-9 ini tidak di sarankan, kenapa? Karena anda harus mencari File Modem yang pas dengan Type HP Android anda. Jika salah melakukan Flash/Replace modem maka yang terjadi malah Kartu SIM tidak terbaca. Biasanya hal ini terjadi pada beberapa HP Android china seperti Xiaomi, VIVO, Oppo, Advan dan lainnya.

10. Mengganti Komponen Hardware Sinyal

Mungkin semua cara di atas sudah anda lakukan namun tidak membuahkan hasil. Bisa jadi hal ini di karenakan bukan dari Software atau daerah anda yang tidak menjangkau jaringan, tetapi ada komponen hardware yang rusak sehingga harus di perbaiki. Solusinya adalah dengan membawanya ke Service Center.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan mengenai Cara Memperkuat Sinyal 4G LTE di Android. Sebenarnya cara ini juga bisa di lakukan untuk mengatasi Sinyal 4G tidak stabil di Android. Selamat Mencoba

Baca Juga:

Shares